5 Negara Ini Juga Punya Tradisi Mudik, Lho

Photo: republika.co.id

Menjelang Hari Raya Idul Fitri, masyarakat Indonesia akan berbondong-bondong pulang ke kampung halaman masing-masing. Tradisi unik yang pasti kamu temui setiap tahun di Indonesia ini disebut mudik. Tahukah kamu, bukan Indonesia saja yang punya tradisi mudik ini? Lima negara ini juga punya tradisi mudik. Negara mana saja, ya?

1. Malaysia

Photo: kompas.com

Negara yang masih bertetangga dengan Indonesia ini punya tradisi mudik yang kurang lebih sama dengan di Indonesia. Saat lebaran, masyarakat Malaysia juga melakukan kegiatan saling memaafkan, mengunjungi makam keluarga, dan sebagainya. Kalau di Indonesia disebut pulang kampung, di Malaysia disebut balik kampung. Nah, tradisi mudik di Malaysia bukan saat lebaran saja, lho, tapi juga pada libur Imlek.

2. India

Photo: republika.co.id

Berbeda dengan Indonesia, tradisi mudik di India dilakukan menjelang Festival Cahaya–disebut juga Diwali–yang biasanya dirayakan pada Oktober atau November selama lima hari. Saat Festival Diwali berlangsung, rumah-rumah penduduk akan dihiasi lampu dan benda berkilau untuk memeriahkannya. Nah, festival ini dijadikan momen bagi penduduk untuk pulang kampung dan berkumpul bersama keluarga. Selain itu, banyak juga wisatawan yang datang untuk berlibur dan menyaksikan festival ini, lho.

3. China

Photo: brilio.com

Masyarakat China juga mengenal tradisi mudik, lho. Tetapi, karena libur lebaran di China tidak selama di Indonesia, masyarakatnya justru mudik menjelang perayaan Imlek. Perayaan Imlek di China juga lebih meriah daripada Hari Raya Idul Fitri; ini karena penduduk China mayoritas memeluk kepercayaan Kongfucu, Tao, dan Buddha.

4. Bangladesh

Photo: cnnindonesia.com

Bangladesh termasuk negara dengan jumlah penduduk muslim sangat banyak. Jadi, wajar sekali kalau masyarakatnya juga mengenal tradisi mudik menjelang Hari Raya Idul Fitri. Saat musim mudik, stasiun akan luar biasa padat oleh para pemudik. Masyarakat Bangladesh memang lebih senang naik kereta daripada transportasi umum lainnya, karena di sana masih banyak jalanan rusak dan fasilitasnya belum memadai. Makanya, kereta jadi satu-satunya transportasi paling favorit jelang mudik.

5. Turki

Photo: halallifestyle.id

Ternyata, tradisi mudik tidak hanya dikenal di Asia, lho. Contohnya, salah satu negara Eropa, yakni Turki, juga mengenal tradisi mudik. Tradisi ini dilakukan menjelang perayaan Idul Fitri, yang mereka menyebutnya Bayram. Pada momen ini, masyarakat Turki yang merantau akan pulang ke kampung halaman dan bersilaturahmi dengan tetangga. Wah, mirip dengan di Indonesia, ya!

Itulah lima negara yang juga punya tradisi mudik seperti di Indonesia. Meskipun tradisi pulang ke kampung halaman sering kali identik dengan kepadatan, masyarakat tetap melakukannya demi bisa berkumpul dengan keluarga. Nah, apakah tahun ini kamu punya rencana mudik juga, Inspirator? Selalu hati-hati di jalan, ya!

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here