5 Hewan Langka yang Terancam Punah–Salah Satunya Ada di Indonesia!

Photo: id.rbth.com | Macan Tutul Amur

Akhir-akhir ini, hewan-hewan langka yang hampir punah sedang menjadi perhatian dunia. Banyak faktor yang menyebabkan kepunahannya, seperti populasi yang semakin sedikit, perburuan liar, sampai rusaknya habitat.

InspiratorFreak merangkum daftar hewan langka yang saat ini terancam punah. Kita pasti sedih mendengar kabar ini, karena salah satu hewan langka yang terancam punah ternyata hanya ada di Indonesia lho, Inspirator.

1. Badak putih

Photo: donate.olpejetaconservancy.org | badak putih sudan

Masih ingat kisah Sudan, badak putih yang terpaksa disuntik mati tim dokter? Usia Sudan sudah 45 tahun dan dia mengalami komplikasi berbagai penyakit yang membuatnya sulit untuk berdiri. Setelah kepergian Sudan, badak putih dipastikan segera punah karena hanya tersisa dua badak putih betina di dunia.

2. Badak Jawa

Photo: greeners.id | badak jawa

Populasi Badak Jawa dulu banyak ditemukan di Asia Tenggara. Tetapi, saat ini Badak Jawa hanya ada di Indonesia, tepatnya di Taman Nasional Ujung Kulon. Badak mamalia besar paling langka ini kabarnya hanya tersisa 50 ekor.

3. Penyu belimbing

Photo: greeners.co | penyu belimbing

Penyu laut terbesar di dunia ini populasinya terus menurun akibat perburuan telurnya, memakan sampah plastik, sampai hilangnya habitat. Akhir-akhir ini, kamu juga pasti sering melihat kabar tentang hewan laut yang mati akibat memakan sampah plastik, bukan? Nah, untuk menghindari kepunahan hewan-hewan laut, jangan buang sampah plastik sembarangan ya, Inspirator.

4. Macan tutul amur

Photo: id.rbth.com | Macan Tutul Amur

Kepunahan spesies ini akibat perburuan ilegal dan rusaknya habitat macan tutul amur. Karena memiliki bulu bercorak indah, macan ini sering diburu atau dibunuh. Melihat kejadian ini, 15 LSM Internasional membentuk dukungan untuk perlindungan macan tutul Amur. Kini, sekitar 35 macan tutul masih hidup dan dilindungi.

5. Burung condor

Photo: hendryferdinan.wordpress.com | Burung kondor California

Burung dari California ini punya masa hidup hingga 50 tahun. Tetapi, manusia banyak melakukan perburuan dan menghilangkan habitatnya sehingga burung condor sekarang termasuk salah satu burung paling langka di dunia. Dengan berbagai usaha pelestarian, burung condor saat ini tersisa 332 ekor.

Sebenarnya, masih banyak hewan langka yang terancam punah di dunia. Sedih mendengarnya ya, Inspirator. Untuk melestarikan keberadaannya, kamu bisa mendukung perlindungan hewan-hewan ini dengan berbagai cara, seperti berdonasi pada LSM tepercaya, tidak menangkap hewan langka untuk kepentingan pribadi, dan tidak merusak habitat hidupnya. Kamu siap untuk melakukan aksi ini, Inspirator?

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here