6 Rekomendasi Lauk Kering yang Praktis Untuk Santap Sahur

Photo: travelingyuk.com

Saat tiba waktunya santap sahur, kondisi tubuh yang masih mengantuk biasanya membuatmu agak malas untuk menyiapkan makan sahur. Hal ini tentu berbeda dengan waktu berbuka puasa, ketika kamu lebih bersemangat untuk menyiapkan menu makanan buka puasa. Nah, supaya waktu santap sahurmu lebih praktis, InspiratorFreak punya rekomendasi lauk kering yang praktis untuk santap sahur. Ada apa saja, ya?

1. Abon

Photo: clubmasak.com

Di Indonesia, kamu bisa menemukan tiga jenis abon–sapi, ayam, dan ikan–yang praktis dan awet disimpan berbulan-bulan. Tambahkan ke nasi hangat dan bubuhi kecap, sudah bikin kenyang! Praktis abis kan, Inspirator?

2. Kering tempe

Photo: detik.com

Lauk kering tempe ini mudah dibuat. Kamu hanya perlu mengiris tempe sampai tipis lalu goreng hingga kering dan tumis dengan bawang merah, bawang putih, cabe merah, gula merah, kecap, dan sedikit garam. Supaya lebih tahan lama, pastikan tumis hingga kering dan simpan di wadah tertutup.

3. Kering kentang

Photo: agrowindo.com

Yang satu ini jadi primadona banyak orang, nih. Kentang yang sudah diiris tipis dan dibumbui pedas sangat cocok untuk santap sahurmu. Kalau malas bikin sendiri, kamu juga bisa membeli kering kentang yang sudah jadi untuk stok lauk keringmu.

4. Dendeng

Photo: travelingyuk.com

Pecinta pedas pasti tidak bisa menolak lauk satu ini. Dendeng dari daging sapi yang diiris tipis dan digoreng kering ini punya citarasa pedas khas Sumatera Barat. Pokoknya disantap dengan nasi hangat sangat cocok, Inspirator.

5. Kacang teri

Photo: kueresep.co

Kalau Inspirator ingin makanan yang asin dan gurih, lauk kacang teri ini cocok untukmu. Kalau kamu ingin membuatnya, siapkan ikan teri jengki dan kacang tanah. Goreng dulu kacang dan teri sampai matang, lalu tumis dengan bawang merah, bawang putih, cabe, dan garam yang sudah dihaluskan. Pembuatannya sama seperti dengan kering tempe. Supaya lebih tahan lama, simpan dalam wadah tertutup.

6. Rendang

Photo: Rendangdenlapeh.id

Makanan satu ini tidak hanya cocok jadi menu santap sahur, tapi juga bisa dijadikan lauk buka puasa. Karena proses memasaknya sangat lama (hingga tidak ada kadar airnya kering), rendang bisa tahan cukup lama lho, Inspirator. Cocok dijadikan menu santap sahur yang praktis dan lezat.

Dari enam lauk kering di atas, kamu mau coba menyantap yang mana untuk makan sahur nanti, Inspirator?

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here