Mungkin banyak orang mengabaikan pentingnya kecerdasan emosional (EQ) dan lebih “mendewakan” kecerdasan intelektual (IQ). Padahal, EQ juga berperan penting dalam kehidupan baik di tempat kerja, masyarakat, keluarga, percintaan, dan pertemanan. Alangkah baiknya jika kecerdasan intelektual dilengkapi kecerdasan emosional yang baik.

Kecerdasan Emosional
Foto: Pixabay

IQ menjadi berkurang artinya jika EQ yang kita miliki rendah. Contohnya, menganggap diri lebih mulia daripada orang lain, meremehkan orang lain, sering marah-marah, tidak tepat waktu, tidak punya empati, minim simpati, tidak bisa memisahkan permasalahan di kantor dan rumah. Daniel Coleman, Ph.D., penulis dan peneliti terkenal tentang kepemimpinan yang menulis buku Emotional Intelligence: Why It Can Matter Than IQ, mengatakan, “Jika Anda tidak memiliki kemampuan emosional, jika Anda tidak memiliki kesadaran diri, jika Anda tidak mampu mengendalikan emosi Anda, jika Anda tidak dapat memiliki empati dan simpati dalam hubungan bermasyarakat–meskipun Anda memiliki kepintaran di atas rata-rata dan bisa dikatakan genius, jika tidak memiliki kecerdasan emosional, orang lain tidak peduli dengan IQ Anda yang setinggi langit itu.”

Kecerdasan Emosional
Foto: Pixabay

Psikolog mengatakan, kecerdasan emosional adalah kemampuan untuk mengidentifikasi emosi diri sendiri dan orang lain. Begitu banyak manfaat yang kita dapatkan jika kita memiliki kecerdasan emosional. Psikolog Yale, John D. Mayer, meneliti tentang hubungan EQ staf perusahaan dan kesuksesan perusahaan. Dia menemukan bahwa karyawan dengan tingkat EQ tinggi memiliki kesadaran diri yang dapat membantu rekan kerjanya untuk menyelesaikan pekerjaan kantor. Jika seseorang memiliki EQ berkualitas, mereka tidak terganggu dengan kritik, mereka tetap fokus tanpa merasa tersinggung dengan kritik tersebut. Kritik bagi mereka berguna untuk menghasilkan sesuatu yang lebih baik lagi.

Berikut ciri-ciri orang dengan EQ berkualitas:

1. Tidak takut menghadapi perubahan
2. Menyadari kelemahan dan kelebihan yang dimilikinya
3. Memiliki rasa empati yang tinggi
4. Memiliki sifat rendah hati dan penuh toleransi
5. Pintar mengatur waktu
6. Selalu ingin tahu
7. Memiliki hati yang baik, ramah pada sesama
Sumber: Success.com.

Berapa ciri orang dengan EQ berkualitas yang melekat padamu, Inspirator?

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY