5 Langkah Cerdas dan Efisien Tuntaskan Pekerjaan
Sumber: http://blog.im.edu.au

Siapa bilang kunci sukses itu cuma kerja keras? Kalau mau makin sukses, kerjalah dengan cerdas! Kalau kamu termasuk orang yang sering kewalahan dalam menyelesaikan berbagai macam pekerjaan dalam satu waktu karena deadline yang berdekatan, kamu harus ikuti 5 Langkah Cerdas dan Efisien Tuntaskan Pekerjaan berikut ini dan pastinya akan membuahkan hasil yang lebih optimal. Check these out!

  1. Berlatih Membaca Cepat

sumber: theodysseyonlline.com
Ilustrasi | Sumber: theodysseyonlline.com
Bukan berarti harus dengan irama terburu-buru dan terkesan seperti dikejar kereta api ya! Membaca cepat dapat dilakukan secara teratur dan efisien, sehingga dalam waktu yang singkat kita bisa langsung menangkap poin penting dari dokumen atau bacaan yang perlu kita baca. Rata-rata orang membaca 250 kata per menit. Ini berarti kira-kira kita memakan waktu 1-2 menit per halaman. Coba deh, tingkatkan jumlah kata per menit misalnya, menjadi 500 kata. Kita bisa dengan cepat membaca semua konten dalam separuh waktu! Nah, waktu yang tersisa, bisa kita gunakan untuk menyelesaikan pekerjaan yang lain.

  1. Priority Scale is a Must!

sumber: techrepublic.com
Ilustrasi | Sumber: techrepublic.com
Coba deh, mulai sekarang susun to-do-list dan urutkan tugas-tugas yang harus dikerjakan berdasarkan prioritasnya, misalnya sesuai jadwal deadline. Dengan begitu, kita jadi langsung tahu apa yang harus segera dikerjakan dan apa yang bisa ditunda terlebih dahulu tanpa menyia-nyiakan waktu yang tersisa.

  1. Latih Multitasking!

sumber: bryaanbazar.co.uk
Ilustrasi | Sumber: bryaanbazar.co.uk
Kebanyakan orang berpikir mungkin mahluk yang paling jago multitasking adalah para perempuan. Misalnya, perempuan biasa pakai make-up sambil chatting, nonton tv sambil menelepon plus menyapu, masak nasi sambil cuci piring dan lain-lain. Eits, jangan salah! Laki-laki juga bisa kok! Karena pada dasarnya, multitasking ini bisa dilatih. Mulailah dengan hal-hal sederhana seperti menggabungkan dua pekerjaan yang masih berhubungan, jangan langsung melakukan pekerjaan yang bertentangan seperti mengetik dokumen sambil senam pilates. Kan nggak nyambung…

  1. Efisiensikan Penggunaan Waktu

Sumber: lifehack.org
Ilustrasi | Sumber: lifehack.org
Time is money! Opportunity cost dalam penggunaan waktu bisa dijadikan pemacu untuk memanfaatkan waktu seefisien mungkin. Misalnya daripada menghabiskan waktu nonton tv yang programnya makin lama makin absurd, mending baca buku, susun strategi untuk tugas berikutnya, evaluasi pekerjaan, atau bikin karya yang bermanfaat. Kalau kita cukup pintar memanfaatkan waktu, bukan nggak mungkin waktu bisa berubah jadi uang beneran!  

  1. Pagi Hari, Kerahkan Energi dan Susun Strategi

sumber: conversationforabetterworld.com
Ilustrasi | Sumber: conversationforabetterworld.com
Saat pikiran masih segar setelah mengistirahatkan tubuh semalaman, dua jam setelah bangun tidur konon adalah waktu terbaik untuk membuat keputusan. Keputusan yang dibuat di pagi hari ketika pikiran segar akan menghasilkan hasil yang lebih sesuai dengan keinginan dan tidak terkesan dipaksakan. Itu dia beberapa langkah mudah untuk memulai kerjamu dengan lebih cerdas. Semangat bekerja! Keep Breathing, Keep Inspiring! Sumber: liputan6.com Idntimes.com Akuinginsukses.com Penulis: Lisa Angelia Editor  : Siti Ayu Handayani Inspirator Freak Twitter: @InspiratorFreak Facebook : facebook.com/InspiratorFreak

LINE : @inspiratorfreak (menggunakan @)

 

LEAVE A REPLY