7 Hal Menarik Yang Terjadi Pada Tubuh Saat Kamu Tidur

tidur
Foto: Brightside.me

Para ahli mendefinisikan tidur sebagai suatu keadaan bawah sadar dimana seseorang masih dapat dibangunkan dengan pemberian rangsang sensorik atau dengan rangsang lainnya. Selain itu, tidur dapat didefinisikan sebagai proses fisiologis yang bersiklus bergantian dengan periode yang lebih lama dari keterjagaan.

Apapun definisinya, tidur merupakan cara terbaik untuk mengistirahatkan tubuh setelah lelah beraktivitas seharian. Menariknya saat Inspirator tidur ternyata tubuh tak sepenuhnya beristirahat. Setidaknya ada 7 hal menarik yang terjadi pada tubuh ketika tidur. Apa sajakah? Yuk langsung simak ulasan Inspirator Freak yang dilansir dari Brightside.me.

Otot-otot melumpuh

tidur
Foto: Brightside.me

Tidur REM (Rapid Eye Movement) atau tidur dengan gerak mata cepat adalah kondisi normal dari tidur yang ditandai dengan gerakan cepat dan acak dari mata. Biasanya tidur REM membuat otot-otot anggota tubuh melumpuh dan sulit untuk bergerak. Kondisi ini umumnya terjadi dalam sekian detik atau menit.

Mata bergerak dengan kecepatan penuh

tidur
Foto: Brightside.me

Ada lima tahapan tidur; masing-masing lebih dalam dari yang sebelumnya, dan ketika melewati kelima tahap, siklus dimulai lagi. Yang terakhir adalah REM yang paling aktif dan mulai sekitar 60 atau 90 menit setelah Inspirator tertidur. Pada tahap ini mata akan bergerak dengan kecepatan penuh karena pikiran terfokus pada apa yang diimpikan.

Pelepasan hormon tubuh

tidur
Foto: Brightside.me

Hormon Human growth hormon (HGH), yang dikenal sebagai hormon pertumbuhan manusia, berfungsi untuk regenerasi tulang dan otot. Saat tidur, produksi zat ini diaktifkan di seluruh tubuh dan memberikan kontribusi untuk penyembuhan luka dan pembaharuan sel. Hormon ini juga meningkatkan pertumbuhan dan memiliki banyak efek lain pada tubuh.

Tenggorokan menyempit

tidur
Foto: Solusitidur.com

Ketika tidur otot-otot tenggorokan terbuka dan ukuran tenggorokan berkurang. Ini adalah salah satu penyebab mendengkur.

Menggertakkan gigi

tidur
Foto: Mfashion.nl

Fenomena ini disebut bruxism. Hal ini hanya terjadi pada beberapa orang saja. Secara psikologis hal ini adalah cara untuk melepaskan ketegangan emosional dan stres terakumulasi selama hari.

Otak mengakumulasi informasi dan membuat cerita

tidur
Foto: Brightside.me

Cara mimpi terbentuk masih tetap menjadi misteri ilmiah. Namun menurut penelitian, otak membangun dreamscapes dari kenangan yang hadir dalam kehidupan sehari-hari dan alam bawah sadar. Dengan demikian, pengalaman baru menggabungkan dengan informasi yang disimpan selama bertahun-tahun seperti kenangan, trauma, emosi dan perasaan, untuk membuat mimpi misterius dan kadang tidak masuk akal.

Otak mendetoksifikasi sendiri

tidur
Foto: Brightside.me

Para peneliti di University of Rochester menemukan bahwa saat tidur, otak mengeluarkan ‘limbah’ yang terbentuk selama beberapa hari. Mekanisme yang disebut sistem glymphatic ini memungkinkan otak membuang informasi yang tidak berguna dan mengumpulkan informasi yang dianggap penting serta memperbaharuinya

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Inspirator Freak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here