7 Film Ini Ungkap Gangguan Mental Misterius Yang Harus Kamu Waspadai

Gangngguan mental
Gangguan kepribadian ganda - The Split (Foto: Screenrant.com)

Berbagai persoalan dan beban hidup yang terus-menerus menghimpit menjadikan banyak orang mengalami mengalami gangguan pada kesehatan mentalnya. Gangguan mental berdampak kepada mood, pola pikir, hingga tingkah laku secara umum.

Gangguan mental ini ternyata banyak jenisnya, mulai dari kecanduan obat hingga gangguan kepribadian. Jika tidak segera ditangani, kondisi ini berisiko berkembang menjadi sakit jiwa. Kompleksitas gangguan mental ini menginspirasi banyak sutradara film untuk membuat film dengan latar belakang ganguan mental. Tujuannya, agar penonton atau masyarakat lebih mengenal dan dapat mengantisipasi jika hal tersebut terjadi pada orang-orang disekitarnya.

1. Erotomania – Perfume: The Story of a Murderer

Erotomania – Perfume: The Story of a Murderer (Foto: Castelao Producciones S.A.)

Mereka yang menderita erotomania yakin seseorang jatuh cinta dengannya, biasanya seseorang dari status sosial yang lebih tinggi (misalnya, seorang selebriti). Para penderita erotomania percaya pengagum imajiner mereka menunjukkan sikapnya terhadap mereka melalui tanda-tanda khusus, sinyal rahasia, telepati, dan pesan yang dikodekan dalam media. Sindrom ini semakin dikenal berkat film Perfume: The Story of a Murderer.

2. Delusi capgras – The Double

Delusi capgras – The Double (Foto: Alcove Entertainment )

Sindrom ini membuat penderitanya percaya seseorang yang dekat dengan mereka atau mereka sendiri telah diganti dengan doppelganger atau penampakan dirinya yang lain. Pasien ini mengklaim bahwa perbuatan buruknya dilakukan oleh doppelgangernya. Gangguan ini sering disertai dengan skizofrenia atau gangguan mental kronis yang menyebabkan penderitanya mengalami delusi, halusinasi, pikiran kacau, dan perubahan perilaku.
Film The Double yang diangkat dari novel berjudul yang sama mengungkapkan esensi dari gangguan ini.

3. Sindrom Quasimodo –  Contracuerpo

Sindrom Quasimodo – Contracuerpo (Foto: Prosopopeya Producciones)

Sindrom Quasimodo atau gangguan dismorfik tubuh adalah gangguan mental yang sangat berbahaya karena pikiran obsesif tentang cacat fisik yang sangat berlebihan atau bahkan imajiner. Akibatnya mereka menolak untuk difoto, berlebihan mengurus penampilannya, merasa canggung dalam masyarakat, dan merasa bahwa orang lain melihat “cacat” dan menertawainya. Sindrom ini terungkap dalam film pendek Contracuerpo.

4. Sindrom Fregoli – Anomalisa

Sindrom Fregoli – Anomalisa (Foto: Paramount Animation)

Dalam kasus ini, pasien mempercayai bahwa orang-orang yang berbeda, sesungguhnya adalah orang yang sama yang sedang menyamar. Sindrom ini pertama kali dijelaskan pada tahun 1927: dimana seorang gadis percaya dia sedang dikejar oleh dua aktor dari teater yang ia datangi. Sindrom ini sebagian terungkap dalam film animasi Anomalisa .

5. Sindrom Adele – The Story of Adele H

Sindrom Adele – The Story of Adele H (Les Artistes Associés)

Sindrom Adele adalah obsesi yang membuat seseorang pengalaman patologis cinta dan kasih sayang. Baru-baru ini seorang dokter mengakui bahwa gangguan mental ini cukup serius mengancam kesehatan dan kehidupan seseorang karena gejala penyakit ini menyerupai depresi berat. Untuk lebih mengenal sindrom ini, Inspirator bisa film menonton The Story of Adele H.

6. Kriptomnesia – The Science of Sleep.

Kriptomnesia – The Science of Sleep (Foto: Canal+)

Kriptomnesia adalah jenis gangguan memori dimana seseorang tidak ingat kapan peristiwa tertentu terjadi atau apakah itu mimpi atau kenyataan. Misalnya, mereka menulis puisi atau hanya teringat telah membaca. Dengan kata lain, sumber informasi dilupakan oleh penderita sindrom ini.

7. Gangguan kepribadian ganda – The Split

Gangngguan mental
Gangguan kepribadian ganda – The Split (Foto: Screenrant.com)

Dissociative Identity Disorder (DID)atau gangguan kepribadian ganda adalah gangguan mental yang langka yang membagi kepribadian seseorang, dan ada kesan beberapa kepribadian yang berbeda dalam satu tubuh. Individu-individu dapat memiliki jenis kelamin yang berbeda, usia, kebangsaan, temperamen, kemampuan mental, pandangan dunia, dan bahkan penyakit. Penyebab gangguan ini adalah trauma emosional yang berat di masa kecil.

Cerita yang paling mencolok dengan perpecahan kepribadian terjadi di Amerika Serikat pada akhir 1970-an. Ketika si pemerkosa Billy Milligan ditangkap, ternyata 24 orang atau kepribadian yang tinggal di tubuhnnya.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Inspirator Freak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here