Mengatasi Stres
Exercise kecil-kecilan juga bisa dilakukan di kantor

Halo Inspirator! Semoga selalu dalam keadaan sehat dan bersemangat ya. Inspirator pernah merasa stres karena tekanan di kuliah atau pekerjaan? Kali ini tim Inspirator Freak mau sharing berbagai tips untuk mengatasi stres.

1. Selalu Bersosialisasi dan Jalin Hubungan Baik dengan Teman-temanmu

Mengatasi Stres
Bersosialisasi dengan teman membantu mengurangi Stres | Source: modernpest.com

Eitss, di sini yang dimaksud bukan hubungan sama pacar yaa, hehe. Yang dimaksud di sini yaitu Inspirator harus sadar bahwa bersosialisasi dan menjalin hubungan baik dengan teman ataupun rekan kerja bisa membantu atasi stres. Secara, manusia adalah makhluk sosial, jadi naturally dengan bersosialisasi kita juga bisa mengatasi stres. Jika ada masalah, jangan sungkan untuk menceritakan kepada teman yang Inspirator percaya. Setidaknya, dengan adanya teman curhat bisa mengurangi beban stres Inspirator.

2. Jangan Mager-an, Gerak dong

Exercise kecil-kecilan juga bisa dilakukan di kantor| Source: business2community.com
Exercise kecil-kecilan juga bisa dilakukan di kantor| Source: business2community.com

Salah satu sumber stres bisa datang nggak dari fikiran saja, melainkan juga dari badan kita. Bayangin kalo misalnya Inspirator cuma duduk di depan laptop, saking takut nggak terkejarnya pekerjaan atau tugas kita. Nah, kalau gitu Inspirator harus segera get moving, alias bergerak. Coba deh, setidaknya dalam sehari Inspirator bisa luangkan 30 menit untuk mini exercise. Kelamaan? Bisa kok dibagi, semisal 10 menit setiap Inspirator bisa break dari kerjaan Inspirator. Atau, berjalan ke luar dari tempat Inspirator menyelesaikan pekerjaan juga bisa meningkatkan mengatasi stres Inspirator.

3. Biar Nggak Stres, Jaga Pola Makanmu

Makan-makanan bergizi sangat penting untuk mengurangi stres| Source: fitellite.com
Makan-makanan bergizi sangat penting untuk mengurangi stres | Source: fitellite.com

Stres terkadang juga dipengaruhi pola makan. Mungkin Inspirator nggak sarapan pagi sebelum ngampus atau kerja, ataupun karena saking sibuknya dengan pekerjaan jadi lupa makan siang. Wah, hati-hati Inspirator. Selalu pastikan bahwa asupan nutrisi Inspirator terpenuhi ya. Contohnya bisa dengan memperbanyak konsumsi makanan berserat dan kurangi konsumsi gula serta karbohidrat olahan yang berlebihan. Selain menghindari stres, Inspirator juga bisa mengurangi resiko penyakit komplikasi di kemudian hari.

4. Jangan Sok Insomnia, Tidurlah yang Cukup

Bukan Insomnia, tetapi kecanduan gadget yang buat waktu tidur berkurang | Source: shopify.com
Bukan Insomnia, tetapi kecanduan gadget yang buat waktu tidur berkurang | Source: shopify.com

Satu fenomena yang sudah umum saat ini yaitu generasi muda kini sulit sekali lepas dari gadget. Karena gadget, waktu tidur malam yang mestinya bisa dipercepat jadi tertunda. Seems familiar, Inspirator? Jika ya, yuk kurangin cek sosial media Inspirator, serta segala aktivitas di gadget yang mengurangi waktu tidur Inspirator. Terkadang, that ‘so-called insomnia’ itu sebenarnya satu bentuk dari kecanduan gadget lho, Inspirator. Yuk, cukupkan tidur Inspirator agar tingkat stres juga berkurang.

5. Prioritas Serta Organisir Pekerjaan-pekerjaanmu

Buat prioritas pekerjaan yang harus diselesaikan terlebih dahulu | Source: mindtools.com
Buat prioritas pekerjaan yang harus diselesaikan terlebih dahulu | Source: mindtools.com

Multitasking tidak selamanya efektif. Jika terlalu banyak pekerjaan yang Inspirator handle di waktu bersamaan, di situ tingkat stres Inspirator bisa naik. Makanya, yuk belajar untuk prioritaskan mana pekerjaan yang harus dilakukan terlebih dahulu oleh Inspirator, dan mana pekerjaan yang bisa dilakukan setelahnya. Jadi, pikiran Inspirator bisa lebih fokus di satu task, berlanjut ke task lain setelahnya.

6. Mengatasi Stres? Hindari Pikiran-Pikiran Negatif

Selalu berpikir optimis, hindari pikiran negatif yang bisa buat Inspirator stres | Source: daniel-fast.com
Selalu berpikir optimis, hindari pikiran negatif yang bisa buat Inspirator stres | Source: daniel-fast.com

Pikiran Inspirator sendiri bisa jadi sumber stres, lho. Ketika dihadapkan ke pekerjaan yang berat, bisa aja Inspirator langsung pesimistis dan bisa menimbulkan stres ketika deadline-nya hanya sebentar. Coba untuk kurangi pikiran negatif tersebut, berpikir positif bahwa pekerjaan tersebut bisa dilakukan. Anggap pekerjaan tersebut bisa menjadi milestone atau batu pijakan Inspirator guna menghadapi tantangan-tantangan yang lebih sulit kedepannya. Itu dia tips mengatasi stres dari Inspirator Freak.

Gimana, apa Inspirator punya cara-cara lain untuk mengusir stres?

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Penulis : Agung Tyanto Editor   : Siti Ayu Handayani

Inspirator Freak

SHARE
Previous articleKomitmen Astra Menciptakan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak di Jakarta
Next articleGoogle Enggan Bayar Pajak, Indonesia Harus Bertindak Begini!
Mahasiswa Kriminologi yang gemar football punditry. Menebar kebermanfaatan dan inspirasi bersama Inspirator Freak.

LEAVE A REPLY