5 Soft Skills yang Wajib Dimiliki Generasi Milenial

5 Soft Skills yang Dibutuhkan oleh Milenial
5 Soft Skills yang Dibutuhkan oleh Milenial

Dalam menerima karyawan di perusahaan, saat ini pejabat tidak hanya melihat hard skills yang dimiliki individu, tapi juga soft skills-nya. Soft skills atau yang disebut juga people skills adalah kemampuan yang membuat seseorang bisa berkomunikasi secara efektif dengan orang lain, yang sifatnya lebih intangible daripada hard skills. Generasi milenial dituntut lebih menguasai soft skills di dunia profesional. Di Indonesia, proporsi generasi ini cukup mendominasi, yaitu sebesar 34,45 persen atau lebih dari sepertiga masyarakat Indonesia. Lebih spesifik lagi, menurut data Badan Pusat Statistik, jumlah angkatan kerja milenial di Indonesia mencapai lebih dari 62,5 juta orang. Oleh karena itu, Inspirator harus tahu lima soft skills yang wajib dimiliki generasi milenial.

  1. Etika kerja yang baik

    Image result for work hard but smart
    Foto: https://twitter.com/saarthak_bakshi/

    Sebagai pekerja, generasi milenial harus memiliki sifat pekerja keras tanpa pamrih dan bertanggung jawab. Lakukanlah yang terbaik dalam menjalani pekerjaanmu dan nikmati setiap momennya. Dengan begitu, kamu mendapatkan banyak manfaat dan pelajaran dari tugas-tugasmu. Pupuk sikap rendah hati dan mau belajar. Jangan hanya mengharapkan hasil instan, bekerja keras dan bekerja cerdaslah!

  2. Bisa berkomunikasi secara efektif

    Related image
    Foto: https://www.altitudeadvisory.com.au/

    Ketika menjalin relasi dengan rekan kerja, ada beberapa aspek komunikasi yang perlu Inspirator perhatikan, antara lain mampu menyampaikan opinimu dengan jelas yang bisa dibantu dengan komunikasi nonverbal, seperti ekspresi wajah, gerakan tubuh, dan lainnya. Selain itu, kamu harus bisa menjadi pendengar yang baik dan berempati pada lawan bicara, misalnya melakukan kontak mata, bekerja sama dalam kelompok, dan mendengarkan orang lain tanpa menyela perkataannya.

  3. Mampu mengatur waktu dengan baik

    Image result for time management
    Foto: https://realbusiness.co.uk/

    Kemampuan mengatur waktu akan membantu Inspirator untuk menjadi lebih produktif. Mulailah belajar mencatat rencana kegiatanmu setiap hari. Tentukan prioritas pekerjaan yang perlu kamu selesaikan dan sesuaikan dengan tujuan yang hendak kamu capai. Terus motivasi dirimu untuk menjadi lebih baik dan fokus, tapi jangan lupa pertimbangkan preferensi bekerjamu, ya, misalnya kamu lebih suka bekerja hingga larut malam atau lebih produktif bekerja di pagi hari?

  4. Mudah beradaptasi dan fleksibel

    Related image
    Foto: https://ticketspy.nl/

    Dengan sifat mudah beradaptasi, kamu akan nyaman bekerja di lingkungan yang dinamis dan penuh tantangan. Apalagi di dunia ini tidak ada yang bersifat statis. Orang, lingkungan, dan pilihan-pilihan yang kamu miliki tidak linear dan tidak pula statis. Jika kamu fleksibel, kamu tidak akan bingung dalam merespons perubahan, melainkan sigap menanganinya. Kemampuan ini sangat diperlukan terutama pada saat darurat, misalnya ketika perusahaanmu mengalami krisis atau menghadapi masalah pencemaran nama baik. Sikap tenang diperlukan dalam menyelesaikan masalah.

  5. Memiliki kemampuan analitis

    Related image
    Foto: http://digitallearning.eletsonline.com/

    Kemampuan analitis berarti bisa menggambarkan dan menciptakan atau menawarkan solusi atas suatu masalah. Caranya, lakukan riset atas masalah dengan memperhatikan hal-hal rinci dari masalah. Inspirator harus bersikap terbuka dengan kemungkinan-kemungkinan dan juga peka. Kemudian, berpikirlah secara kritis tentang masalah dan tentukan solusi yang paling efektif untuk menanganinya. Sifat ini menunjukkan kemampuan Inspirator dalam menyelesaikan masalah.

Sebagaimana pernyataan Rosemary Haefner, Vice President of Human Resources di CareerBuilder, “Saying that you are a team player is not enough: you have to show it. Provide and example of how you worked on a team to accomlish a particular goal. Provide an example of a high-pressure situation that you handled with ease.”

Image result for https://www.vernoncc.co.uk soft skills
Foto: https://www.vernoncc.co.uk/

Nah, ternyata soft skills memiliki peran besar di dunia profesional. Dengan memiliki keterampilan sosial ini, Inspirator akan memiliki banyak keuntungan di dunia kerja, salah satunya sebagai kunci mencapai kesuksesan di masa depan. Walaupun beberapa kemampuan sulit untuk dimiliki, tapi dengan latihan dan jam terbang yang tinggi, Inspirator pasti bisa menguasainya.

Semoga lima soft skills ini bisa segera kamu kuasai, ya!

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here