5 Komunitas Literasi Yang Giat Tularkan Semangat Membaca

Foto: Instagram.com/bukubagi_ntt/

Selamat Hari Buku Nasional, Inspirator!

Sejarah mencatat, tanggal tersebut dipilih berdasarkan ide dari Abdul Malik Fajar, Menteri Pendidikan dalam Kabinet Gotong Royong pada 2002 lalu. Di hari itu yang sama bertepatan dengan momentum peresmian Perpustakaan Nasional pada 17 Mei 1980.

Hari Buku Nasional bertujuan untuk meningkatkan minat baca pada masyarakat Indonesia. Apalagi di Indonesia, minat membaca terbilang masih rendah. Kesadaran akan pentingnya membaca belum sepenuhnya diketahui oleh masyarakat Indonesia. Oleh karena itu muncullah beberapa beberapa komunitas yang peduli dan giat untuk kembali menularkan semangat membaca melalui gerakan mereka.

Apa saja komunitas inspiratif ini? Berikut daftarnya.

  1. Buku Berkaki

Foto: Instagram.com/bukuberkaki/

When a book walks, a dream works. Komunitas ini hadir karena panggilan untuk membuka akses jendela informasi dunia (buku), kepada anak-anak yang kurang beruntung serta meningkatkan minat baca mereka. Seperti namanya Buku Berkaki memfasilitasi koleksi bukunya untuk untuk berjalan-jalan dari suatu tempat ke tempat lain. Selain di Jabodetabek, kini Buku BErkaki hadir di Pontianak, Bandung, Jogjakarta, Surabaya, Lumajang dan Balikpapan.

2. Taman Baca Inovator

Foto: Instagram.com/tamanbacainovator/

Taman Baca Inovator (TBI) terbentuk dari keyakinan bahwa minat baca yang tinggi sangat penting dalam pendidikan anak dan pembentukan karakter anak. Rendahnya budaya baca, minimnya akses untuk materi bacaan yang baik dan bermutu adalah adalah faktor utama minat baca anak-anak kita di Indonesia cukup rendah.

TBI kerap mengadakan berbagai program menyenangkan untuk menarik minat anak untuk datang dan membaca. salah satunya adalah program Kreadta. Bersama dengan pegiat buku dari berbagai komunitas seperti Indoreadgram, Buku Bagi NTT, Campaign, dan Indorelawan, TBI menggelar aksi  Program Kereadt. Aksi ini merupakan upaya TBI untuk mendorong semangat semua orang untuk membaca dimana pun termasuk di kereta. Selain program, hingga saat ini TBI sudah memiliki 3 Taman Baca di daerah Tangerang dan Bekasi.

3. Indoreadgram

Foto: Instagram.com/indoreadgram

Gerakan yang diinisiasi oleh Intan  Siagian ini merupakan gerakan inisiatif sosial untuk meningkatkan minat baca, mengurangi tuna aksara dan menjadi Pemersatu Penggiat Literasi. Indoreadgram aktif mengkampanyekan pentingnya membaca dan membuat sejumlah aksi untuk menarik lebih banyak orang untuk membaca.

Salah satu program yang konsisten dilakukan adalah kampanye Indoreadgram di platform media sosial. Melalui tanda pagar #SeninPUISI #SelasaNOVEL #RabuKOMIK #KamisCeritaAnak, Indoreadgram mengajak siapapun untuk berbagi cerita tentang buku yang dibaca setiap harinya.

4. Buku Bagi NTT

Foto: Instagram.com/bukubagi_ntt/

Buku Bagi NTT merupakan sebuah komunitas sosial yang menyalurkan buku-buku dan berbagai macam peralatan sekolah di Nusa Tenggara Timur (NTT). Komunitas ini berusaha untuk mewujudkan pendidikan yang merata ke seluruh negeri. Diawali di Jakarta pada April 2014, kini komunitas BBNTT menyebar ke sejumlah daerah. Bahkan semangat berbagi buku untuk NTT ini  terasa sampai ke Hongkong dengan diinisasi pekerja migran asal NTT di Hongkong.

5.1001buku

Foto: Instagram.com/1001buku/

1001buku merupakan organisasi nirlaba, sebuah jaringan relawan dan pengelola taman bacaan anak yang didirikan di Jakarta pada bulan Mei 2002. Berangkat dari keprihatinan atas kurangnya keteresediaan akses atas bahan bacaan bagi anak-anak Indonesia, 1001buku melakukan pengumpulan dan pendistribusian bahan bacaan anak dan saran pengembangan kreativitas anak dari masyarakat. Selain itu, 1001buku juga memfasilitasi penguatan taman-taman bacaan anak yang tergabung dalam Jaringan Taman Bacaan Anak 1001buku.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Inspirator Freak

3 KOMENTAR

  1. @Forum Silaturahmi Nasional Pemuda Indonesia (FSNPI) Kami dari LSM GEMMA (Gerakan MAsyarakat Membaca) kami bermaksud mengajukan kerja sama sosial untuk sosialisasi dan peningkatan minat baca kalangan muda SMA-SMK se-Jakarta Timur. Tolong konfirmasi wa: 08558906850 Email: [email protected]

  2. Hai salam kenal ya sy dari pengelolah perpustakaan sekolah SMK NEGERI1KOTA SORONG ingin bergabung dalam group literasi atau taman baca ini mdh2an dgn mengikutinya sy dapat aspirasi baru dan semangat untuk membangun cakrawala ku mendatang boleh ya……oh iya saya kuliah saat ini dgn jurusan ilmu perpustakaan dan bekerja sebagai pengelolah perpustakaan bagi2 dong tips-tipsnya ka..agar sy dpt membuat program kerja dgn baik dan bisa membuat terang pelita kehidupan bagi yg membutuhkannya soalnya sy sendiri blum tau dan maksimal dlm membuat program kerja agar buta huruf dpt kt sm2 membasminya wassalam dri mahendra yulianto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here