5 Kesalahan Sederhana Yang Mempersingkat Usia Gadgetmu

gadget
Ilustrasi: Brightside.me

Selamat pagi, Inspirator!

Kita semua sepakat, keberadaan gadget tak bisa dipisahkan dari aktivitas kita karena hampir semua kegiatan yang kita lakukan bersinggungan dengan gadget. Oleh karena itu gadget menjadi barang yang rentan rusak karena kebiasaan sederhana yang tidak kita sadari.

Tak jarang kita harus mengganti beberapa komponen gadget bahkan harus membeli baru karena kerusakannya yang cukup fatal. Jika Inspirator memiliki dana khusus untuk gadget mungkin tak masalah jika harus gonta ganti. Tetapi untuk Inspirator memiliki dana pas-pasan, ada baiknya mengetahui hal apa yg menyebabkan gadget cepat rusak.

Dilansir dari Brightside. Me, berikut 5 kesalahan sederhana yang penting Inspirator ketahui agar gadget lebih tahan lama.

  1. Mengisi daya baterai gadget

gadget
Ilustrasi: Brightside.me

Modern lithium-ion dan lithium-polymer baterai tidak memiliki efek memori (batteryuniversity), sehingga ponsel, tablet, dan laptop perlu diisi ulang tanpa harus menunggu baterai habis. Untuk meningkatkan daya tahan baterai gadget, Inspirator harus mengisi ulang lebih sering. Pilihan terbaik adalah untuk melakukannya setiap kali indikator daya baterai turun 10-20%.

Yang tak kalah penting adalah saat akan mengisi daya baterai, gunakan charger khusus gadget. Jangan menggunakan kabel USB yang disambungkan melalui soket laptop atau komputer.

2. Mengontrol temperatur gadget

gadget
Ilustrasi: Brightside.me

Ketika menggunakan laptop, hindari meletakkannya pada lutut atau menempatkannya di tempat tidur. Lubang ventilasi perangkat akan terhalang dan dapat menyebabkan overheating. Suhu tinggi adalah musuh terburuk dari baterai lithium-ion. Oleh karena itu, jangan biarkan gadget terkena sinar matahari langsung atau dekat dengan sumber panas. Solusi ideal adalah dengan menggunakan meja laptop atau kipas inbuilt.

3. Saat badai matikan gadget

gadget
Ilustrasi: Brightside.me

Bukan mitos loh, saat badai anjuran untuk tidak menyalakan gadget yang tersambung dengan aliran listrik. Saat terjadi badai sebaiknya matikan komputer atau laptop yang masih tersambung dengan perangkat listrik. Petir bisa merambat melalui saluran kabel listrik dan berisiko tersengat aliran listrik serta berisiko tinggi pada kerusakan gadget.

4. Menghilangkan debu

gadget
Ilustrasi: Brightside.me

Jika Inspirator membawa gadget dalam tas, port-nya bisa menjadi tersumbat dengan debu dan puing-puing kecil yang mungkin menyebabkan masalah dengan koneksi. Untuk menghapus puing-puing, matikan gadget dan bersihkan port dengan tusuk gigi. Sebaiknya gunakan tas khusus agar gadget lebih aman.

5. Perhatikan monitor

gadget
Ilustrasi: Brightside.me

Pastikan laptop atau monitor PC jauh dari sinar matahari langsung. Kontak langsung yang terlalu lama menyebabkan warna layar komputer memudar. Selain itu berhati-hatilah saat memegang monitor karena bagian ini sangat rentan. Untuk menghapus layar, lebih baik menggunakan tisu khusus.  Sebelum menutup laptop, selalu pastikan bahwa laptop dalam keadaan bersih.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Inspirator Freak

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here