Kanker termasuk penyakit dengan tingkat kematian tinggi dan paling ditakuti. Sebenarnya, penyakit kanker bisa kita hindari dengan menerapkan gaya hidup sehat dan mengonsumsi makanan alami kaya gizi.

Banyak jenis tumbuhan dipercaya memiliki khasiat mencegah, bahkan mengobati, berbagai penyakit, salah satunya kanker. Siapa sangka, beberapa tumbuhan yang sering kita lihat sehari-hari ini mampu mencegah kanker.

Yuk, simak lima tumbuhan pencegah kanker yang mudah didapat berikut ini!

1. Tomat

tomat - tumbuhan pencegah kanker
photo source: https://medium.com

Siapa yang tidak kenal tomat? Si merah yang sering kita makan bersama sayur-sayuran lainnya ini ternyata pencegah kanker, lho! Berdasarkan penelitian, tomat memiliki sifat antikanker yang mampu menghambat pertumbuhan sel kanker, bahkan mematikan sel kanker.

2. Bawang putih

bawang putih - tumbuhan pencegah kanker
photo source: https://www.livestrong.com

Kalau yang satu ini dijamin mudah banget didapat dan pasti ada di dapurmu. Ya, bawang putih tidak hanya membuat masakan kita menjadi sedap, tapi juga membantu tubuh kita untuk mencegah kanker.

Banyak penelitian mengungkapkan bahwa bawang putih bersifat anti-karsinogenik. Anti-karsinogenik itu mampu melawan sel kanker serta meningkatkan kekebalan tubuh kita.

3. Kunyit putih

kunyit putih, temu mangga - tumbuhan pencegah kanker
photo source:: https://www.deherba.com

Kunyit putih disebut juga “temu mangga” karena aromanya mirip mangga. Kunyit putih ternyata kaya kandungan yang mampu mengobati kanker dan tumor, antara lain ribosome inactivating protein (RIP), anti curcumin, dan anti oksidan.

Dengan kandungannya itu, kunyit putih bisa mengobati kanker payudara, kanker paru-paru, kanker leher rahim, hingga kolesterol. Tidak hanya itu, kandungan antioksidan pada kunyit putih mampu mencegah kerusakan sel, RIP berperan membunuh sel kanker, dan anti curcumin berfungsi sebagai antiinflamasi.

4. Manggis

manggis - tumbuhan pencegah kanker
photo source: https://hellosehat.com

Buah berdaging putih ini juga dikenal sebagai pencegah kanker karena kandungan senyawa bernama xanthone.

Selain itu, manggis juga memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan. Kandungannya itu dapat mencegah kerusakan sel, menghambat degenerasi sel, dan menangkal radikal bebas.

5. Brokoli

brokoli - tumbuhan pencegah kanker
photo source: https://www.bbcgoodfood.com

Hayo, siapa yang tidak suka brokoli? Jangan sepelekan khasiat brokoli untuk kesehatan kita, ya! Penelitian yang dimuat dalam Journal of  Nutritional Biochemistry mengungkapkan bahwa brokoli mengandung zat yang mampu menghambat pertumbuhan sel kanker.

Brokoli mengandung zat sulforaphne yang berperan untuk mencegah kanker dan menghambat pertumbuhan kanker. Harap diingat, kita harus memperhatikan teknik memasak brokoli karena semakin tinggi suhu memasaknya, semakin banyak zat bergina yang hilang. Masaklah brokoli dalam suhu sedang dan jangan terlalu lama.

Itu dia lima tumbuhan pencegah kanker yang mudah didapat. Yuk, Inspirator, mulai saat ini ajak orang-orang di sekitar kita supaya jangan malas mengonsumsi sayur ataupun buah yang baik bagi tubuh kita!

Bulan Ramadan sebentar lagi tiba, nih! Butuh rekomendasi cafe asyik untuk bukber bareng teman-teman? Ke sini saja.

Atau cuti bersama nanti kamu mau merencanakan traveling bareng teman-teman? Wajib simak tipsnya di sini, biar tambah seru!

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY