6 Hal Kecil Ini Ternyata Berdampak Besar Bagi Kesehatan

kesehatan
Foto: BayanMall.org

Setiap orang pasti ingin terus sehat. Tapi sayangnya, saat ini banyak yang semakin tidak memperhatikan kesehatan tubuh mereka karena kesibukan. Padahal sehat itu penting banget, loh! Selain dengan menjaga pola makan yang teratur dan tidur yang cukup, masih ada hal lainnya yang harus kita perhatikan supaya tetap sehat.

Nah, dalam rangka Hari Kesehatan Dunia, hari ini Inspirator Freak bakal ngasih info hal-hal kecil yang sebenarnya berdampak besar bagi kesehatan kita. Apa saja, sih? Yuk, disimak!

  • Minum air putih saat bangun tidur
(Foto: stylecaster.com)

Air putih sangat penting untuk kesehatan bagi seluruh anggota tubuh kita. Waktu terbaik untuk mulai mencukupi kebutuhan air putih adalah pagi hari saat bangun tidur karena selama tidur kita akan kehilangan banyak cairan. Selain itu, manfaatnya banyak banget, seperti kulit jadi berkilau karena air putih membantu merontokkan racun di dalam tubuh, peremajaan otot dan sel-sel darah, menyeimbangkan sistem getah bening dan limpa, membersihkan usus, membentuk sel darah baru, menjaga kesehatan organ ginjal, dan memperlancar buang air besar.

Jadi, daripada bangun tidur langsung buka hp, mulai sekarang, yuk, awali hari kita dengan minum air putih! Jangan lupa juga untuk mengonsumsi minimal 8-10 gelar air putih per hari karena  sebuah penelitian di Chicago University membuktikan bahwa dengan cara itu kita bisa memiliki sistem kekebalan lebih baik dari yang jarang mengonsumsinya.

  • Lakukan peregangan tubuh
(Foto: interfax.by)

Bagi banyak orang, aktivitas sehari-sehari banyak dihabiskan dengan duduk, misalnya karena belajar dalam waktu yang lama di sekolah atau universitas atau bekerja di kantor. Duduk dalam waktu yang lama kurang baik karena tubuh kita membutuhkan peregangan. Jadi, disela-sela aktivitas kita, sempatkan melakukan stretching ya! Manfaatnya ada banyak seperti melancarkan aliran darah, meningkatkan keseimbangan dan koordinasi, meningkatkan kebugaran, relaksasi syaraf, dan banyak lagi.

  • Istirahatkan mata
(Foto: verywell.com)

Mata kita juga perlu nih dijaga kesehatannya! Waktu berjam-jam yang kita habiskan untuk menatap layar komputer, ditambah dengan kombinasi silau, salah postur, dan pencahayaan yang buruk bisa memicu ketegangan mata dan sakit kepala. Untuk melindungi mata dari layar, atur waktu rutin untuk beristirahat sebentar. Ahli kesehatan mata merekomendasikan aturan ’20-20-20′. Maksudnya adalah tiap 20 menit menatap layar komputer, palingkan mata kita dari layar selama 20 detik dengan menatap sesuatu berjarak 20 kaki (sekitar 6 meter).

  • Bersin di lengan
(Foto: livescience.com)

Mungkin biasanya selama ini kita menutup mulut kita saat bersin menggunakan tangan. Tapi, kebiasaan ini kurang baik karena tidak cukup bersih bisa cepat menyebarkan kuman ke sekitar. Jadi, cara terbaik untuk menutup hidung dan mulut saat bersin adalah di lekukan siku atau lengan atas kita. Lebih baik lagi kalau kita rajin membawa sapu tangan atau tisu.

  • Mencuci tangan dengan benar
(Foto: era-soap.com)

Cuci tangan mungkin adalah suatu hal yang sering dianggap sepele bagi sebagian orang sehingga banyak diabaikan. Padahal salah banget! Tangan adalah anggota tubuh yang paling sering bersentuhan dengan benda-benda di sekitar kita, sehingga tanpa disadari ada banyak kuman yang terkumpul. Waktu-waktu penting untuk cuci tangan adalah sebelum dan sesudah makan, sesudah dari kamar mandi, setelah memegang benda yang kotor, dan lain-lain. Oh ya, jangan hanya sekadar dibasuh dengan air, tapi gunakan juga sabun.

  • Memotong kuku secara teratur
(Foto: scarves-outlet.com)

Ternyata, memotong kuku secara teratur berdampak besar juga, loh! Kegiatan ini dapat memusnahkan bakteri tinea. Bakteri ini merupakan bakteri yang menyebabkan terjadinya kutu air, ruam merah pada kuku hingga menyebabkan kuku menjadi berwarna kuning. Selain itu juga dapat mengurangi infeksi bakteri yang terdapat di kuku. Bakteri pada kuku dipicu jika kita sering menggunakan kaos kaki dan sepatu yang menyebabkan kuku lembab dan tidak ada udara yang masuk. (II)

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Inspirator Freak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here