6 Kampanye Kreatif Anti Merokok

6 Kampanye Kreatif Anti Merokok
Ilustrasi: Boredpanda.com

Tingginya angka kematian akibat asap rokok tidak hanya menimpa perokok aktif tetapi juga perokok pasif. Menurut data WHO, diperkirakan pada 2030 angka kematian akibat rokok mencapai 10 juta jiwa, dan 70% diantaranya berasal dari negara berkembang.

Menanggapi tingginya angka kematian akibat rokok, berbagai kampanye dan sosialisasi  bahaya rokok pun dilakukan, salah satunya melalui iklan. Berikut informasi tentang bahaya rokok dari iklan kampanye anti merokok yang kreatif seperti dikutip dari situs Boredpanda.com.

  1. Merokok tidak hanya membunuh diri sendiri, tetapi juga orang lain.

 

6 Kampanye Kreatif Anti Merokok
Foto: Boredpanda.com

Menurut  Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013, sebesar 85% rumah tangga di Indonesia terpapar asap rokok, estimasinya adalah delapan perokok aktif dan satu perokok pasif meninggal. Berdasarkan perhitungan rasio ini maka sedikitnya 25.000 kematian di Indonesia akibat asap rokok.

  1. Risiko kanker paru-paru
6 Kampanye Kreatif Anti Merokok
Ilustrasi: Boredpanda.com

Menurut situs Alodokter.com, Sekitar 80-90 persen kasus kanker paru-paru disebabkan oleh kebiasaan merokok. Asap rokok yang diisap mengandung lebih dari 50 zat-zat pemicu kanker yang akan memberi dampak secara langsung terhadap jaringan paru-paru. Bahkan beberapa penelitian membuktikan bahwa risiko kanker paru 7,8 lebih besar pada perokok dibandingkan dengan perokok.

  1. Merusak gigi

 

6 Kampanye Kreatif Anti Merokok
Ilustrasi: Boredpanda.com

Tidak hanya memicu kanker, kebiasan merokok juga merusak kesehatan mulut. Tembakau menghambat aliran darah ke gusi, sehingga membuat gusi kekurangan nutrisi, oksigen dan rentan untuk terserang infeksi. Selain itu, rokok berdampak kepada kerusakan lapisan tulang dan jaringan pada gigi.

  1. Salah satu penyebab kebakaran
6 Kampanye Kreatif Anti Merokok
Ilustrasi: Boredpanda.com

Di Australia, setiap tahunnya petugas pemadam kebakaran rata-rata merespons 160 laporan kasus kebakaran yang dipicu oleh api rokok. Dalam banyak kasus para perokok tertidur dalam keadaan rokoknya masih menyala. Sementara itu di Prancis pernah ada kasus kecelakaan pesawat gara-gara rokok.

  1. Penuaan dini
6 Kampanye Kreatif Anti Merokok
Ilustrasi: Boredpanda.com

Tidak hanya berdampak buruk pada kesehatan, merokok juga dapat memengaruhi penampilan Anda. Para perokok lebih cepat mengalami penuaan dini karena perusakan jaringan tubuh oleh zat-zat beracun pada rokok dan terjadi hambatan peredaran darah ke wajah. Hal tersebut akan mempercepat timbulnya keriput dan membuatnya terlihat lebih jelas serta rona wajah yang kusam.

  1. Dampak sosial
6 Kampanye Kreatif Anti Merokok
Ilustrasi: Boredpanda.com

Selain menimbulkan beban kesehatan, merokok juga menimbulkan beban sosial, ekonomi dan lingkungan. Keluarga miskin belanja makanan keluarga dan biaya pendidikan anak-anaknya untuk membeli rokok. Menurut Survei Nasional BPS 2011, pengeluaran untuk rokok di rumah tangga jauh lebih tinggi dibandingkan pengeluaran pendidikan, kesehatan dan makanan.

Itu dia Inspirator sebagian kecil dampak buruk akibat asap rokok. Semoga kampanye anti rokok ini menyadarkan para perokok bahwa tidak hanya dirinya yang berisiko terkena dampak buruknya. Akan tetapi orang lain pun berisiko mendapatkan hal yang sama. Masih mau merokok?

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Penulis : Ifa Ikah

Inspirator Freak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here