Sering Mengantuk? Ini 6 Penyebab yang Harus Kamu Perhatikan!

Apakah kamu merasa waktu tidurmu cukup, tapi tetap sering mengantuk? Kamu harus cari tahu penyebabnya!

Rasa kantuk yang sering datang dapat menghambat produktivitas kita sehari-hari, membuat kita menjadi lesu, dan tidak bergairah untuk beraktivitas. Jangan sampai karena sering mengantuk, pekerjaan atau tugas sekolah kita menjadi terbengkalai, Inspirator!

Sering kali kita merasa meskipun waktu tidur kita sudah cukup, namun tetap saja kita tak terlepas dari mengantuk. Mengapa hal itu bisa terjadi? Nah, InspiratorFreak akan menjelaskan enam penyebabnya.

1. Tubuh kamu kurang kalori dan nutrisi

photo source: https://www.today.com

Saatnya kamu mulai memperhatikan asupan makanan untuk tubuhmu. Kurangnya asupan kalori dan nutrisi merupakan salah satu penyebab kamu sering mengantuk, bahkan lemas.

Kekurangan kalori dan zat gizi pada tubuh sangat memengaruhi produktivitas kita selama beraktivitas, lho! Oleh karena itu, sebaiknya kamu mulai mengoptimalkan asupan makanan yang sehat, sarapan setiap pagi, juga mengonsumsi vitamin dan suplemen kesehatan.

2. Dehidrasi

photo source: https://paemuka.com

Kamu sering beraktivitas tapi jarang minum? Jangan sampai kamu dehidrasi, Inspirator! Dehidrasi terjadi ketika tubuh kita kekurangan cairan sehingga proses metabolisme pun tidak berjalan optimal.

Dehidrasi juga dapat menurunkan konsentrasi dan fokus kita, lho. Dengan begitu tentu saja kita menjadi mudah mengantuk dan lemas.

3. Terlalu banyak makan

photo source: https://www.healthy-drinks.net

Semua yang berlebihan tentu tidak baik. Apalagi kalau kita makan berlebihan. Terlalu banyak makan juga salah satu penyebab kita mudah mengantuk.

Jika terlalu banyak makanan masuk ke tubuh kita, kebutuhan insulin pun semakin besar. Insulin dalam jumlah besar itu dibutuhkan untuk mengolah gula menjadi energi yang dibutuhkan tubuh kita. Semakin banyak makanan yang masuk, semakin keras tubuh kita bekerja, sehingga tubuh menjadi lelah dan timbul rasa kantuk.

4. Kurang oksigen

photo source: https://www.birchbox.com

Kekurangan suplai oksigen juga merupakan penyebab seseorang mudah mengantuk. Suplai oksigen yang menurun membuat kinerja otak kita menjadi tidak optimal dan memberi efek rasa kantuk dan lemas.

Kurangnya suplai oksigen ke otak dapat disebabkan beberapa hal, antara lain terlalu banyak makan, dehidrasi, sesak napas, menderita tekanan darah rendah, dan kurang gizi.

5. Aktivitas berlebihan

photo source: https://www.birchbox.com

Menjadi orang yang gemar beraktivitas bermanfaat merupakan hal baik, tapi akan membawa dampak tidak baik jika kita tidak memperhatikan kemampuan tubuh kita.

Aktivitas berlebihan merupakan salah satu penyebab orang sering mengantuk karena tubuh kita akan merasa lelah secara alami. Hal itu karena kalori yang tersimpan dalam tubuh akan terbakar ketika kita banyak beraktivitas. Oleh karena itu, jangan terlalu memaksakan diri dan perhatikan kemampuan tubuhmu, ya!

6. Terlalu banyak pikiran

photo source: http://www.talentsmart.com

Bukan hanya kondisi fisik kita saja yang menyebabkan kita mudah mengantuk, kondisi perasaan atau pikiran kita juga terlibat, lho! Tidak hanya jasmani kita yang harus sehat, tapi rohani pun harus dijaga kesehatannya.

Ketika kita merasa terlalu banyak beban, kita cenderung merasa stres, atau terlalu sedih dan cemas. Dengan terlalu banyak pikiran tanpa sadar dapat membuat fisik kita menjadi lemah dan tidak bergairah dalam beraktivitas.

Kalau kita menghadapi masalah besar dan merasa terbebani alangkah baiknya jika kita berpikir dengan kepala dingin atau menemukan orang yang tepat untuk curhat. Jangan hanya sayangi kondisi fisikmu, sayangi juga perasaan dan pikiranmu, ya.

Itu dia enam penyebab yang membuat kita sering mengantuk. Apakah kamu mengalami salah satu penyebab di atas? Segera ubah gaya hidupmu menjadi lebih baik ya, Inspirator!

Keep Breathing, Keep Inspiring!

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here