5 Kuliner Khas Jambi yang Paling Populer–Kamu Sudah Coba yang Mana?

Photo: topikkuliner.com

Setiap daerah di Indonesia pasti memiliki kuliner khas yang bisa menjadi daya tarik wisata, tidak terkecuali Jambi. Kalau Inspirator sedang berkunjung atau berencana datang ke Jambi, ada beberapa kuliner khas Jambi yang sayang untuk dilewatkan, nih.

Penasaran apa saja kuliner khas Jambi yang paling populer dan harus kamu coba?

1. Tempoyak

Photo: pinterest

Mungkin kamu sudah tidak asing dengan nama makanan ini. Makanan berbahan dasar buah durian ini sering dijadikan menu utama di restoran-restoran di Jambi, selain itu juga digunakan sebagai bahan dasar gulai. Hm… pecinta durian nggak boleh melewatkan makanan satu ini, nih!

2. Kue gandus

Photo: resep masakan nusantara | kue gandus khas Jambi

Kue ini terasa legit karena terbuat dari tepung beras, sagu, santan, garam dengan taburan udang, ebi, ayam, daging giling, atau abon ikan. Kue gandus berbentuk bulat dan cocok dijadikan teman ngemil nih, Inspirator.

3. Nasi gemuk

Photo: http://ndakia.blogspot.com | nasi gemuk khas Jambi

Apa yang terlintas di pikiranmu saat mendengar nama makanan ini? Nasi gemuk sebetulnya hampir sama seperti nasi uduk yang sering kamu makan. Bedanya, nasi gemuk akan terasa lebih gurih karena ada campuran daun salam dan daun jeruk. EnakĀ dimakan selagi hangat!

4. Jus pinang

Photo: instagram @jambidelicious | jus pinang khas Jambi

Selain segar, jus pinang punya banyak khasiat, seperti meningkatkan ketahanan tubuh, melancarkan peredaran darah, dan mencegah masuk angin. Sesuai namanya, jus pinang terbuat dari buah pinang yang dicampur jahe merah, serai, cengkeh, dan gula merah. Minuman ini juga bisa dicampur dengan sebutir telur ayam kampung supaya lebih nikmat. Kamu tertarik mencobanya, Inspirator?

5. Kue kubang boyo

Photo: topikkuliner.com

Kue basah satu ini punya nama lain yang unik, seperti Pak Ipuk, Kubang Buaya, Anak Buaya, atau Buaya Berenang. Sesuai namanya, kue ini berbentuk unik menyerupai buaya. Dengan bahan baku tepung ketan yang diberi isian gula merah dan kelapa parut, kue ini disajikan dengan lumuran santan, lalu disajikan di wadah bergerigi yang menyerupai sisik buaya. Sepertinya enak, ya?

Itulah lina kuliner khas Jambi yang harus kamu coba saat berkunjung ke Jambi. Kamu ingin mencoba yang mana dulu, Inspirator?

Keep Breathing, Keep Inspiring!

1 KOMENTAR

  1. Memang kuliner daerah Sumatera itu menarik banget, ada ke-khas-an melayunya yang entah kenapa makin hilang di negri Indonesia ini.

    Kebetulan mimin juga orang Riau, hehe.. sama-sama daerahnya ya.. šŸ˜€

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here