6 Kualitas Istimewa yang Dimiliki Orang Tipe Penyendiri

Photo credit: Google Internet

Di dunia ini ada banyak orang yang suka berada di keramaian, bahkan menikmati menjadi pusat perhatian, sementara ada orang-orang yang lebih suka menyendiri dan merasa energinya terkuras ketika berada di tengah orang banyak. Orang tipe penyendiri seperti ini dikenal sebagai tipe introvert, yang sering keliru dianggap pemalu, tidak percaya diri, atau antisosial. Padahal, sebenarnya tipe penyendiri memiliki kepercayaan diri yang hebat dan sangat memahami dirinya, tahu apa yang mereka inginkan dalam hidup, dan tidak menyia-nyiakan diri mereka untuk sesuatu yang keliru. Psikolog menyebutkan, orang tipe penyendiri memiliki kualitas-kualitas istimewa.

Mereka menghormati batasan yang masuk akal

Orang yang sangat menyukai dan menghargai kesendirian menjunjung tinggi aturan bahwa orang lain memiliki peran dalam hidup mereka, tapi mereka juga mengerti harus ada batasan yang sehat dan jelas dari dua belah pihak demi melindungi diri mereka dan pihak lain.

Mereka sangat setia

Hanya karena seseorang suka menyendiri, tidak berarti mereka tidak punya teman atau tidak menghargai teman. Mereka hanya jauh lebih selektif memilih teman dan lingkungan mereka. Tipe penyendiri hanya mengizinkan orang-orang bernilai tinggi untuk masuk kehidupan mereka.

Photo credit: Google Internet

Mereka memiliki pikiran terbuka dan wawasan luas

Tipe penyendiri sebenarnya terbuka pada komunikasi. Mereka tidak memiliki pikiran terbatas atau cara hidup tertutup, bahkan orang penyendiri selalu terbuka pada semua hal baru. Faktanya, mereka tertarik mencoba pengalaman baru dan memilih metode apa pun untuk melihat dunia, untuk mempelajari kebudayaan lain.

Mereka seimbang

Karena memiliki sifat awas dan kemampuan untuk fokus, orang-orang tipe ini menjadi orang yang ingin kamu temui pada saat kamu senang maupun susah, terutama saat kamu menghadapi momen hidup yang sulit. Alih-alih ikut gugup, berteriak, atau emosinya meningkat, tipe penyendiri melihat situasi yang terjadi dengan tenang, rasional, dengan sikap seimbang tapi peka, dengan hati-hati menimbang pro dan kontra setiap situasi–dan dengan demikian bisa dengan cepat menemukan solusi untuk masalah dan jalan keluar untuk setiap situasi.

Photo credit: Google Internet

Mereka memiliki kesadaran penuh

Banyak orang membiarkan pikiran buruk menguasai kepala mereka, dan bergantung pada pendapat orang di sekitar mereka, membiarkan orang lain mencekoki pikiran mereka dengan pemikiran yang bukan milik mereka. Tetapi, orang penyendiri tidak begitu. Mereka menguasai emosi dan pikiran mereka, dan dengan demikian tidak mudah dipengaruhi orang lain.

Mereka tahu cara menghargai waktu

Tipe orang seperti ini mengerti tentang nilai waktu–aset utama hidup kita–yang tidak banyak dilihat orang lain. Tidak hanya menghargai waktunya sendiri, mereka juga menghormati waktu orang lain. Mereka tidak pernah terlambat, supaya tidak membuat orang lain juga kehilangan waktu mereka yang berharga.

Semoga artikel ini bisa membuat kamu lebih memahami orang tipe penyendiri yang kamu kenal. Dan jika kamu termasuk penyendiri yang memiliki beberapa atau semua kualitas di atas, selamat, karena kamu memiliki karakter yang hanya dimiliki sedikit orang.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here