Sumber : personalexcellence.co

Mengisi hari-hari dengan melakukan kebiasaan kecil yang baik adalah cara mudah untuk menambah pengetahuan dan membuat kehidupan menjadi lebih teratur setiap harinya. Ini juga bisa menjadi pengingat bahwa waktu engga akan pernah bisa mundur sehingga kita menggunakan setiap detik dalam kehidupan kita untuk hal yang lebih positif. Berikut 7 Kebiasaan Sederhana Yang Bisa Membuat Hidupmu Lebih Baik :

1. Menonton Berita

Ilustrasi | Sumber : www.greenbusinessnetwork.org
Ilustrasi | Sumber : www.greenbusinessnetwork.org
Sekarang berita sudah menjadi kebutuhan setiap lapisan masyarakat, engga terkecuali anak muda atau bahkan anak-anak. Tentunya kita engga mau dong menjadi anak muda yang engga update dengan perkembangan dunia? Nah, menonton tayangan berita pada televisi dapat membuat kita aware dengan hal-hal yang terjadi di sekitar kita, hingga hal-hal yang terjadi antarnegara. Bahkan kejahatan-kejahatan yang harus kita waspadai juga dapat kita temui, hingga referensi kafe-kafe lucu yang mungkin bisa dijadikan pilihan untuk hang out.

2. Minum Jus

Ilustrasi | Sumber : blog.tokopedia.com
Ilustrasi | Sumber : blog.tokopedia.com
Michael T. Murray, ND, dalam bukunya berjudul The Complete Book of Juicing membenarkan bahwa kita membutuhkan serat dalam sayuran dan buah. “Tapi, kita juga butuh jus. Serat dibutuhkan untuk menurunkan kadar kolesterol. Jus dibutuhkan karena kandungan gizi di dalamnya,” tulis Murray dalam bukunya. Murray menguraikan bahwa kandungan gizi yang terkandung di dalam jus tergolong lengkap dan bisa bikin kita makin sehat dan segar. Oleh karenanya, ia menyarankan supaya memulai sarapan pagi dengan segelas jus, bukan segelas kopi 🙂

3. Tidak Menyerobot Antrian

Ilustrasi | Sumber : rumahfilsafat.com
Ilustrasi | Sumber : rumahfilsafat.com
Hampir setiap hari kita akan bertemu momen yang mengharuskan kita untuk mengantri. Walaupun ngantri itu wasting time dan suka buat bete, tapi engga ada yang salah kan dalam menunggu giliran dengan duduk tertib dan melakukan kegiatan lain, seperti main handphone, membaca buku atau mengobrol dengan orang-orang yang ada di sekitar (?) Tapi, jangan sekali-kali punya pemikiran untuk menyerobot antrian ya! Ayo latihan untuk bersabar menanti giliran!

4. Membaca Buku Non-akademis
Ilustrasi | Sumber : psikologan.bogspot.com
Ilustrasi | Sumber : psikologan.bogspot.com
Buku adalah jendela dunia

Salah satu sarana untuk travelling without moving. Buku berjenis apa aja bisa banget kok untuk kita baca, tentunya di luar buku pelajaran yah. Buku-buku tersebut bisa banget membuat kita untuk lebih mempertajam sudut pandang, menambah pengetahuan, membuka cakrawala, dan pastinya mendapat nilai-nilai lebih dari tulisan yang dibaca. Mari mulai membaca buku!

5. STOP! Main Handphone Ketika Orang Berbicara

Ilustrasi | Sumber : www.hipwee.com
Boleh aja sih kita senang banget membalas chat orang lain atau komen yang ada di instagram. Tapi, jangan sampai orang yang sedang berbicara langsung sama kita jadi merasa diabaikan. Diletakkan dulu handphone di meja dan tataplah lawan bicara di depan kita.  Karena itu menandakan kita antusias dan menghargai pembicaraan si lawan bicara. Kalaupun ada telepon masuk atau pesan masuk, minta permisi dulu untuk menjawabnya. Saling menghargai ya 🙂

6. Try to Write
Ilustrasi | Sumber : cdn1.theodysseyonline.com
“Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian” – Pramoedya Ananta Toer, Rumah Kaca

Menulis memang sulit, apalagi ketika pena atau tuts keyboard engga mau diajak kerjasama untuk mengungkapkan segala rasa dan ide. Menulis juga bisa membuat pusing dan membuat gundah ketika habis ide. Padahal dengan menulis, kita bisa mengekspresikan diri, memberikan opini dan teori, memberikan informasi, bahkan menghibur orang lain. Kita bisa membuatnya dalam artikel, puisi, cerpen atau bisa juga hanya seperti menulis kegiatan kita seharian. So, let’s writing guys!

7. STOP! Berkata Kasar
Ilustrasi | Sumber : memegenerator.net

Mengucapkan kata kasar adalah kebiasaan yang mudah dilakukan, tapi sulit dihilangkan. Hingga sulitnya, kita bahkan kadang engga sadar kalau kita baru aja berkata kasar. Selain itu, kata-kata kasar juga banyak banget ditemukan di komen-komen media sosial. Inspirator, hal seperti itu sama sekali bukan hal keren yang dilakukan untuk mengekspresikan rasa senang atau rasa marah kita. Jadi, STOP mengungkapkan sesuatu dengan kata-kata kasar ya! Be careful with your words, once they are said, they can be only forgiven not forgotten.

Keep Breathing Keep Inspiring! Penulis : Rianda Rizky Permata Esmirhan Editor   : Andreas Maydian Puspito Inspirator Freak Twitter: @InspiratorFreak Facebook : facebook.com/InspiratorFreak Instagram : @inspirator_freak web : www.inspiratorfreak.com LINE : @inspiratorfreak (menggunakan @)

LEAVE A REPLY