photo source : techbeepress.com

Black Panther merupakan film superhero besutan Marvel Studio yang sukses mencuri perhatian seluruh dunia dengan cerita dan pembawaan karakter yang unik. Kentalnya kekayaan budaya Afrika dan canggihnya teknologi negara fiktif Wakanda mengundang antusiasme luar biasa dari penikmat film.  Film blockbuster ini berhasil meraup $700 juta hanya dalam dua minggu.

Meskipun telah menjadi bagian dari Marvel Comics selama beberapa dekade, sebelum kemunculannya dalam film “Captain America: Civil War”, karakter Black Panther tidak terlalu dikenal khalayak. Namun, Black Panther memiliki peran amat penting bagi Marvel Cinematic Universe dan tentunya The Avengers. Bagi kamu yang  belum menonton film Black Panther, yuk simak enam fakta Black Panther yang jarang diketahui.

1. Karakter Black Panther Debut di Fantastic Four.

photo source : ultimatecomiccon.com

Bagi pecinta film atau komik superhero pastinya tidak asing lagi dengan komik Fantastic Four. Menurut Marvel, karakter “Black Panther” mulai debut sejak 1966 komik Fantastic Four edisi 52. Setelah itu, dia muncul bersama Captain America di Tales of Suspense, berikutnya di Daredevil, lalu bergabung dengan para superhero andalan Marvel lainnya di The Avengers. 

2. Superhero Berkulit Hitam Pertama di Komik Mainstream

photo source : speed-mag.com

Dalam beberapa interview, Chadwick Boseman, pemeran karakter utama, menyebutkan Black Panther bukan superhero berkulit hitam pertama di dunia perfilman. Namun, Black Panther merupakan superhero berkulit hitam pertama yang debut di komik mainstream Marvel. Karakter T’Challa yang debut di Fantastic Four pada 1966 pun mulai membintangi komiknya sendiri pada 1973.

3. Bahasa Negara Wakanda

Xhosa, bahasa resmi Afrika Selatan, digunakan sebagai bahasa negara Wakanda di film Black Panther. Aksen Xhosa pertama kali diperkenalkan Marvel di film Civil War, oleh aktor Afrika Selatan, John Kani, yang berperan sebagai Raja T’Chaka. Chadwick juga memutuskan untuk menggunakan aksen tersebut; dia percaya Wakanda merupakan negara berteknologi maju yang tidak pernah terpengaruh kolonialisme sehingga Black Panther tidak akan memiliki aksen Eropa.

4. Logam Vibranium dalam Perisai Captain America

Fakta selanjutnya mengenai kekayaan terbesar di Wakanda, yaitu Vibranium. Vibranium merupakan logam (fiktif) langka yang hanya terdapat di Wakanda. Kostum Black Panther seluruhnya terbuat dari vibranium, dan menariknya lagi, logam tersebut ternyata material untuk membuat perisai Captain America. (baca juga : Black Panther VS Captain America : Siapa Lebih Unggul?)

5. Tato Timbul Killmonger Kebanggaan Suku Surma

photo source : Twitter.com

Di film Black Panther kita bisa melihat salah satu karakter antagonis utama, Erik Killmonger, menunjukkan tubuhnya yang penuh tato timbul. Di film, tato tersebut muncul akibat dosa yang telah diperbuat, tapi ternyata di dunia nyata tato timbul merupakan kebanggaan suku Surma dari Etiopia.

6. Pakaian dan Aksesoris Budaya Afrika

photo source : saiia.org.za

Baju Raja T’Challa kini viral karena kemiripannya dengan baju koko. Namun, sebenarnya pakaian tersebut merupakan baju Dashiki yang khas dari Afrika Barat. Selain itu, topi putih milik Ratu Ramonda, aslinya adalah topi khas suku Zulu dari Afrika Selatan. Tak kalah menarik, kalung logam yang melengkapi penampilan pasukan Dora Milaje faktanya merupakan identitas suku Ndebele di Zimbabwe.

Itu enam fakta menarik film Black Panther yang jarang diketahui orang banyak. Apakah Inspirator punya fakta lain yang menurut kalian unik?

Keep Breathing, Keep Inspiring!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here