6 Kuliner Khas Indonesia yang Cocok Untuk Vegetarian–Tetap Bisa Makan Enak, Kok

Photo: http://bisnisbandung.com

Menjadi vegetarian bukan berarti tidak bisa mencicipi makanan lezat, lho. Kalau Inspirator seorang vegetarian atau mempertimbangkan untuk menjadi vegetarian, tidak perlu khawatir karena Indonesia memiliki ragam kuliner yang cocok disantap vegetarian. Sebagian besar kuliner lezat ini terbuat dari sayur dan buah. Penasaran ada apa saja?

1. Gudeg

Photo: Good Indonesian Food

Untuk Inspirator yang vegetarian dan menyukai kuliner manis, gudeg menjadi pilihan tepat. Gudeg terbuat dari nangka muda yang dikukus lama, sehingga rasanya empuk dan hampir mirip daging. Biasanya, kuliner khas Yogyakarta ini disajikan dalam bentuk kering atau dengan kuah.

2. Gado-gado

Photo: The Jakarta Post

Kuliner khas Indonesia satu ini sepertinya sudah menjadi menu kesukaan vegetarian. Tidak heran kalau banyak yang memfavoritkannya, karena gado-gado terbuat dari beragam jenis sayuran yang direbus, seperti kentang, kubis, kangkung, jagung, toge, dan kacang panjang yang kaya vitamin. Selain itu, ada tahu dan tempe sebagai sumber protein. Gado-gado atau “salad ala Indonesia” ini memang sangat nikmat karena penyajiannya diguyur dengan saus kacang.

3. Pecal

Photo: One Green Planet

Hampir sama seperti gado-gado, bedanya pecal memiliki varian sayuran hijau lebih banyak, antara lain tambahan daun singkong, daun bayam, dan daun kemangi. Bumbu kacang yang dipakai untuk pecal biasanya ditambah kencur dan daun jeruk sehingga aromanya lebih harum.

4. Ketoprak

Photo: blog.gotomalls.com

Juga menggunakan saus kacang, isian sayur di ketoprak lebih sedikit daripada gado-gado dan pecal. Kuliner berbahan lontong, tahu, bihun, dan toge ini disukai bukan hanya oleh kaum vegetarian, lho.

5. Urap

Photo: http://bisnisbandung.com

Bosan dengan makanan berbahan saus kacang? Kamu bisa mencoba urap. Kuliner dengan isian sayur-sayuran rebus–kacang panjang, toge, kubis, bayam, kangkung, dan sebagainya–ini dicampur kelapa parut yang sudah dibumbui dengan kencur, cabe, dan bawang putih. Urap sudah sering dijadikan lauk untuk nasi campur atau nasi rames. Rasanya pun lezat!

6. Asinan

Photo: dapurkobe.co.id | Asinan Buah

Ingin makan yang segar-segar? Nah, kuliner khas Bogor satu ini terdiri dari dua jenis, yaitu asinan sayur dan asinan buah. Kuliner yang memiliki citarasa asam dan agak pedas ini kuahnya terbuat dari cuka, cabe, dan kacang tanah.

Itulah kuliner khas Indonesia yang cocok untuk vegetarian. Enak dan menyehatkan, bukan? Jadi, tidak ada alasan kalau vegetarian tidak bisa makan enak.

Dari enam kuliner di atas, mana yang ingin kamu santap hari ini?

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here