Ingin Sukses? Ini 5 Skill yang Harus Kamu Miliki Di Tahun 2020

Merilis laporan World Economic Forum, pada 2020 akan terjadi revolusi industri keempat. Berbagai disrupsi pekerjaan akan muncul seiring semakin canggihnya teknologi. Tetapi, tenang saja, Inspirator. Sebagai manusia, kita masih punya skill yang tidak dapat dimiliki mesin Artificial Intelligence.

Skill- skill ini dapat kamu latih kok, Inspirator. Mulailah melatih beberapa keahlian baru mulai sekarang supaya kamu siap menghadapi revolusi teknologi tahun 2020 nanti. Penasaran kan, skill apa saja yang harus kamu miliki di tahun 2020 nanti?

1. Manajemen orang

Skill yang harus kamu miliki di tahun 2020
Foto: Pixabay

Manajemen orang adalah kemampuan leadership–bagaimana kamu bisa mengelola puluhan atau ribuan manusia yang memiliki kemampuan dan psikologi berbeda. Ini tantangan untuk kamu, karena setiap orang harus diperlakukan dengan cara berbeda. Skill ini memang tidak mudah, tapi harus kamu miliki. Kelak, skill ini menjadi pembeda antara manusia dan teknologi.

2. Penilaian dan pengambilan keputusan

Skill yang harus kamu miliki di tahun 2020
Foto: Pixabay

Kehidupan pasti mengalami perubahan, maka kamu harus mampu memprediksi apa yang akan terjadi di masa depan. Untuk itu kamu harus menguasai kemampuan mengambil keputusan yang tepat. Mengambil keputusan tidak mudah. Kamu harus punya kemampuan analisa yang baik dan wawasan luas supaya keputusan yang kamu ambil tepat sasaran.

3. Fleksibilitas kognitif

Skill yang harus kamu miliki di tahun 2020
Foto: eWEEK.com

Fleksibilitas kognitif bukan berbicara tentang multitasking, melainkan kemampuan untuk cepat berpindah fokus. Jika kamu mengerjakan A, pikirkan A saja. Di waktu lain, ketika kamu mengerjakan B, juga pikirkan B saja.

4. Berpikir kritis

Skill yang harus kamu miliki di tahun 2020
Foto: Pixabay

Jangan pernah merasa malu untuk bertanya, Inspirator. Kamu harus punya rasa keingintahuan yang tinggi dan berusaha mencari jawaban untuk menjawab rasa penasaranmu. Kemampuan untuk memiliki keingintahuan yang tinggi sangat diperlukan di tahun 2020 nanti. Tetapi, ada batasannya–jangan sampai kamu kepo dengan urusan pribadi orang.

5. Kecerdasan emosional

Skill yang harus kamu miliki di tahun 2020
Foto: Pixabay

Kemampuan ini berkaitan dengan skill memanajemen orang. Saat ini yang dibutuhkan bukan hanya IQ, tapi EQ juga. EQ bahkan dapat menentukan sukses atau tidaknya seseorang. Contoh sederhana bahwa kamu memiliki EQ tinggi adalah kamu bisa meredam amarah, bisa memisahkan antara masalah di kantor dan di rumah. Jika kamu bisa melakukannya dengan baik, tandanya kamu memiliki EQ tinggi.

Yuk, latih lima skill penting ini mulai sekarang untuk bekal suksesmu di 2020. Jika lima soft skill di artikel ini untuk mempersiapkan dirimu di tahun 2020, ada lima keahlian lain yang tetap dibutuhkan seiring perkembangan zaman.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here