6 Objek Wisata Untuk Mengenang Tsunami Aceh yang Bisa Kamu Kunjungi

Photo: direktoriwisata.com | Monumen Aceh Thanks to the World

Inspirator masih ingat dengan peristiwa tsunami Aceh pada 26 Desember 2004 silam? Kejadian dahsyat yang melanda Kota Banda Aceh itu menghancurkan banyak bangunan dan menelan sekitar 170.000 korban jiwa. Setelah kejadian tersebut, dibangunlah beberapa objek wisata yang dibuat untuk mengenang tsunami Aceh. Untuk kamu yang ingin mengetahui dampak bencana tsunami Aceh sekaligus mengenang kepiluan dari musibah tersebut, mampir saja ke enam objek wisata berikut ini.

1. Museum Tsunami Aceh

Photo: abulyatama.ac.id | Museum tsunami Aceh

Museum yang diresmikan tahun 2008 ini dirancang oleh Bapak Ridwan Kamil. Terletak di Jalan Iskandar Muda—Banda Aceh, museum ini berisikan foto-foto keadaan pasca tsunami di Banda Aceh sekaligus terdapat nama-nama korban tsunami Aceh untuk mengenangnya.

2. Masjid Raya Baiturrahman

Photo: pinterst | Masjid Baiturrahman Aceh

Dibangun tahun 1612, Masjid Raya Baiturrahman menjadi salah satu bangunan yang selamat dari terpaan tsunami Aceh. Bahkan, masjid ini sempat menjadi tempat berlindung warga saat terjadi tsunami. Karena hal itulah, masjid ini menjadi salah satu objek bersejarah dari peristiwa mengenaskan tersebut.

3. Masjid Rahmatullah Lampuuk

Photo: pinterst | Masjid Ramatullah Lampuuk

Terletak 500 meter dari bibir pantai, masjid ini menjadi salah satu bangunan yang selamat dari tsunami selain Masjid Raya Baiturrahman. Padahal, tsunami Aceh mampu menyeret kapal PLTD (Pembangkit Listrik Tenaga Diesel) yang letaknya tidak jauh dari masjid ini.

4. PLTD Apung

Photo: indonesiakaya.com | PLTD Apung

Kapal dengan panjang 63 meter dan berat 2.600 ton ini terseret sejauh lima kilometer dari Pantai Ulee Lheue hingga akhirnya terdampar di Gampong Pungeu Blang Cut—Kota Banda Aceh. Terbayang kan, dahsyatnya gelombang tsunami Aceh? Setelah pasca tsunami Aceh, kapal PLTD Apung dijadikan tempat wisata edukasi untuk pengunjung terkait bencana tsunami.

5. Kapal Apung Lampulo

Photo: daftar.co | Kapal Apung Lampulo

Kapal nelayan yang rusak dan terseret tsunami Aceh ini berada di Gampong Lampulo, Kecamatan Kuta Alam. Ini merupakan salah satu tempat yang terkena dampak tsunami paling parah.

6. Monumen Aceh Thanks to the World

Photo: direktoriwisata.com | Monumen Aceh Thanks to the World

Setelah terjadi tsunami Aceh, bantuan dari dalam dan luar negeri pun berdatangan. Sebagai ucapan terima kasih, dibangunlah sebuah tempat bernama Monumen Aceh Thanks to the World di Lapangan Blang Padang.

Itulah 6 objek wisata untuk mengenang tsunami Aceh yang bisa kamu kunjungi. Jadi, kamu tertarik mengunjungi tempat tersebut, Inspirator?

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here