6 Makanan Khas Tana Toraja yang Bikin Penasaran untuk Dicoba!

Inspirator pasti sudah tidak asing dengan suku Toraja di Sulawesi Selatan yang terkenal dengan kesakralan adat-istiadatnya. Misalnya saja, salah satu kebudayaan suku Toraja yang terkenal hingga mancanegara adalah Rambu Solo atau Aluk Rampe Matampu. Rambu Solo adalah upacara adat pemakaman di Tana Toraja. Pada upacara pemakaman ini, masyarakat mengorbankan hewan untuk arwah leluhur maupun orang yang sudah meninggal.

Selain itu, Tana Toraja juga punya rumah adat unik–namanya Tongkonan–yang bentuk atapnya seperti kapal.

Ternyata, keunikan Tana Toraja tidak sampai di situ saja. Kalau berkunjung ke Tana Toraja, kamu wajib mencicipi makanan khas Tana Toraja. Makanannya tidak kalah lezat daripada makanan khas di daerah lain. Nah, makanan khas Tana Toraja apa saja ya, yang wajib kamu coba?

1. Deppa tori

Photo: toraja.org

Makanan berbentuk pipih ini sering dijadikan camilan pembuka yang dihidangkan di acara-acara adat. Terbuat dari tepung beras, gula merah, dan taburan wijen, camilan ini punya tekstur garing. Makan satu nggak cukup, deh!

2. Pa’piong

Photo: tanatorajakab.go.id

Makanan ini hampir selalu dihidangkan dalam acara-acara besar dan menjadi makanan kebanggaan masyarakat Toraja lho, Inspirator. Makanan yang terbuat dari beras yang sudah dicampur rempah-rempah ini biasanya disajikan bersama sayur bulunangko atau pohon pisang muda.

3. Pantollo lendong

Photo: tanatorajakab.go.id

Masyarakat Toraja sering mengonsumsi pantollo lendong sebagai makanan berat. Makanan ini adalah olahan belut yang dimasak dengan rempah-rempah. Penasaran nggak kira-kira bagaimana rasanya?

4. Dangkot

Photo: cookpad.com | dangkot bebek

Bagi kamu pecinta pedas, harus banget mencicipi dangkot yang terbuat dari daging bebek yang dimasak dan dibumbui ini. Citarasa gurih dan pedas siap menggoyang lidahmu! Oh ya, saat ini dangkot juga ada yang terbuat dari daging ayam dan itik, lho.

5. Kapurung

Photo: resepkoki.id | Kapurung Sulawesi Selatan

Hampir mirip dengan bakso, makanan berbahan dasar sagu ini punya kuah dengan rasa segar. Selain itu, kapurung sering ditambah berbagai sayuran dan potongan ikan atau udang.

6. Pokon

Photo: tempatwisataindonesia.id

Kamu bisa melihat makanan ini ketika ada acara syukuran atau ritual ibadah di Toraja. Sekilas, makanan ini kelihatan seperti lontong, hanya saja berbahan dasar beras ketan yang dicampur parutan kelapa. Paling pas disantap bersama kopi atau teh hangat.

Bagaimana, Inspirator? Kamu tertarik untuk mencoba makanan khas Tana Toraja yang mana?

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here