learn english
Belajar Bahasa Inggris juga bisa dengan cara yang asik, kok!

Halo Inspirator! Bahasa Inggris terkadang jadi momok buat banyak orang, termasuk generasi muda. Banyak dari kita pun yang merasa belajar Bahasa Inggris itu sulit. Padahal, kunci dari belajar bahasa Inggris yang efektif salah satunya ada pada cara kita belajar. Apabila sudah enjoy dengan cara belajar kita, maka akan lebih mudah pula bagi kita untuk dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris kita. Berikut beberapa cara yang asik buat belajar bahasa Inggris.  

  1. Membaca Novel Berbahasa Inggris
    Membaca novel bisa jadi sarana untuk meningkatkan kemampuan belajar bahasa Inggris kita | Source: www.cwl.nsw.gov.au
    Membaca novel bisa jadi sarana untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kita |
    Source: www.cwl.nsw.gov.au
    Novel, salah satu karya yang kaya akan perbendaharaan kata dan idiom. Baca Novel, selain bisa membawa kita ke alam imajinasi, juga bisa membantu kita menambah perbendaharaan kata  lho. Semakin beragam genre novel yang kita baca, semakin banyak pula perbendaharaan kata dan idiom yang kita pelajari. Struktur kalimat yang baik dan mudah dipahami juga bisa kita pelajari.
  2. Update social media dengan bahasa Inggris
    Social media kita bisa lebih keren loh jika update dengan bahasa Inggris! | Source: geoffreymoffett.com
    Social media kita bisa lebih keren loh jika update dengan bahasa Inggris! |
    Source: geoffreymoffett.com
    “Duh, galau nih chat ga dibales-bales sama doi”. Biasanya kita sering pakai social media untuk berkeluh kesah, curhat, dan segala macam update-an yang mungkin gak semua orang yang baca menyukainya.  Mendingan, Inspirator coba untuk buat update-an dengan kalimat berbahasa Inggris. Dengan demikian, Inspirator bisa melatih kepercayaan diri untuk berbahasa Inggris. Update-an berbahasa Inggris dibaca banyak netizen, siapa takut? 🙂
  3. Main video game 
    Suka main video game? dialog-dialognya dapat membantu kita belajar bahasa Inggris, lho | Source: kotaku.com.au
    Suka main video game? dialog-dialognya dapat membantu kita belajar bahasa Inggris, lho |
    Source: kotaku.com.au
    Bermain video game, siapa sih yang gak suka? Terutama buat yang cowok, pasti game-game dengan berbagai macam genre beserta konsol tentu nggak asing dimainkan. Melalui video game kita juga bisa loh untuk tingkatkan skill berbahasa Inggris. Genre yang direkomendasikan adalah role-playing game dan real-time strategy. Genre-genre tersebut memuat banyak dialog yang dapat membantu Inspirator belajar bahasa Inggris. Game bergenre sport seperti FIFA dan PES juga dapat berguna. Commentary dalam bahasa Inggris dapat melatih listening skills Inspirator.
  4. Tonton Film Berbahasa Inggris, tanpa subtitle ya!
    Menonton film tanpa subtitle bisa jadi sarana asik belajar bahasa Inggris | Source: forbes.com
    Menonton film tanpa subtitle bisa jadi sarana asik belajar bahasa Inggris |
    Source: forbes.com
    Kalau ini jelas jadi kegiatan favorit Inspirators, ya. Menyempatkan diri menonton film bisa jadi pilihan untuk menghilangkan penat, baik itu di bioskop ataupun menonton sendiri di televisi/laptop. Film berbahasa Inggris yang ditonton biasanya dengan subtitle bahasa Indonesia, Inspirator coba untuk menonton tanpa subtitle 🙂 Jika dirasakan sulit, boleh diganti dengan subtitle yang berbahasa Inggris. Jadi, kita bisa sekaligus belajar dari pelafalan kata-kata dan kalimat berbahasa Inggris tokoh-tokoh di film tersebut.
  5. Manfaatkan gadget-mu
    Memasang aplikasi kamus, kuis di gadget bisa membantu Inspirator belajar bahasa Inggris | Source: howtogeek.com
    Memasang aplikasi kamus, kuis di gadget bisa membantu Inspirator belajar bahasa Inggris |
    Source: howtogeek.com
    Hampir bisa dipastikan Inspirator nggak bisa lepas dari gadget tiap harinya. Entah itu untuk chat, main social media ataupun browsing jadi kegiatan lumrah harian. Melalui gadget kita juga bisa manfaatkan untuk belajar bahasa Inggris. Pasang aplikasi kamus, kuis, ataupun aplikasi latihan TOEFL. Sekarang sudah banyak tersedia di application store sesuai dengan sistem operasi dan gadget Inspirator. Lumayan, sewaktu dalam perjalanan kereta ataupun penat menunggu Inspirator dapat belajar bahasa Inggris dengan mudah di gadget Inspirator.
  6. Rajin baca berita/artikel dari situs berbahasa Inggris
    Membaca berita berbahasa Inggris secara rutin, tambah wawasan dan tingkatkan kemampuan reading Inspirator | Source: asiasociety.org
    Membaca berita berbahasa Inggris secara rutin, tambah wawasan dan tingkatkan kemampuan reading Inspirator |
    Source: asiasociety.org
    Dengan semakin terkoneksinya kita dengan internet, berbagai kesempatan semakin terbuka. Sangat mudah kita menemukan artikel atau berita berbahasa Inggris, dengan berbagai macam topik. Berita atau artikel politik, kesehatan, hingga olahraga dapat mudah kita temui online. Inspirator bisa belajar bahasa Inggris dengan rutin membaca berita atau artikel berbahasa Inggris. Selain menambah wawasan, sense Inspirator akan tulisan berbahasa Inggris bisa semakin terlatih.
  7. Praktekkan dalam percakapan
    Dengan sahabat Inspirator, praktikkan ngobrol dengan bahasa Inggris. Cari topik yang seru ya! | Source: irishpost.co.uk
    Dengan sahabat Inspirator, praktikkan ngobrol dengan bahasa Inggris. Cari topik yang seru ya! |
    Source: irishpost.co.uk
    Setelah belajar dari berbagai media, alangkah baiknya jika kita turut mempraktekkan bahasa Inggris kita dalam percakapan. Jangan ragu untuk melatih conversation skill kita, ajak teman dekat yang sudah lancar berbahasa Inggris. Supaya nggak bosen, bicarakan tentang topik yang Inspirator suka. Semisal, conversation tentang film-film yang baru rilis, skor pertandingan sepakbola terbaru, ataupun topik-topik menarik lain yang fun dibahas.

Nah, demikian Inspirator 7 tips asik belajar bahasa Inggris. Jika rutin dipraktikkan akan terasa hasilnya kok. Yuk, semangat dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris kita. Sehingga, era Masyarakat Ekonomi ASEAN pun dengan gagah berani dapat kita hadapi 🙂

SHARE
Previous articleSOCIAL DESIGNEE ajak warga desa Pondok Jengkol jelajahi Kota Tua
Next articlePentingnya Kedaulatan Maritim untuk Realisasi “Trisakti”

1 COMMENT

LEAVE A REPLY