5 Makanan Khas Medan yang Wajib Kamu Coba!

Sumber: https://miburungdara.com/mbdw3b/wp-content/uploads/2016/04/BD_Mi-Gomak-Medan.jpg

Inspirator, momen liburan semakin dekat. Kamu pasti sudah tidak sabar ingin jalan-jalan. Apakah Inspirator berencana ke Medan pada musim liburan tahun ini? Sebelum kamu ke Medan, ada baiknya baca dulu artikel tentang 5 tempat wisata di Medan. Setelah kamu tiba di Medan nanti, pasti kamu ingin mencari makanan khas Medan, bukan? Nah, tidak salah lagi kalau kamu baca artikel ini. Yuk, cari tahu!

Sayur gurih tauco

Sumber: https://awsimages.detik.net.id/

Keunikan makanan ini adalah keberadaan tauco, fermentasi kedelai yang banyak dipakai di masakan Sumatra Barat. Tidak salahnya kamu mencoba makanan khas Medan ini suatu saat. Siapa tahu langsung ketagihan.

Soto Medan

Sumber: resepkoki.id

Wah, ternyata di Medan juga ada soto. Pada umumnya soto memakai daging ayam sebagai bahan dasar. Selain itu, ada kunyit untuk mendapatkan warna kuning. Apa bedanya soto Medan dengan kebanyakan soto di daerah lain? Perbedaannya ada di tambahan santan yang membuat tekstur soto menjadi lebih kental dan kuning pekat.

Bakso lembu

Sumber: https://4.bp.blogspot.com/

Jika selama ini yang kita tahu mi ayam dicampur bakso, bakso kuah, atau bakso isi telur, di Medan ada yang namanya bakso lembu.

Saksang

Sumber: http://www.dapurpalma.com/

Nah, yang ini tidak boleh kamu lewatkan–saksang. Saksang yang sangat disukai masyarakat suku Batak aslinya terbuat dari daging babi, sehingga jika kamu pemeluk agama Islam tentu saja dilarang keras mengonsumsinya. Tetapi, tenang saja, sekarang ada saksang yang terbuat dari daging ayam atau kerbau. Daging dicincang, lalu dibumbui dengan rempah-rempah dan santan, membuat semakin sedap.

Mie gomak

Sumber: https://miburungdara.com/

Kalau kamu melihat gambar di atas mungkin kamu mengira ini spageti. Betul, tapi ini “spageti” khas Medan, alias mi gomak. Kenapa disebut gomak? Istilah “gomak” (alias aduk-aduk) dipakai karena dulu pembuatan dan penyajian mi ini menggunakan tangan telanjang. Mi diambil langsung dari baskom dengan tangan untuk diletakkan di piring pembeli, setelah itu baru ditambahkan kuah. Wah, penasaran kan?

Itulah makanan khas Medan pilihan InspiratorFreak. Semoga Inspirator segera punya kesempatan liburan ke Medan dan bisa menikmati makanan khas Medan di atas.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here