Ini Dia 5 Teknologi Canggih Nelayan Untuk Mencari Hasil Laut

teknologi
Foto: Tempo.co

Inspirator pastinya tau kan kalau Indonesia adalah negara maritim yang kaya akan beraneka ragam kekayaan laut? Sebagai salah satu negara maritim terbesar di dunia, perikanan dan kelautan menjadi salah satu pilar perekonomian utama yang menunjang ekonomi Indonesia. Hal ini terbukti dengan banyaknya penduduk lokal Indonesia yang bekerja sebagai nelayan. Terutama mereka yang tinggal dekat pesisir pantai.

Dulu nelayan mengandalkan perkiraan dan keberuntungan untuk mencari ikan. Sekarang, mereka dapat mencari ikan lebih cepat dan lebih banyak dengan bantuan teknologi. Terlebih lagi di zaman yang serba modern, banyak gagasan dan teknologi terobosan diciptakan untuk membantu kegiatan kita sehari-hari. Salah satunya adalah teknologi yang dapat membantu nelayan untuk mencari lebih banyak ikan saat melaut.

Apa saja sih 5 teknologi canggih nelayan itu? Berikut Inspirator Freak akan bahas mengenai 5 teknologi canggih yang dipakai nelayan untuk melaut.

  1. Sonar
    5 Teknologi Canggih Nelayan
    Sonar yang dipakai nelayan modern untuk mendeteksi ikan. (Foto: R  ifkymedia.wordpress.com)

    Sonar adalah alat pencari yang memanfaatkan gelombang suara. Alat ini di pasang pada bagian bawah perahu. Sonar memanfaatkan gelombang suara untuk mengumpulkan informasi dasar laut. Caranya, sonar melepaskan gelombang suara. Gelombang suara ini akan merambat ke arah yang telah di tentukan. Jika gelombang ini menabrak sesuatu, ia akan terpantul kembali ke alat penerima di perahu. Pantulan inilah yang kemudian menjadi informasi.

    Kekuatan gelombang yang memantul tergantung keras tidaknya benda yang ditabrak gelombang itu. Pantulan gelombang itu lalu diolah menjadi warna-warna dalam layar monitor alat penerima. Daerah keras akan menghasilkan warna yang berbeda dari daerah lunak. Tubuh ikan tertentu dapat memantulkan gelombang dengan kekuatan tertentu. Nelayan yang pintar dapat mengetahui warna mana yang menunjukkan ikan, mana karang dan lainnya.

  2. GPS dan Pengetahuan Alam
    5 Teknologi Canggih Nelayan
    GPS yang dipakai nelayan untuk menentukan lokasi pencarian ikan. (Foto: Fishwrecked.com)

    Salah satu alat penerima sinyal satelit adalah GPS (Global Positioning System). Nelayan modern melengkapi perahu mereka dengan GPS ini. Ketika berlayar, mereka dipandu oleh satelit kearah daerah yang banyak ikannya. Jangan berpikir bahwa informasi gambar yang di kirim satelit adalah gambar sekelompok ikan. Akan tetapi, informasi itu berupa gambar yang menunjukkan peta laut, seperti kedalaman, suhu air laut dan jumlah plankton. Dari situ nelayan sudah bisa mengetahui di mana lokasi yang banyak ikannya. Nelayan paham bahwa ikan banyak terdapat di daerah yang hangat dan banyak planktonnya.

  3. Satelit Oceanografi
    5 Teknologi Canggih Nelayan
    Satelit Oceanografi tampak dari luar angkasa. Sumber: Rimanews.com/

    Satelit ini cara kerjanya mirip dengan sonar. Bedanya informasi satelit Oceanografi lebih lengkap daripada sonar. Selain susunan permukaan dasar laut, satelit juga menyediakan informasi tentang suhu air laut dan jumlah plankton. Informasi ini yang memancarkan gelombang sinyal ke alat penerima sinyal milik nelayan.

  4. Echo Sounder
5 Teknologi Canggih Yang Digunakan Nelayan Untk Melaut
Echo Sounder yang digunakan nelayan untuk menentukan lokasi ikan. (Foto: auticexpo.com)
Warna gema sounder atau pencari ikan ini digunakan untuk mencari ikan dan menampilkan kedalaman dan kontur dasar laut. Informasi yang ditampilkan pada layar berupa perpaduan warna.
Alat ini bekerja melalui pulsa/sinyal yang dikirim oleh transduser dalam lambung kapal. Sinyal tersebut dikirim ke dasar laut dan dipantulkan kembali ke atas dimana diterima oleh transduser yang sama. Keberadaan ikan pada radar digambarkan seolah-olah seperti denyut nadi – nyatanya adalah udara di kantung renang ikan yang membuat mereka terlihat oleh echo sounder. Warna ikan pada radar adalah oranye tua. Namun, ikan memiliki minyak di dalam kantung renang mereka, sehingga terkadang data tidak muncul dengan baik.
5. Net Recorder
5 Teknologi Canggih Nelayan
Net Recorder yang digunakan nelayan untuk mencari ikan. (Foto: Samyungenc.com)

Alat ini bekerja sepanjang sisi warna echo sounder. Layar memberikan informasi khusus di internet apabila ada ikan bergerak di bawah jaringan, dengan menggunakan data dari echo sounder kecil yang melekat pada jaring itu sendiri. Perekam warna bersih juga dapat mengukur lebar bersih, kapasitas/jumlah dan bahkan suhu di mulut bersih/ujung jaring. Nakhoda yang berpengalaman dapat memberitahukan tidak hanya tentang beberapa banyak ikan yang berhasil ditangkap, tetapi juga jenis ikan yang mereka tangkap.

Itu dia alat-alat canggih yang sudah mulai digunakan nelayan dunia saat ini. Walaupun begitu, peran nelayan tradisional masih terasa di lapisan masyarakat Indonesia. Mudah-mudahan mereka mendapat bantuan dari pemerintah agar dapat lebih memanfaatkan kekayaan alam yang ada di Indonesia. (II)

Keep Breathing, Keep Inspiring! 

Inspirator Freak 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here