Sumber: nul.is

Siapa bilang jika belanja itu mudah? Beragam produk palsu dan berbahaya yang marak beredar di pasaran tentu membuat kita cemas. Oleh karena itu, dibutuhkan kewaspadaan dan pengetahuan tersendiri dalam memilih suatu produk. Nah, dalam rangka memperingati Hari Konsumen Nasional, kali ini IF akan memberikan beberapa tips buat Inspirator untuk menjadi konsumen yang lebih cerdas.

1. Do your research

Sumber : https://realas.com
Sebelum membeli suatu produk, pastikan kamu mengetahui informasi produk tersebut secara rinci dengan bertanya, meminta saran, atau rekomendasi dari orang yang dipercaya. Inspirator juga bisa mencari informasi dengan membaca ulasan online atau web produk tersebut di internet. Bandingkan dengan produk lainnya yang serupa. Dan jangan lupa untuk mengecheck consumer report di beberapa forum maupun situs produk.

2. Belilah dari sumber tepercaya

Sumber: http://wojdylosocialmedia.com
Di zaman yang serba franchise ini, siapapun memang dapat menjadi penjual, termasuk teman atau keluarga kamu sendiri. Meski demikian, tetaplah behati-hati! Pastikan lebih dulu dari mana barang yang akan kamu beli? Apakah dari perusahaan ternama, apakah perusahaan tersebut telah terdaftar, dll. Jangan langsung latah membeli lantaran ditawari oleh teman atau kerabat.

3. Baca rincian produk

Sumber: http://www.hlabel.com
Luangkan waktu kamu untuk membaca informasi produk yang biasanya tertera di belakang bungkus kemasan. Jangan malu atau takut untuk mengajukan pertanyaan dan cari klarifikasinya jika diperlukan. Baca juga petunjuk pemakaian dan keselamatan sebelum menggunakan suatu produk. The information may seem like common sense, but it’s up to you to know it and follow it.

4. Belilah produk ramah lingkungan

Sumber: http://www.ashburton-house.com
Belilah produk yang ramah lingkungan atau yang menggunakan praktik produksi berkelanjutan. Tolak pula pemakaian kemasan boros dan hindari item yang memang benar- benar tidak dibutuhkan. Hindari kantong plastik dan bawa selalu tas belanja kamu.

5. Belilah produk lokal

Sumber: http://blog.beproudofindonesia.com
Ini mungkin terdengar cukup kontroversial dan memerlukan berbagai macam pertimbangan. Namun jika tidak dilakukan, kepercayaan masyarakat terhadap barang lokal akan terus menurun. Mungkin ini pilihan kamu, tapi ingatlah bahwa produk lokal kita tidak kalah kok dengan produk luar.   Keep Breathing Keep Inspiring! Penulis : Rafika Lifi Editor   : Kintan Lestari Inspirator Freak Twitter: @InspiratorFreak Facebook : facebook.com/InspiratorFreak

LINE : @inspiratorfreak (menggunakan @)
SHARE
Previous articleSouth East Asian Leaders Summit (SEALS) 2016
Next article5 Pesan Kartini untuk Perempuan Masa Kini 

LEAVE A REPLY