5 Tips Membangun Personal Branding Untuk Mahasiswa di Dunia Maya

personal branding
Sumber : https://www.pexels.com/photo/adult-books-business-coffee-374016/

Apakah Personal Branding di internet itu penting? Saat ini kita sudah masuk di era digital, yang mana segala informasi tentunya akan sangat mudah dan cepat untuk dicari dalam beberapa klik saja. Bahkan ada banyak sekali pihak yang mengatakan bahwa personal branding-mu adalah apa yang “google” tampilkan ketika seseorang mengetikkan namamu di mesin pencarian paling populer di dunia tersebut. Pertanyaannya sekarang, apakah kalian pernah mengetes untuk mencari nama kalian di google dan melihat apa hasilnya? Apakah sesuai dengan harapan dan branding yang ingin kamu tunjukkan?

Personal Branding sangatlah penting, karena ini menyangkut persepsi orang lain terhadap dirimu. Saat ini sudah sangat lumrah seorang HRD atau user akan mengecek rekam jejak digital seseorang sebelum melakukan keputusan untuk memperkerjakan seseorang. Apabila dicari dan tidak ada hasilnya, maka kemungkinan diterima akan semakin tipis. Atau ternyata, jika kamu ketahuan sering curhat di media sosial dan pernah membagikan konten negatif, maka ini juga akan menjadi bahan pertimbangan sendiri bagi perusahaan untuk merekrutmu.

Oleh karena itu, penting sekali untuk menciptakan sebuah personal branding–khususnya di dunia digital. Simak tips untuk membuat personal branding yang baik di dunia digital berikut ini:

1. Share konten yang sesuai dengan personal brand kamu

Sumber : https://www.pexels.com/photo/action-adult-aperture-blur-320617/

Apabila kamu ingin dikenal sebagai orang yang ahli di bidang tertentu, maka rajinlah untuk membagikan konten tersebut di media sosialmu. Contohnya, kamu suka banget dengan otomotif, maka tunjukkan dengan postingan-postingan yang berbau otomotif.

2. Gunakan foto profil yang sesuai dengan personal brandmu

Sumber : https://www.pexels.com/photo/man-woman-dark-girl-50998/

Foto profil merupakan thumbnail atau kemasan dari profil kamu di media sosial. Silahkan pilih dan gunakan foto profil yang sesuai dengan personal branding yang kamu inginkan supaya orang lain mudah untuk mengingatmu.

3. Perbarui terus profilmu di LinkedIn

Sumber : https://indianaffiliateprograms.com/form-professional-beneficial-links-linkedin/

Saat ini–baik para professional maupun pengusaha–menggunakan LinkedIn sebagai portofolio mereka. Mencantumkan pengalaman, riwayat pendidikan, penghargaan, komunitas dan pekerjaan bisa tersusun dengan rapih melalui LinkedIn. Hampir semua HRD pasti akan mengecek profil calon karyawan melalui LinkedIn. Jadi, pastikan kamu meng-update secara berkala dan minta teman-teman untuk meng-endorse tentang kemampuanmu.

4. Memiliki personal website

personal branding
Sumber : https://www.pexels.com/photo/adult-books-business-coffee-374016/

Tidak banyak orang yang berpikir untuk membuat web pribadi. Tapi, hal ini bisa menjadi pembeda dirimu dengan yang lain. Dengan menggunakan wordpress, kamu bisa membuat website-mu sendiri dengan template yang sangat mudah digunakan. Pastinya, juga harus didukung dengan hosting wordpress yang mumpuni dengan biaya terjangkau. Pada website ini, kamu bisa menuliskan topik yang kamu kuasai dan jangan lupa harus sesuai dengan personal branding yang kamu inginkan. Pastikan juga untuk memilih web hosting terpercaya agar website kamu tidak sering down.

5. Sediakan personal web dan media sosialmu pada setiap kesempatan

Sumber : http://www.stadiumcreative.com/vintage-business-cards/21-best-vintage-style-business-cards-free-premium-templates-vintage-business-cards-2/

Ketika kamu sudah memiliki personal website dan media sosial yang baik, jangan lupa untuk mempromosikanya pada setiap kesempatan. Sertakan dua hal tersebut di dalam kartu nama dan juga bahan presentasimu, sehingga semakin banyak orang yang akan aware dengan kehadiranmu di dunia maya.

Selamat mencoba 5 tips membangun personal branding untuk mahasiswa di dunia maya. Ingat, hal terbaik untuk meraih sesuatu selalu diawali dengan action dan keberanian untuk mencoba. Semoga sukses meraih kareir dan masa depanmu ya, Inspirator!

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here