5 perempuan yang menarik perhatian dunia
Ilustrasi

Maraknya berita di media massa yang menampilkan sisi inferioritas perempuan, mulai dari berita kekerasan seksual, pelecehan seksual, hingga kasus prostitusi menunjukkan bahwa masih adanya kesenjangan dalam urusan kesetaraan gender. Namun di luar sana, masih banyak perempuan-perempuan hebat yang memiliki kekuatan dan terus berkarya serta berkontribusi untuk dunia yang lebih baik. Berikut daftar 5 perempuan dengan kecerdasan, kepemimpinan, dan integritas yang patut di contoh, serta tengah banyak diperbincangkan hingga pertengahan tahun 2016 dari Inspirator Freak.

1. Virginia Raggi, Calon Walikota Perempuan Pertama di Roma

Virginia Raggi
Virginia Raggi | Sumber: www.iltabloid.it
Keputusan Virginia Raggi untuk mencalonkan diri sebagai Walikota Roma begitu mengejutkan publik Italia dan Eropa. Parasnya yang cantik membuat media di Eropa cenderung membahas penampilan fisik perempuan berusia 37 tahun ini. Dikutip dari France 24 (6 Juni 2016), beberapa media di Inggris dan Prancis menyebut Raggi yang mewakili partai Five Star Movement dengan julukan “Elegant Brunette” dan “Sexy Grillina”. Perempuan yang dulu berprofesi sebagai pengacara ini menyatakan bahwa pihak yang berkuasa di Roma saat ini adalah penjahat yang telah menghancurkan kota Roma serta merampas kehidupan masa kini dan masa depan kota tersebut.
Virginia Raggi berkampanye bersama penduduk kota Roma
Virginia Raggi saat berkampanye bersama penduduk kota Roma | Sumber: www.internazionale.it
Sebanyak 13 juta pemilih telah menyumbangkan suara mereka dalam pemilihan putaran pertama yang dilangsungkan pada tanggal 5 Juni 2016 lalu, sementara putaran kedua akan berlangsung pada 19 Juni mendatang. Raggi diprediksi akan memenangkan pemilihan dan menjadi Walikota perempuan pertama di Roma setelah berhasil meraih 36,7% suara (hasil survey Piepoli Institute for RAI) dan 30,5% (hasil survey Demos & Pi Institute) di pemilihan putaran pertama.

2. Angela Merkel, The Most Powerful Woman Versi Majalah Forbes 2016

Angela Merkel
Angela Merkel | Sumber: http://indy100.independent.co.uk/
Pada tangal 6 Juni 2016, Majalah Forbes baru saja merilis daftar World’s Most Powerful Women (Perempuan Paling Tangguh di Dunia) periode 2016 dan menempatkan Kanselir Jerman, Angela Merkel di urutan teratas. Ini merupakan kali kesebelas Angela Merkel terpilih untuk kategori tersebut. Merkel yang telah menjadi Kanselir Jerman sejak tahun 2005 terus menyita perhatian publik dunia melalui kebijakan Jerman yang menolak pembatasan jumlah pengungsi yang masuk ke negaranya (open door policy) dan menjadikan Jerman negara di Eropa yang menerima pengungsi dengan jumlah terbanyak.
perwakilan pemuka agama dan rakyat Armenia
Ucapan terima kasih perwakilan pemuka agama dan rakyat Armenia pada pemerintah Jerman pada saat penetapan resolusi | Sumber: www.voanews.com
Tidak hanya itu, bulan ini Angela Merkel kembali menjadi sorotan dunia setelah pada tanggal 2 Juni, Bundestag (Lembaga Perwakilan Rakyat tertinggi di Jerman) menyetujui resolusi yang secara resmi memperingati pembantaian rakyat Armenia dan umat kristen minoritas di Turki pada tahun 1915 dan 1916 sebagai peristiwa genosida. Keputusan ini memicu kemarahan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan. Erdogan menyatakan bahwa seharusnya Jerman berkaca terlebih dahulu pada peristiwa Holocaust dan pembantaian terhadap 100.000 orang di Namibia.

