sumber : luwuraya.net

Pagi Inspirator! Tahukah kamu kalau di tanggal 20 Juni kemarin ditandai sebagai “Hari Pengungsi Sedunia”? Ternyata dibalik hari pengungsi tersebut juga terdapat berbagai fakta tentang pengungsi yang perlu kamu ketahui. Yuk, kita simak!

  1. Pengungsi adalah seseorang yang berada di luar negerinya dan tidak dapat kembali akibat rasa takut/permasalahan/konflik yang mengancam keberadaan dirinya. Salah satunya adalah masalah terkait SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar golongan).
    Pengungsi
    Sumber: eramuslim.com
  2. Pada akhir tahun 2013 terdapat 16,7 juta pengungsi dari seluruh dunia dengan Pakistan sebagai negara penampungan pengungsi terbesar yaitu 1,6 juta pengungsi.
    Pengungsi
    Sumber: liputan6.com
  3. Diperkirakan setengah dari pengungsi masih berusia dibawah 18 tahun.
    pengungsi
    Sumber: MercyCorps.com
  4. Ada juga kasus dimana warga diminta untuk mengungsi secara paksa akibat konflik bersenjata atau huru-hara. Untuk kasus ini, pengungsi disebut sebagai Internally Displaced People (IDPs).
    Pengungsi
    Sumber: http://merahputih.com
  5. Pengungsi pada kasus Suriah meningkat dengan pesat setiap waktunya. Dari sekitar 100.000 jiwa pada tahun 2012 menjadi 800.000 jiwa pada bulan April 2013. Dalam kurun waktu 4 bulan setelahnya, naik dua kali lipat menjadi 1,6 juta jiwa. Sekarang ada sekitar 4 juta jiwa warga Suriah yang mengungsi keluar negeri. Ini menjadikan mereka sebagai pengungsi terbesar di dunia dibawah mandat PBB saat ini.
    Pengungsi
    Sumber: MercyCorps.com
  6. Biaya yang dibutuhkan untuk pengungsi hingga saat ini masih jauh dari kata cukup. Pada bulan Desember 2014, PBB memperkirakan biaya penanganan pengungsi Suriah sekitar $ 8.4 milyar. Namun, dana yang bisa terealisasi saat ini hanya separuhnya.
    Pengungsi
    Sumber: bbc.co.uk

Nah, itu dia 6 fakta tentang pengungsi yang perlu kamu ketahui. Fakta tambahannya adalah kamu juga bisa membantu pengungsi tersebut melalui berbagai cara seperti memberikan donasi, memulai kampanye, menandatangani petisi, atau menyebarkan informasi ini agar semakin banyak orang yang peduli dengan saudara-saudara kita yang menjadi pengungsi. Tunggu apa lagi? Yuk berpartisipasi sekarang untuk membantu para pengungsi di berbagai belahan dunia.

Keep Breathing Keep Inspiring! Penulis : Ryan Sucipto Editor   : Nindya Kharisma Cahyaningtyas Inspirator Freak Twitter : @InspiratorFreak Facebook : facebook.com/InspiratorFreak Instagram : @inspiratorfreak Web : www.inspiratorfreak.com LINE : @inspiratorfreak (menggunakan @)
SHARE
Previous articleDesertifikasi, Ancam Keberlangsungan Makhluk Hidup
Next articleMengenal Abellia, Mahasiswi Doktoral yang Memadukan Teknologi dan Pendidikan untuk Membantu Guru di Kawasan 3 T

LEAVE A REPLY