doodle
Ilustrasi: www.justcolor.net

Sering kali bosan saat beraktivitas, mencorat-coret di kertas menjadi pilihan yang tidak jarang dilakukan. Coretannya pun berbentuk abstrak dan dikerjakan secara spontan karena menggambarkan apa yang terlintas di pikiran pertama kali.

Yap, kegiatan seperti itu dinamakan doodle. Walaupun terkesan iseng, namun membuat doodle ternyata dapat memberikan manfaat, lho. Berikut ini keuntungan membuat doodle. Check this out!

  1. Mengasah kreativitas

Ilustrasi: www.designtrends.com

Karena seorang doodler menggambar dengan spontan dan abstrak, maka ide yang dicetuskan pun masih fresh dan berasal dari diri sendiri. Selain berbentuk abstrak, gambar doodle pun sering kali memiliki pattern beragam sesuai kreativitas masing-masing. 

  1. Mengurangi stress

Ilustrasi: www.boredpanda.com

Pernah melihat “Coloring Book for Adult” karya Johanna Basford? Dalam buku tersebut, Johanna memberikan gambar-gambar kecil tidak beraturan atau doodle dalam bentuk hitam-putih. Lalu, gambar-gambar tersebut diberikan warna yang bertujuan untuk mengurangi stress. Walaupun buku tersebut ditujukan untuk orang dewasa, namun tidak menutup kemungkinan anak-anak atau remaja juga ada yang membeli buku tersebut dan mewarnainya.

  1. Meningkatkan konsentrasi

Ilustrasi: www.washingtonpost.com

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Jackie Andrade dari University of Plymouth, Inggris membuktikan bahwa orang yang sering membuat doodle memiliki konsentrasi yang lebih baik dibandingkan mereka yang tidak. Hal ini karena saat membuat doodle, pikiran kita akan tetap terjaga dan tidak melamun.

  1. Menambah fokus

Ilustrasi: www.upi.com

Selain meningkatkan konsentrasi, menurut penelitian yang juga dilakukan oleh Jackie Andrade dari University of Plymouth, Inggris ternyata membuat doodle juga bisa menambah tingkat kefokusan Inspirator, loh. Hal ini dibuktikan bahwa para doodler memiliki ingatan 30% lebih kuat dibanding non-doodler.

  1. Memiliki perspektif beragam

Ilustrasi: www.pinterest.com

Karena seorang doodler dikenal dengan menggambar hal asbtrak yang memiliki banyak arti, hal ini membuktikan bahwa membuat doodle dapat memberikan pribadi masing-masing memiliki perspektif yang beragam.

  1. Berpikir lebih luas
Ilustrasi: www.youtube.com

Membuat doodle tidak terikat dengan apa yang harus Inspirator gambar. Inspirator dapat menuangkan imajinasi apapun yang ada di dalam pikiran Inspirator. Kini, membuat doodle selain dikenal dengan gambaran abstrak, juga banyak terdapat gambaran berbentuk monster lucu. Hal tersebut memiliki arti bahwa membuat doodle tidak terpaku dengan apa yang harus digambar, melainkan apa yang ingin digambar.

  1. Mengisi waktu luang

Ilustrasi: www.youtube.com

Daripada melamun dan tidak melakukan apa-apa, lebih baik membuat doodle untuk mengisi waktu luang Inspirator. Bahkan, membuat doodle juga bisa dijadikan pekerjaan, lho. Pernah melihat ilustrasi Google dengan gambaran abstrak? Yap, pada peringatan hari tertentu, Google memang sering memasang Google Doodle di halaman utama Google. Hal ini bisa Inspirator jadikan acuan untuk menjadi doodle illustrator.

Nah, itu dia keuntungan bagi seorang doodler. Ternyata, doodle bukan hanya untuk iseng dan mengusir bosan, ya. Tapi, tanpa kita sadari doodle juga memberikan manfaat yang baik. Yuk Inspirator, kita membuat doodle!

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Inspirator Freak

LEAVE A REPLY