6 Destinasi Wisata Indonesia yang Jadi Populer Setelah Diangkat ke Layar Lebar

Photo: haluannews.com

Beberapa tahun terakhir, banyak destinasi wisata Indonesia yang jadi populer setelah diangkat ke layar lebar. Ini bisa menjadi cara untuk mempromosikan destinasi wisata yang ada di Tanah Air, karena terbukti angka kunjungan turis ke tempat-tempat itu meningkat.

Kamu penasaran destinasi wisata Indonesia apa saja yang jadi populer setelah diangkat ke layar lebar? Ini dia!

1. Pantai Tanjung Tinggi, Belitung–film Laskar Pelangi

Film terlaris karya Andrea Hirata ini sukses mengangkat destinasi wisata di Pulau Belitung. Sebelum Laskar Pelangi tayang, pantai dengan ribuan batu granit raksasa ini tidak terlalu dikenal masyarakat Indonesia. Setelah Laskar Pelangi menjadi salah satu film tersukses di Indonesia, pulau ini terkenal sebagai Pulau Laskar Pelangi.

Photo: haluannews.com

Bukan wisatawan domestik saja yang berkunjung, wisatawan mancanegara pun tidak mau ketinggalan. Tidak hanya Pantai Tanjung Tinggi, sekolah dan museum Andrea Hirata kini menjadi destinasi yang wajib dikunjungi saat ke Belitung.

2. Gunung Semeru–film 5 Cm

Photo: kapanlagi.com

Masih ingat dengan kisah persahabatan di film ini? Sejak kemunculan film 5 Cm, gunung tertinggi di pulau Jawa ini semakin kebanjiran pengunjung, lho. Selain itu, banyak pesona keindahan lain yang ditawarkan Gunung Semeru, salah satunya danau Ranu Kumbolo yang terletak di tengah lembah.

3. Observatorium Bosscha–film Petualangan Sherina

Photo: sebandung.com

Bernostalgia dengan film petualangan ini, yuk! Saat adegan Sherina dan Saddam bersembunyi di sebuah gedung untuk menghindari kejaran penculik, lokasi gedung yang dipakai adalah Observatorium Bosscha. Gedung yang menyimpan teleskop besar ini kini jadi destinasi favorit yang sering dikunjungi anak-anak sekolah, lho.

4. Sumba, Flores–film Pendekar Tongkat Emas

Photo: IndonesiaKaya.com

Film karya Mira Lesmana dan Ifa Isfansyah ini berlokasi di Desa Rambangaru, Sumba Timur. Menyajikan pesona alam Sumba yang indah dan khas. Kamu disuguhi hamparan padang savana, pantai dengan tebing karst dan rumah adat Sumba yang juga khas. Kini, Sumba jadi salah satu destinasi favorit wisatawan, lho.

5. Gereja Ayam–film Ada Apa Dengan Cinta 2

Photo: jogjawis.blogspot.com

Masih ingat adegan Cinta dan Rangga melepas rindu di rooftop Gereja Ayam? Gereja yang tidak dipakai lagi ini diselimuti nuansa misterius yang malah bikin penasaran. Setelah dijadikan lokasi syuting AADC 2, Gereja Ayam jadi ramai pengunjung. Wisatawan banyak berswafoto–bahkan menjadikannya latar¬†pre-wedding–di puncak atap untuk kemudian diunggah ke media sosial; biar ala-ala Cinta dan Rangga gitu, Inspirator.

6. Kampung Tridi–film Yowis Ben

Photo: instagram @kampung_tridi

Film komedi ini menjadikan Kampung Tridi, Malang, sebagai salah satu tempat syutingnya. Rumah-rumah yang berada di dekat Sungai Bratas dicat dengan gambar-gambar tiga dimensi dan mural yang tampak nyata, lho. Cocok dijadikan tempat untuk berswafoto!

Itulah enam destinasi wisata Indonesia yang jadi populer setelah diangkat ke layar lebar. Cocok nih, dimasukkan sebagai destinasi libur lebaran nanti.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here