5 Negara Paling Doyan Mecin di Asia–Indonesia Urutan Berapa, Ya?

Photo: tribunnews.com

Siapa yang tidak kenal bumbu penyedap monosodium glutamat (MSG) atau yang lebih akrab dengan sebutan mecin?

Beberapa tahun terakhir ini, MSG digunakan secara luas sebagai zat aditif makanan untuk menambah citarasa masakan. Dalam Chemical Economics Handbook disebutkan, takaran konsumsi MSG per hari di negara-negara Eropa, Timur Tengah, Amerika Serikat, Amerika Utara dan Amerika tengah sangat terbatas, yaitu sekitar 3-4 persen dari dosis normal yang dianjurkan.

Angka ini berbanding terbalik dengan persentase konsumsi MSG di negara Asia yang mencapai 94 persen dari total produksi mecin di dunia! Wah, jumlahnya besar sekali, ya. Nah, kira-kira Indonesia menempati urutan berapa dari negara-negara paling doyan mecin se-Asia? InspiratorFreak merangkumnya untukmu. Yuk, disimak!

1. Tiongkok

Berdasarkan pengamatan di laman typicalchinesefood.com, ada fakta yang menyebutkan bahwa masakan khas Tiongkok hampir 100 persen mengandung mecin. Mulai dari bahan saus siap pakai sampai snack kemasan yang diproduksi negara ini pun mengandung MSG. Wah, nggak heran kalau Tiongkok jadi negara peringkat pertama di Asia dalam urusan konsumsi MSG–alias negara paling doyan mecin.

2. Indonesia

Saat ini, penggunaan mecin banyak ditemukan di Indonesia. Alasan utamanya apa lagi kalau bukan untuk untuk menyedapkan masakan. Ironis ya, karena Indonesia sebenarnya negara kaya rempah. Ternyata, Indonesia peringkat dua negara paling doyan mecin se-Asia, Inspirator.

3. Thailand

Thailand punya ragam kuliner yang menggoda, baik rasa maupun penampilannya. Kuliner-kuliner Thailand yang gurih ini ternyata tidak lepas dari penggunaan MSG sebagai penyedap rasanya. Mereka doyan mecin juga ternyata.

4. Vietnam

Ada satu makanan khas Vietnam–Pho–yang sering dicampur MSG untuk meningkatkan citarasanya. Mi tipis putih ini disajikan dengan kuah kaldu, sayur-mayur, irisan daging sapi, dan tidak jarang juga ditambahkan dengan telur dan keju. Tetapi, kalau kamu berkunjung ke Hanoi, Vietnam, kamu bisa menanyakan ke penduduk lokal, restoran mana yang menyajikan makanan sehat tanpa tambahan mecin.

5. Taiwan

Kalau berkunjung ke Taiwan, mungkin kamu akan terkejut karena porsi makan di negara ini cukup berlimpah. Kalau biasanya makan sepiring nasi di Indonesia hanya dengan 2-3 jenis lauk, di Taiwan bisa sampai 8 jenis lauk, lho! Selain itu, beberapa sajian makanannya tidak terlepas dari tambahan MSG.

MSG memang membuat makanan jadi lebih lezat, namun kalau dikonsumsi secara rutin dan tidak terkendali ternyata dapat meningkatkan nafsu makan. Efek sampingnya tentu saja menyebabkan obesitas, lonjakan kolestrol, dan penyakit berbahaya lainnya.

Nah, untuk meminimalisir hal tersebut, upayakan untuk mengonsumsi MSG maksimal 0,65 gram per hari sesuai dengan batasan normal yang dianjurkan Departemen Kesehatan Republik Indonesia.

(Sumber: GueSehat.com)

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here