7 Alasan Anak Muda Harus Menggunakan Hak Pilihnya di Pilkada

anak muda keren
Sumber : Pribadi

Pilkada serentak 2017 yang akan diselenggarakan pada tanggal 15 Febuari 2017 nanti akan diselenggarakan di 101 daerah di Indonesia. Pilkada 2017 kali ini  terdiri atas 7 provinsi, 76 kabupaten, dan 18 kota. Ketujuh provinsi tersebut yaitu Aceh, Bangka Belitung, DKI Jakarta, Banten, Gorontalo, Sulawesi Barat, dan Papua Barat.

Provinsi Aceh merupakan daerah yang akan paling banyak menggelar pilkada pada 2017, yakni satu pemilihan gubernur dan 20 pemilihan bupati dan wali kota.

Salah satu faktor terpenting dari pilkada kali ini adalah suara dari pemilih muda. Khusus di Pilkada DKI Jakarta, Direktur Eksekutif Saiful Muzani Research and Consulting (SMRC), Djayadi Hanan, menuturkan, persentase pemilih muda dalam Pilkada DKI Jakarta sekitar 25 persen. Persentase ini merujuk pada hasil survei SMRC pada Juli-Juni 2016. “Jika diperhitungkan dengan daftar pemilih tetap (DPT) pada Pilpres 2014 lalu, ada sekitar 7,5 juta pemilih di Jakarta. Maka, jumlah pemilih muda diperkirakan hampir dua juta orang,” kata Djayadi yang dikutip dari Republika.

Berikut ini adalah 7 alasan kenapa kita anak muda harus menggunakan hak suara kita di Pilkada nanti. Yuk kita simak bersama.

1. 5 Menit Untuk Nasib 5 Tahun ke Depan

pemilih pemula
Sumber : tribunnews

Menggunakan hak pilih itu hanya meluangkan beberapa menit waktu kita namun dampaknya sangatlah penting untuk 5 tahun ke depan. Karena pemimpin yang terpilih akan memimpin dan membuat kebijakan selama 1 periode kepemimpinan yaitu 5 tahun. Sehingga kalau kita tidak memilih atau memilih pemimpin yang kurang baik, maka dampaknya akan dirasakan selama 5 tahun. Jadi gunakan waktumu dengan bijak.

2. Belajar Berdemokrasi

pemilih pemula
sumber : detak.co

Sebagai anak muda, mungkin kita masih “polos” dan tidak minat dengan hal pemerintahan seperti ini. Namun sebagai warga negara yang telah memiliki hak suara, itu tandanya kita sudah dianggap dewasa dan dapat menentukan pilihan yang terbaik bagi kemajuan negara. Dengan ikutan “nyoblos” maka kita belajar untuk berdemokrasi dan peduli terhadap kemajuan daerah atau negara kita. Kalau warga negaranya apatis, maka siapa lagi yang bisa dan mau peduli dengan daerahnya? Sehingga kapan bisa maju daerahnya?

3. Libur Nasional Untuk Nyoblos Bukan Liburan

pemilihan umum
Sumber : Liputan6.com

Kadang ini yang suka jadi kebiasaan orang Indonesia. Kalau tahu ada tanggal merah, langsung pergi untuk liburan. Padahal pemerintah membuat kebijakan meliburkan tanggal 15 Febuari 2017 adalah agar warganya bisa menggunakan hak suaranya. Kalau pada pergi liburan semua, maka alhasil banyak yang tidak ikut pilkada dan angka abstain menjadi tinggi. Kalau ingin berlibur pastikan sudah menggunakan hak suaranya terlebih dahulu.

4. Banyak Promo Untuk Yang Nyoblos

Promo pilkada
Sumber : Tribunnews

Biasanya banyak brand yang membuat promo menarik bagi yang sudah menjalankan hak pilihnya. Jadi sayang banget kan kalau sampai tidak dapat. Tapi jangan pura-pura pakai tinta lain ya padahal tidak ikutan nyoblos.

5. Suara Anak Muda Menentukan dan Signifikan

pemilih muda jakarta
Sumber : CNN Indonesia

Indonesia sedang menikmati bonus demografi dimana sebagian besar penduduknya adalah anak muda. Generasi milenial ini jumlahnya cukup besar, sehingga ketika suaranya ini dikumpulkan mungkin justru bisa jadi penentu dan mengubah hasil akhir. Begitu juga sebaliknya, amat sayang jika suara yang besar ini diabaikan begitu saja.

6. Anak Muda Keren Adalah Anak Muda Yang Nyoblos

anak muda keren
Sumber : Pribadi

Kalau kita ikutan nyoblos itu tandanya kita sudah bertanggung jawab atas hak yang telah kita peroleh dan itu jauh lebih keren dibandingkan hanya sekedar komen-komen ‘pedas’ di social media bahkan cenderung saling menjatuhkan. Anak muda keren itu tidak akan baper dan cepat emosi walau pilihannya berbeda dengan orang lain, karena tidak semua orang bisa menjadi dewasa dan bisa tetap berkepala dingin menerima perbedaan.

7. Golput Bukan Solusi dan Bukan Pilihan

golput
Sumber :Aku Cinta PKN

Banyak pihak yang mengatakan bahwa tidak memilih (golput) merupakan sebuah pilihan. Ini adalah persepsi yang keliru. Banyak juga yang berpikir memilih golput karena menganggap semua calon sama saja ini juga keliru. Saat ini ada banyak daerah di Indonesia yang mengalami kemajuan signifikan karena kepala daerahnya baik, hal ini karena ia dipilih oleh warganya. Jadi gunakan hak suara mu!

Itu tadi 7 alasan untuk kita anak muda menggunakan hak suara kita. Langkah lainnya adalah dengan mengajak teman-teman kita juga untuk tidak golput dan bagikan artikel ini ke group atau timeline kalian. Yuk sama-sama jadi anak muda yang berdampak dan kontribusi bagi bangsa ini. Setuju?

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Inspirator Freak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here