7 Hidangan Khas Ramadan Dari Berbagai Negara. Unik Banget!

Photo: topchinatravel.com

Saat ini, pastinya kamu akan menemukan banyak hidangan yang hanya muncul saat Ramadan. Misalnya di Indonesia, saat Ramadan kamu akan lebih sering melihat kolak, es pisang ijo, dan sebagainya, daripada makanan lain, bukan?

Ternyata, bukan hanya Indonesia saja lho, yang punya hidangan khas Ramadan. Di negara lain pun ada hidangan unik yang hanya muncul saat Ramadan. Penasaran hidangan Ramadan di negara lain seperti apa? Yuk, simak!

1. Haleem, Timur Tengah dan Asia Tengah

Photo: Yummy India Kitchen | Haleem Pakistan

Bahan yang digunakan untuk membuat makanan ini yaitu daging yang direbus dengan gandum dan kacang lentil. Haleem memiliki tekstur seperti bubur dan terkenal di wilayah Pakisan, India, dan Timur Tengah. Waktu memasaknya pun cukup lama, sekitar 7-8 jam lho, Inspirator.

2. Dahi Vada, India

Photo: 123rf.com | Dahi Vada India

Hidangan ini umum ditemukan di India saat Ramadan. Dahi Vada adalah kacang yang digoreng dengan balutan tepung, lalu dicampur yogurt asam.

3. Ramazan Kebabi, Turki

Photo: vemale.com

Tidak seperti kebab, hidangan ini merupakan olahan daging kambing, tomat, dan bumbu bawang yang disajikan dengan yogurt. Sepertinya sedap!

4. Paomo, Tiongkok

Photo: topchinatravel.com | sup paomo Tiongkok

Paomo adalah sup roti yang dicampur daging kambing. Uniknya, terdapat potongan roti yang dimasukkan ke dalam sup. Hmmm, gimana ya, rasanya?

5. Medamm, Mesir

Photo: pulses.org | Medames Mesir

Hidangan ini sudah dikenal sejak ribuan tahun lalu di Mesir. Terbuat dari kacang fava yang direndam dalam jus lemon, bawang putih, dan minyak zaitun. Biasanya, medamm dimakan bersama roti pita atau telur rebus supaya lebih enak.

6. Kunafa, Timur Tengah

Photo: sportourism.id

Hidangan ini paling terkenal di Palestina dan Turki. Kunafa adalah kue keju yang punya tekstur lembut di dalam dan garing di luar. Biasanya dijadikan makanan penutup. Wah, kelihatannya enak, ya?

7. Fattoush, Lebanon

Photo: inijiskitchen.com

Hidangan ini tampak menggoda sekali ya, Inspirator? Fattoush merupakan roti yang dipanggang dan dicampur potongan sayur dan buah. Hampir mirip salad. Hanya, tidak ada ketentuan pasti sayur dan buah apa yang harus dipakai, karena masyarakat Lebanon biasanya menggunakan sayur dan buah yang sedang musim saja.

Itulah tujuh hidangan unik bulan Ramadan dari negara lain. Kira-kira, kamu tertarik mau mencoba yang mana kalau semua ini tersedia di Indonesia?

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here