6 Tips Unik Yang Mampu Meningkatkan Kemampuan Otak

Foto: urbanmatter.com

Inspirator pasti mengalami yang namanya lupa. Lupa kalau ada janji, lupa belum makan, dan lupa meletakkan barang. Kebiasaan lupa ini ternyata bisa jadi tanda-tanda kemampuan otak sudah mulai melemah loh. Artinya, dibutuhkan beberapa cara untuk mengembalikan bahkan memperkuat kemampuan otak.

Memperbaiki kemampuan otak, seperti mengisi teka-teki silang, dan bermain game, mungkin sudah biasa dan justru tak terlalu kelihatan efeknya. Kali ini Inspirator Freak bakal berbagi info nih cara mengembalikan kemampuan otak yang unik dan tak terpikirkan oleh Inspirator.

1. Mandi sambil menutup mata

Jangan langsung berpikir ini cara yang sulit ya. Mulailah dengan mempersiapkan segala kebutuhan mandi terlebih dahulu dan letakkan di sekitar kamu. Menurut Roy White, pemenang kompetisi mengingat di Amerika Serikat, melakukan sesuatu dengan mata tertutup merupakan cara tercepat untuk melatih fokus dan ingatan.

2. Berdansa

Foto: samsonthedancer.wordpress.com

Berdansa ternyata tidak hanya mengaktifkan otak kecil (Cerebellum), bagian otak yang berfungsi dalam kemampuan berpikir dan menerka, tetapi juga memproduksi protein yang membantu sel saraf berkomunikasi lebih aktif.

Menurut Gary Small, direktur Longevity Center di University of California Los Angeles dan penulis buku The Alzheimer’s Prevention Program, berdansa merupakan interaksi sosial yang memperbaiki fungsi sel saraf. Serta membantu jantung untuk memompa oksigen dan nutrisi ke sel-sel otak.

3. Mencoba aksi kidal

Foto: Hellosis.com

Mencoba aksi kidal atau menggunakan tangan kiri dapat melatih otak untuk belajar hal yang baru. Saat menggunakan tangan yang tidak biasa dipakai beraktivitas, akan lebih banyak area otak yang diaktifkan sehingga meningkatkan kemampuannya.

4. Bermain tenis meja

Foto: Satujam.com

Bermain tenis meja akan meningkatkan kemampuan koordinasi interaksi otak dan tangan. Menurut Daniel Amen, peneliti pencitraan otak, penting bagi kita untuk memperbaiki kemampuan koordinasi ini sebab akan memudahkan otak untuk mengetahui apa yang harus dilakukan.

5. Belanja

Foto: urbanmatter.com

Cara yang satu ini mungkin paling banyak disukai Inspirator nih! Aktivitas yang menghabiskan uang gaji ini ternyata memiliki manfaat mengejutkan bagi otak. Gary Small mengatakan, ada banyak aktivitas fisik dan pikiran saat berbelanja, berjalan, bertemu orang, membuat perhitungan. Setiap aktivitas tersebut akan merangsang bagian-bagian pada otak untuk lebih aktif.

6. Juggling

Foto: Roryokeeffe.com
Juggler.

Juggling atau kemampuan fisik yang memanipulasi suatu objek atau beberap objek di waktu yang bersamaan. Menurut sebuah studi di tahun 2013 dalam jurnal Nature, belajar juggling dapat membuat sebagian area pada otak berkembang. Hal ini dikarenakan aktivitas tersebut dapat melatih fisik, pengenalan pola dan orientasi spasial yang mengaktifkan beberapa area sekaligus pada otak.

Diantara daftar diatas, tips mana yang lebih mudah Inspirator lakukan?

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Inspirator Freak

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here