6 Budaya Indonesia yang Ditetapkan UNESCO Sebagai Karya Agung Warisan Budaya Lisan dan Non Bendawi Manusia
Ilustrasi budaya Indonesia

Indonesia sangat kaya akan keragaman budaya, dari Sabang hingga Merauke tersimpan jutaan budaya yang diwariskan secara turun temurun. Namun ada beberapa budaya di Indonesia yang secara resmi telah diakui oleh UNESCO. Berikut adalah 6 budaya Indonesia yang diakui UNESCO sebagaiKarya Agung Warisan Budaya Lisan dan Non Bendawi Manusia (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) yang berhasil dirangkum.

1. Wayang

Warisan Budaya
Wayang kulit | Sumber : brownez-koekoez.deviantart.com
Wayang merupakan sebuah seni dalam bercerita atau bertutur yang berkembang di Pulau Jawa sejak ratusan tahun yang lalu. Dalam sebuah pertunjukan wayang terdapat perpaduan berbagai bentuk kesenian, yaitu seni rupa, suara, musik, dan sastra. Pada tanggal 7 November 2003, wayang ditetapkan UNESCO sebagai sebuah Karya Agung Warisan Budaya Lisan.

2. Keris

Warisan Budaya
Keris | Sumber : kebudayaanindonesia.net
Keris merupakan senjata yang mempunyai bentuk unik dan khas yang telah digunakan orang-orang di Nusantara dari ratusan tahun silam. Fungsi keris kini bukan lagi untuk senjata, namun sudah menjadi aksesoris dalam berbusana saat acara tertentu di beberapa daerah sebagai simbol budaya. Selain itu banyak juga yang menjadikan keris sebagai barang koleksi. Pada tanggal 25 November 2005, UNESCO menetapkan keris sebagai Karya Agung Warisan Budaya Non Bendawi Manusia.

3. Batik

Warisan Budaya
Batik | Sumber : akar-media.com
Batik merupakan kain bergambar dari Indonesia yang dalam pembuatannya menggunakan cara yang khusus dan khas. Batik memiliki banyak corak dan motif yang masing-masing memiliki makna dan filosofi tersendiri. Biasanya batik digunakan ketika menghadiri sebuah acara resmi. Sejak tanggal 2 Oktober 2009, batik ditetapkan UNESCO sebagai salah satu Karya Agung Warisan Budaya Non Bendawi Manusia.

4. Angklung

Warisan Budaya
Angklung | Sumber : obozrevatel.com
Angklung adalah alat musik unik bernada ganda yang dibunyikan dengan cara digoyangkan. Alat musik ini terbuat dari bambu dan memiliki beberapa ukuran. Angklung diperkirakan sudah ada sejak ratusan tahun lalu dan secara tradisional berkembang dalam masyarakat sunda di Jawa Barat. Pada tanggal 16 November 2010, angklung terdaftar sebagai Karya Agung Warisan Budaya Non Bendawi Manusia.

5. Tari Saman

Warisan Busaya
Tari saman | Sumber : sumutpos.co
Tari saman merupakan tarian adat Aceh yang biasanya ditampilkan saat acara-acara adat. Keunikan tari ini adalah dalam penampilannya tidak diiringi oleh alat musik seperti tarian lainnya, tarian ini hanya diiringi suara dan tepuk tangan penarinya. Tari saman menjadi salah satu tarian yang banyak dipelajari baik di dalam maupun di luar negeri sehingga tari saman kerap dijadikan ikon Indonesia dalam festival budaya dunia. Sejak tanggal 24 November 2011, tari saman ditetapkan UNESCO sebagai Karya Agung Warisan Budaya Lisan dan Non Bendawi Manusia.

6. Noken

Warisan Budaya
Noken | Sumber : kebudayaan.kemdikbud.go.id
Noken merupakan tas tradisional masyarakat Papua yang terbuat dari serat kulit kayu. Noken biasa digunakan oleh masyarakat Papua untuk membawa hasil-hasil pertanian dan juga barang-barang dagangan ke pasar. Keunikan noken ini adalah dalam cara membawanya, noken dibawa menggunakan kepala. Pada tanggal 4 Desember 2012, noken secara resmi masuk ke dalam daftar Warisan Budaya Non Bendawi Manusia.   Keep Breathing Keep Inspiring! Penulis : Bayu Andika Editor   : Andreas Maydian Puspito Inspirator Freak Twitter: @InspiratorFreak Facebook : facebook.com/InspiratorFreak Instagram : @inspiratorfreak web : www.inspiratorfreak.com LINE : @inspiratorfreak (menggunakan @)  

LEAVE A REPLY