7 Konser Musik Jazz Di Alam Terbuka Ini Tak Bisa Kamu Lewatkan Begitu Saja

Foto: Youtube.com

Sejak November 2011, UNESCO mendedikasikan tanggal 30 April sebagai Hari Jazz Internasional. Hal ini dilakukan karena jazz dianggap memiliki peran diplomatik dalam menyatukan manusia di seluruh penjuru dunia.

Memperingati hari jazz internasional 2017, Batam terpilih menjadi tuan rumah pagelaran konser musik jazz kelas dunia. Wow! Tetapi tahukah Inspirator selain Batam Jazz Festival ada beberapa konser jazz yang digelar di berbagai daerah di Indonesia. Uniknya, para penggagas konser jazz ini mengemas konser secara berbeda dan di alam terbuka.
Keren, tentunya. Nah, biar Inspirator gak ketinggalan jadwal konser jazz keren ini, yuk cek daftarnya di bawah ini.

1. Jazz Gunung Bromo

Foto: Liburanbromomurah.com

Konser musik ini diinisiasi oleh Kua Etnika dan Sigit Pramono. Keduanya menggelar konser musik jazz di kawasan dataran tinggi Bromo, Jawa Timur. Berada di ketinggian 2.000 meter diatas permukaan laut, dengan kapasitas penonton sebanyak 400 orang. Tahun ini akan kembali diselenggarakan pada 17-20 agustus.

2. Ijen Summer Jazz Java Banana

Foto: Beritagar

Perhelatan ini sebenarnya merupakan bagian rangkaian dari Jazz Gunung. Jika Jazz Gunung memperkenalkan Gunung Bromo, Ijen Summer Jazz bertujuan mempopulerkan kawasan Gunung Ijen dan Banyuwangi. Melalui Ijen Summer Jazz, diharapkan dapat menyatukan jazz dengan musik suku Osing di Banyuwangi. Tahun ini, Ijen Summer Jazz diselenggarakan pada 6-7 Oktober.

3. Banyuawangi Beach Jazz Festival

Foto: Astralife.co.id

Kehadiran Banyuwangi Beach Jazz Festival membentuk citra baru Banyuwangi sebagai daerah yang terbuka dalam menerima pengaruh seni budaya dari belahan dunia yang lain. Festival ini rutin digelar setiap tahun untuk menambah khasanah pagelaran jazz di indonesia. Banyuawangi beach jazz festival digelar di pantai Boom, Banyuwangi. Tahun ini akan digelar pada 2 September.

4. Prambanan Jazz

Foto: Astralife.co.id

Penggagas Prambanan Jazz, Syahrul Ilmi terinspirasi dari konser Andrea Bocelli di Tuscani, Italia pada 2008. Dari konser tersebut, terlihat latar bebatuan yang mirip candi. Tahun ini akan digelar pada 20-21 agustus dengan mendatangkan musisi Boyz II Men dan Rick Price.

5. Ngayogjazz

Foto: Yukpiknik.com

Digelar pertama kali pada 2007, Ngayogjazz ingin mendekontruksikan kesan bahwa jazz itu elite dan mahal. Konser ini diinisiasi oleh Djaduk Ferianto bersama musikus Yogya lainnya seperti Hattakawa, Wendra, Aji Wartono, Bambang dan Hendi.

6. Jazz Diatas Awan

Foto: Astralife.co.id

Merupakan bagian dari rangkaian Dieng Culture Festival, konser yang satu ini memanfaatkan panorama Dataran Tinggi Dieng. Saat musim kemarau ketika matahari terbenam, akan muncul fragmen pucuk-pucuk Candi Arjuna di atas kabut.

7. Ruang Rupa Record

Foto: Freemagz.com

Festival ini dikemas dalam format paket liburan akhir-pekan yang berisikan program seperti pertunjukan musik, pemutaran film layar tancap, residensi seniman, workshop, bincang-bincang, program anak, dan teater. Pagelaran ini digelar di Tanakita Camping Ground, Situgunung, Sukabumi, Jawa Barat.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Inspirator Freak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here