5 Rekomendasi Lokasi Diving Terbaik di Indonesia

Photo: paradizhop.blogspot.com

Inspirator pasti setuju kalau Indonesia memiliki banyak lokasi diving yang indah. Berbagai lokasi menyelam di bawah laut berikut ini punya keindahan hewan laut dan terumbu karang yang menakjubkan, lho. Kalau kamu berencana untuk mengisi momen libur panjang tahun ini dengan olahraga diving, mari simak lima rekomendasi lokasi diving terbaik di Indonesia ini!

Raja Ampat

Photo: girlsthatscuba.com

Raja Ampat merupakan surga dunia yang memiliki terumbu karang paling beragam. Keindahannya mampu mencuri perhatian wisatawan di seluruh dunia. Untuk kamu yang ingin menyelam dan berenang bersama ratusan jenis hewan laut, Raja Ampat siap menawarkan pengalaman tak terlupakan.

Nusa Penida

Photo: nusapenida.com

Tempat ini juga menjadi lokasi diving favorit para diver. Kamu bisa berjumpa dengan ikan mola-mola yang langka dan pari manta. Wah, jadi nggak sabar untuk liburan, ya?

Pulau Komodo

Photo: diveselam.com

Selain terkenal sebagai satu-satunya habitat kadal terbesar di dunia, Pulau Komodo juga sering dijadikan lokasi diving. Lokasi diving di Pulau Komodo ada di empat titik, yaitu di Batu Tigam Batu Bolong, Pantai Merah, Tatawa Besar, dan Manta Point. Selain itu, Pulau Komodo juga dikenal sebagai rumah bagi pari manta, ikan mola-mola, dan hiu martil.

Derawan

Photo: paradizhop.blogspot.com

Pecahan surga yang terletak di Kalimantan Timur ini semakin mencuri perhatian wisatawan lokal maupun mancanegara akhir-akhir ini. Pantainya yang memiliki pasir putih, lautnya yang biru dan jernih sehingga terumbu karang dapat terlihat jelas, membuat Derawan menjadi lokasi diving favorit penyelam. Sudah tidak sabar ingin menjelajahi indahnya laut Derawan? Sila berkunjung ke beberapa titik diving terbaik, seperti di Pulau Kakaban, Pulau Maratua, dan Pulau Sangalak ya, Inspirator.

Alor

Photo: alor-divers.com

Kepulauan yang terletak di bagian timur Nusa Tenggara Timur ini juga punya titik diving terbaik di Indonesia. Beberapa titik penyelaman paling populer yaitu Half Moon Bay, Coconut Groove, dan Baruna’s Point. Terumbu karang di Kepulauan Alor ini masih sangat alami dan pastinya memanjakan mata.

Nah, itulah lima rekomendasi lokasi diving di Indonesia yang bisa kamu kunjungi. Sayangnya, masih saja ada penyelam yang merusak keindahan bawah laut dengan membuang sampah sembarangan. Untungnya, ada organisasi bernama Divers Clean Actionorganisasi yang aktif melakukan diving sambil membersihkan sampah di laut–yang sangat peduli terhadap kelestarian dan kebersihan laut.

Aksi mereka keren sekali, bukan? Kalau kamu ikut bergabung dengan organisasi ini, kamu bisa menikmati keindahan bawah laut sekaligus membantu menjaga kelestarian biota laut, lho.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here