Memanfaatkan Sampah
Ilustrasi

Bagi sebagian orang mungkin sampah hanya sesuatu yang dianggap tidak berharga atau bahkan sesuatu yang menjijikkan. Namun di tangan orang yang kreatif, sampah bisa menjadi sesuatu yang bermanfaat bahkan memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Di hari peduli sampah yang jatuh pada hari ini, IF telah merangkum 7 ide kreatif yang diambil dari berbagai sumber dalam memanfaatkan sampah agar menjadi sesuatu yang bermanfaat. Simak baik-baik ya!

1. Pot Bunga (Botol Plastik Bekas)

Memanfaatkan Sampah
Pot bunga dari botol plastik bekas | Sumber: ideproperti.com
Jika Inspirator merupakan orang yang suka menanam bunga, cobalah memanfaatkan botol plastik bekas untuk dijadikan potnya. Cukup dengan menggunakan botol plastik bekas, cat, kuas, dan pisau Inspirator sudah bisa mendapatkan pot bunga yang cantik dan pastinya ekonomis.

2. Dompet (Botol Plastik Bekas)

Memanfaatkan Sampah
Dompet dari botol plastik bekas | Sumber: zittaschnitt.com
Satu lagi kerajinan tangan yang bisa dibuat dengan memanfaatkan botol plastik bekas, yaitu dompet. Dompet ini bisa Inspirator gunakan untuk menyimpan benda-benda kecil seperti jarum, cincin, kalung, dan sebagainya.

3. Dekorasi Dinding (Botol Kaca Bekas)

 

Memanfaatkan Sampah
Dekorasi dinding dari botol kaca bekas | Sumber: etsy.com
Inspirator bisa memanfaatkan botol kaca bekas untuk menghiasi dinding ruang tamu atau kamar tidur. Bisa ditambahkan bunga atau ornamen-ornamen lain pada botol agar terlihat lebih cantik.

4. Celengan (Kardus Bekas)

Memanfaatkan Sampah
Celengan dari kardus bekas | Sumber: instructables.com
Inspirator bisa memanfaatkan kardus bekas untuk membuat celengan yang lucu seperti ini. Inspirator juga bisa berkreasi dengan bentuk-bentuk lain. Daripada koin tercecer ke mana-mana, lebih baik ditabung di celengan kan!

5. Lampu Hias (Kardus Bekas)

Memanfaatkan Sampah
Lampu hias dari kardus bekas | Sumber: poterie-provencale.com
Kardus yang sederhana bisa Inspirator sulap menjadi lampu hias yang begitu indah jika mau. Hasil kreasi juga bisa Inspirator jual dan pastinya menjadi tambahan pemasukan, asik kan!

6. Pigura (Koran Bekas)

Memanfaatkan Sampah
Pigura dari koran bekas | Sumber: weupcycle.com
Jika Inspirator punya banyak koran bekas cobalah memanfaatkannya untuk membuat pigura. Walaupun hanya terbuat dari koran bekas yang terkesan sederhana, tapi tetap terlihat menarik lho!

7. Miniatur (Stik Es Krim)

Memanfaatkan Sampah
Miniatur gazebo dari stik es krim | Sumber: lelakion.com
Bagi Inspirator yang suka makan es krim, mungkin ide ini bisa dicoba. Inspirator bisa membuat miniatur rumah, kastel, ataupun bentuk lain. Mungkin sedikit rumit dan membutuhkan kesabaran, tapi pasti Inspirator akan merasa puas dengan hasilnya. Ini akan menjadi hiasan yang indah dan mengagumkan. Itu tadi ide kreatif memanfaatkan sampah, dengan mendaur ulang sampah berarti kita telah berkontribusi dalam menjaga dan melestarikan lingkungan. Sampah bisa menjadi bahaya dan juga bisa menjadi sesuatu yang berguna, itu semua tergantung di tangan siapa sampah itu berada. Semoga tulisan sederhana ini bisa dimanfaatkan oleh semua Inspirator yang membaca. Keep Breathing, Keep Inspiring! Penulis: Bayu Andika Editor  : Siti Ayu Handayani Inspirator Freak Twitter: @InspiratorFreak Facebook : facebook.com/InspiratorFreak

LINE : @inspiratorfreak (menggunakan @)

LEAVE A REPLY