gadget palsu
Foto: Brightside.me

Di era saat ini, gadget menjadi salah satu kebutuhan yang tak terelakkan, baik untuk berkomunikasi maupun bersosialisasi. Namun semakin canggihnya teknologi yang diterapkan pada gagdet, memiliki gadget lebih dari sekadar kebutuhan tetapi gaya hidup.

Untuk memenuhi gaya hiduplah inilah banyak user rela merogoh kocek hingga puluhan juta rupiah untuk sebuah gadget. Sayangnya, situasi ini justru dimanfaatkan oleh oknum tak bertanggungjawab untuk membuat gadget tiruan dan menipu konsumennya.

Tak heran jika kemudian muncul istilah baru, seperti supercopy, kingcopy, bestcopy, hingga superclone yang diklaim memiliki kemiripan 99% dengan gadget aslinya. Agar Inspirator terhindar dari gadget palsu, yuk baca tipsnya dibawah ini.

Cek kemasan atau packagingnya

gadget palsu
Foto: Brightside.me

Kemasan atau packaging menjadi poin utama yang harus Inspirator perhatikan. Produsen produk palsu sering mengabaikan desain kemasannya. Sedangkan produsen asli selalu teliti dengan desain dan kemasan produknya. Perhatikan mulai dari jenis font, ketebalan font, kerapian tulisan, sampai plastik pembungkusnya.

Lihat petunjuk manual pengguna

gadget palsu
Foto: Brightside.me

Jangan sepelekan keberadaan buku petunjuk manual. Inspirator harus menyesuaikan informasi yang ada di buku petunjuk dengan gadget. Semua informasi penting tentang gadget pun harus ada dalam bahasa negara pembelian, untuk menghindari pemalsuan lintas negara.

Perhatikan material gadget

gadget palsu
Foto: Brightside.me

Perhatikan dengan detail material gadget seperti kualitas bahan, baik itu plastik, karet, atau aluminium. Produk ternama umumnya menggunakan material berkualitas. Pembungkus plastik harus mulus, tanpa jahitan atau ketidaksempurnaan lainnya.

Jangan abaikan logo gadget

gadget palsu
Foto: Brightside.me

Sebuah logo adalah wajah brand apapun, dan itu layak mendapat perhatian khusus. Logo gadget tak hanya tertera di bagian kemasan saja. Inspirator juga harus memperhatikan logo yang tertera di gadget maupun aksesorisnya.

Cek charger gadget

gadget palsu
Foto: Brightside.me

Charger atau pengisi daya gadget sebaiknya sesuai dengan penggunaan di masing-masing negara user. Dilansir Brightside.me, jika user tinggal di Eropa, harus ada blok khusus untuk soket Eropa. Ingat, produsen bertanggung jawab untuk keselamatan user saat menggunakan gadget mereka. Itu sebabnya charger asli harus diperhatikan.

Perhatikan kabel dan colokan

gadget palsu
Foto: Brightside.me

Kualitas kabel dan colokan adalah salah satu dari tanda-tanda dari produk palsu. Produk asli, kabel akan terpasang rapi, sementara produk palsu akan nampak bagian yang longgar. Kadang-kadang panjang colokannya tidak pas dengan kedalaman soket.

Sumber: Brightside.me

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Inspirator Freak

LEAVE A REPLY