5 Makanan yang selalu ada saat Perayaan Hanami di Jepang

sumber : hautedvie.com

Mekarnya bunga sakura pada akhir Maret sampai dengan awal april menjadi tanda datangnya musim semi di Jepang. Setelah melewati musim dingin yang cukup berat dan dalam waktu yang lama, masyarakat Jepang menyambut musim semi dengan antusias. Salah satu cara untuk merayakannya adalah dengan cara melakukan festival Hanami.

Hanami adalah tradisi yang telah dilakukan turun temurun oleh warga Jepang untuk menyambut datangnya musim semi. Hanami berasal dari kata hana wo miru atau berarti bunga. Ini merupakan tradisi warga Jepang untuk melihat keindahan bunga khususnya bunga sakura yang bermekaran pada awal musim semi. Mekarnya bunga sakura juga merupakan lambang kebahagiaan bagi warga Jepang. Perayaan Hanami juga merupakan cara warga Jepang untuk saling bersilaturahmi.

Umumnya Hanami di gelar di pegunungan atau beberapa taman di Jepang. Dan berlangsung selama beberapa hari sepanjang bunga sakura bermekaran. Dalam perayaan Hanami, seluruh warga Jepang baik keluarga, teman maupun kelompok-kelompok lain akan berkumpul bersama dibawah pohon sakura.  Mereka menggelar tikar lalu duduk, mengobrol dan melakukan banyak hal bersama-sama hingga malam. Tidak hanya itu, mereka juga membawa makanan-makanan khas Jepang untuk dinikmati bersama-sama.

Lalu apa saja ya makanan khas Jepang yang biasa dibawa saat perayaan Hanami? Kita lihat sama-sama yuk Inspirator!

  1. Bento

    Festival Hanami
    Sumber : Groupon.com

Bento atau bekal yang dibeli atau disiapkan sendiri dari rumah. Biasanya bento berisi nasi dengan lauk pauk serta sayuran yang ditata semenarik mungkin. Kotak yang digunakan untuk membuat bento pun dengan sangat mudah bisa di dapatkan di supermaket. Bento saat ini juga mulai digemari di Indonesia, terbukti dari beberapa restoran yang menawarkan menu bento.

  1. Dango

Festival Hanami
Sumber : Pinterest.com

Kue kecil berbentuk bulat atau dango ini memang tak pernah terlewatkan saat perayaan Hanami. Dango terbuat dari tepung beras yang diulen dengan air panas lalu di bentuk menjadi bulatan-bulatan kecil dan ditusuk dengan tusukan dari bambu. Dalam satu tusukan biasanya berisi 3 sampai 5 dango. Agar lebih menarik, biasanya dango dibuat berwarna-warni dan dinikmati dengan menggunakan saus yang terbuat dari kacang. Tidak hanya manis, ada juga dango yang rasanya asin dan biasanya disantap dengan saus yang terbuat dari kecap asin yang dicampur dengan kentang sebagai pengental.

  1. Onigiri

Festival Hanami
Sumber : Pinterest.com

Onigiri adalah makanan khas Jepang yang berupa nasi yang dipadatkan saat masih hangat dan dibentuk menjadi berbagai macam bentuk seperti bulat, segitiga atau berbentuk karung beras. Isi yang digunakan dalam onigiri pun bermacam-macam tergantung selera masing-masing.

  1. Sakura Mochi

Festival Hanami
Sumber : syakatsulabo.jp

Kue tradisional Jepang yang biasanya berwarna merah muda ini terbuat dari tepung beras biasa atau tepung beras ketan. Kue ini disajikan dengan dibungkus sehelai daun sakuran, itulah sebabnya disebut sakura mochi.

  1. Taiyaki

Festival Hanami
Sumber : specialfood.co.th

Taiyaki adalah makanan unik berbentuk ikan yang biasa dijadikan makanan penutup oleh masyarakat Jepang. Bahan untuk membuat taiyaki tidak jauh berbeda dengan adonan untuk membuat pancake. Kue ini biasanya berisi coklat, keju, vla atau sosis.

(Dewi Nurjanah/II)

Keep Breathing, Keep Inspiring! 

Inspirator Freak 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here