Gunung di Indonesia
Sumber: liburmulu.com

Indonesia memang begitu luar biasa. Begitu banyak keindahan alam yang tersaji di negara ini, salah satunya terletak di puncak gunungnya. Jumlah gunung di Indonesia sangat banyak dan semua memiliki keindahannya masing-masing. Untuk menambah wawasan tentang wisata gunung yang ada di Indonesia, IF akan berbagi informasi tentang 7 gunung di Indonesia yang wajib kamu kunjungi. Check it out!

1. Pegunungan Jayawijaya

Gunung di Indonesia
Sumber : indonesia.travel
Jayawijaya merupakan rangkaian pegunungan yang terletak di wilayah Papua. Carstensz Pyramide atau Puncak Jaya adalah yang tertinggi dengan tinggi 4.884 meter dari permukaan laut. Puncak Pegunungan Jayawijaya merupakan yang tertinggi di Indonesia. Berbeda dengan gunung-gunung di Indonesia lainnya, Pegunungan Jayawijaya memiliki sebuah keunikan, yaitu puncaknya yang diselimuti salju. Jika Inspirator ingin mendaki gunung ini, pastikan kondisi tubuh dalam keadaan prima ya, karena akan ada banyak tantangan ekstrem yang harus dihadapi.

2. Gunung Semeru

Gunung di Indonesia
Sumber : matajatim.com
Gunung Semeru terletak di antara dua kabupaten, yaitu Malang dan Lumajang. Gunung ini memiliki tinggi 3.676 meter dari permukaan laut. Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi yang ada di Pulau Jawa. Gunung ini memiliki danau yang terkenal, yaitu Danau Ranu Kumbolo yang terletak di ketinggian 2.400 meter dari permukaan laut dan memiliki luas kurang lebih 14 hektare. Ketika mendaki Gunung Semeru, Inspirator bisa mendirikan tenda di tepi Danau Ranu Kumbolo untuk beristirahat sembari menikmati keindahan alamnya.

3. Gunung Rinjani

Gunung di Indonesia
Sumber : trekkingrinjani.com
Gunung Rinjani merupakan gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia dengan tinggi 3.726 meter dari permukaan laut. Gunung ini terletak di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Keindahan Gunung Rinjani mulai bisa dijumpai dari kaki hingga puncaknya, namun yang menjadi unggulan adalah Danau Segara Anak yang terletak pada ketinggian 2.000 meter dari permukaan laut. Inspirator juga bisa memancing di danau tersebut, jadi jangan lupa siapkan alat pancing saat mendaki Gunung Rinjani!

4. Gunung Kelimutu

Gunung di Indonesia
Sumber : terrytreks.com
Gunung Kelimutu terletak di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Gunung Kelimutu memiliki tinggi 1.639 meter dari permukaan laut. Salah satu keindahan nan unik yang bisa dijumpai adalah adanya Danau Tiga Warna. Danau Tiga Warna adalah danau kawah yang memiliki tiga warna berbeda dan berubah-ubah. Ketiga danau itu memiliki nama, yaitu Tiwu Ata Mbupu, Tiwu Nuwa Muri Koo Fai, dan Tiwu Ata Polo.

5. Gunung Ijen

Gunung di Indonesia
Sumber : whenonearth.net
Gunung Ijen merupakan gunung yang terletak di perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso. Memiliki tinggi 2.443 meter dari permukaan laut. Gunung Ijen merupakan gunung berapi aktif. Gunung ini memiliki kawah yang paling menakjubkan dan merupakan kawah paling asam terbesar di dunia, yaitu Kawah Ijen. Inspirator juga akan menemukan fenomena blue fire saat malam hari hingga menjelang dini hari di Gunung Ijen ini . Wow!

6. Gunung Kerinci

Gunung di Indonesia
Sumber : indonesia.travel
Gunung Kerinci merupakan gunung tertinggi di Pulau Sumatera, sekaligus menjadi gunung berapi tertinggi di Indonesia. Gunung Kerinci memiliki tinggi 3.805 meter dari permukaan laut. Gunung Kerinci yang terletak di Jambi ini berada dalam wilayah Taman Nasional Kerinci Seblat yang telah ditetapkan UNESCO sebagai salah satu situs warisan dunia.  Pada puncak gunung, Inspirator dapat melihat Samudera Hindia, Danau Kerinci, dan Danau Gunung Tujuh yang merupakan danau tertinggi di Asia. Jika Inspirator berniat untuk mendaki Gunung Kerinci harap berhati-hati ya, karena di Kerinci ada habitat Harimau Sumatera. Lebih baik bermalam di homestay daripada berkemah agar lebih aman.

7. Gunung Bromo

Gunung di Indonesia
Sumber : thousandwonders.net
Gunung Bromo terletak di Jawa Timur dan diapit oleh empat kabupaten, yakni Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Malang. Bromo termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Gunung ini memiliki tinggi 2.392 meter dari permukaan laut. Yang paling menarik di Gunung Bromo adalah kawah yang ada di puncaknya dan kaldera (lautan pasir) yang luasnya sekitar 5.920 hektare. Itulah Indonesia, negeri yang kaya akan pesona alamnya, khususnya gunung. Ayo jelajahi gunung di Indonesia!   Keep Breathing Keep Inspiring! Penulis : Bayu Andika Editor   : Andreas Maydian Puspito Inspirator Freak Twitter: @InspiratorFreak Facebook : facebook.com/InspiratorFreak Instagram : @inspirator_freak web : www.inspiratorfreak.com LINE : @inspiratorfreak (menggunakan @)

LEAVE A REPLY