3. Angelina Jolie, Dosen Tamu di London School of Economics and Political Science (LSE)

Angelina Jolie
Angelina Jolie | Sumber: http://media.npr.org/
Karirnya di industri perfilman tidak membuatnya tenggelam dalam popularitas. Meski menjadi selebriti papan atas dunia, Angelina Jolie tidak menutup diri dari isu-isu yang menimpa dunia. Sejak tahun 2001, ia menjadi duta besar United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR) dan bekerja sebagai representasi UNHCR dalam 50 misi lapangan dan menjadi pembela para pengungsi di dunia. Dedikasi Jolie pada UNHCR selama 11 tahun membuatnya ditunjuk sebagai Special Envoy (Utusan Khusus) pada bulan April 2012. Hingga saat ini Angelina Jolie membantu UNHCR dalam urusan advokasi, menjadi representasi UNHCR, dan High Commissioner di tingkat diplomatik, serta terlibat dalam pengambilan keputusan terkait masalah pemindahan pengungsi.
Angelina Jolie memberikan kuliah umum
Angelina Jolie saat memberikan kuliah umum di London School of Economics and Political Science | Sumber: www.people.com
Tidak hanya karena dedikasinya di bidang kemanusiaan yang diapresiasi oleh banyak pihak, Angelina Jolie menyita perhatian dunia di tahun 2016 dengan baru-baru ini menjadi dosen tamu di salah satu perguruan tinggi paling bergengsi di dunia. Jolie menjadi memberikan kuliah umum mengenai dampak perang terhadap perempuan. Di tahun 2017 nanti, LSE memberitakan bahwa Angelina Jolie akan rutin mengajar untuk program master yang baru saja dibuka, yaitu Women, Peace, and Security.

4. Irina Bokova, Kandidat Sekretaris Jendral PBB

Irina Bokova
Irina Bokova | Sumber: http://fotos.starmedia.com/
Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) saat ini tengah dalam proses memilih sekretaris jendral (sekjen) yang baru, pasalnya masa jabatan Ban Ki-moon akan segera berakhir pada Desember 2016. Pemilihan Sekjen PBB yang baru kelak akan menorehkan sejarah baru karena untuk pertama kalinya dalam kurun waktu 71 tahun, PBB diprediksi akan memiliki sekjen perempuan pertama. Pada pemilihan kali ini, terdapat 5 kandidat perempuan. Menurut hasil diskusi Parlemen Inggris, Irina Bokova yang saat ini menjadi Direktur Jendral United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) dianggap sebagai kandidat kuat yang akan menggantikan posisi Ban Ki-moon. Ia bersaing ketat dengan mantan Presiden Slovenia, Danilo Turk.
Irina Bokova dan Vladimir Putin
Irina Bokova dan Vladimir Putin dalam pertemuan di St. Petersburg | Sumber: http://en.kremlin.ru/
Meski saat mengisi kuliah umum di University of Pennsylvania Irina mengaku bahwa ia tidak memiliki waktu untuk berkampanye, para pakar politik di wilayah barat tetap optimis Irina akan menjadi Sekjen PBB perempuan pertama. Pencalonan dirinya sedikit mengundang kontroversi karena ia dinilai memiliki latar belakang komunis dan akan ada banyak campur tangan Rusia dalam proses pemilihan nanti.

5. Hillary Clinton, Calon Kuat Presiden Amerika Serikat dari Partai Demokrat

Hillary Clinton
Hillary Clinton | Sumber: http://jonahengler.com/
Terus bersitegang dengan lawannya dari Partai Republik membuat nama Hillary Clinton tidak pernah lepas dari berita di media internasional. Apabila ia terpilih nanti, Hillary Clinton akan menjadi presiden perempuan pertama di Amerika Serikat. Untuk maju mewakili partainya, Clinton dan saingannya, Sanders, harus mengantongi 2383 suara dari para wakil (delegate) Partai Demokrat. Saat ini Hillary Clinton telah mengumpulkan 2184 suara. Hillary Clinton diprediksi akan membawa perubahan di Gedung Putih dengan menempatkan lebih banyak perempuan jika ia terpilih. Namun, hingga saat ini, kepastian Hillary Clinton untuk maju sebagai calon presiden dari Partai Demokrat masih dipertanyakan sebab ia masih harus memenangkan suara dari para super delegate atau para wakil yang suaranya masih dapat berubah-ubah hingga proses pemilihan nanti.   Keep Breathing, Keep Inspiring! Penulis: Lulu Fakhriyah Editor  : Siti Ayu Handayani

Inspirator Freak Twitter: @InspiratorFreak Facebook : facebook.com/InspiratorFreak

LINE : @inspiratorfreak (menggunakan @)
SHARE
Previous articleBANTU SOLIDARITAS ANAK MESIN
Next articleTULUS ,RAISA akan Tampilkan Musik Jazz Rasa “Banyuwangi” di Banyuwangi Beach Jazz Festival (BBJF) 2016

LEAVE A REPLY