5 Hal yang Perlu Dilakukan Untuk Mengurangi Stress Dalam Hidupmu

Hanya kamu yang bisa memahami siapa dirimu dan apa yang dirimu butuhkan.

Memacu diri untuk mencapai taraf hidup yang lebih baik memang hal yang sah-sah saja, Inspirator. Karena kamu berhak membangun kehidupan yang kamu inginkan. Tetapi, tidak terasa sedikit demi sedikit ada saja ambisimu yang “menggiring” ke arah mencemaskan bahkan banyak bebannya. Sehingga kondisi pagimu pun tidak menjadi lebih baik, karena ambisi itu masih membelenggu sejak akan tidur pada malam sebelumnya, hingga kamu bangun keesokan paginya.

Di sini, Inspirator Freak akan memberikan tips pelipur lara saat kamu mengalami stress dan tekanan dalam hidup.

1. Hidup Sederhana

Pahamilah hidup hanya sekali dan bersyukurlah saat kamu masih diberi kesempatan untuk bertemu dengan hari esok
Hidup hanya sekali dan bersyukurlah kamu masih diberi kesempatan untuk bertemu dengan hari esok.

Meskipun memiliki kemampuan finansial yang berlebih, lantas bukan berarti kamu bisa jumawa untuk membeli apapun yang kamu inginkan. Semakin kamu memiliki barang-barang mewah yang beragam, tanpa kamu sadari hal itu justru semakin menambah bebanmu. Karena kamu butuh biaya perawatan dan operasional agar barang mewah yang kamu miliki tetap dalam kondisi baik.

Memilih sederhana, membuatmu fokus menjalani hidup pada hal-hal penting yang harus dilakukan. Selain itu, kamu pun bisa fokus pada kegiatan yang kamu cintai, itu akan membuatmu memahami arti melakukan pekerjaan yang dilakukan dengan cinta. Menjalani hidup yang sederhana, akan membuatmu menjadi lebih mudah, karena dapat memberikan kesempatan dirimu sendiri, untuk membuka mata pada kenyataan bahwa hidup ini hanya sekali.

Jangan sampai kamu dikendalikan oleh derasnya arus gaya hidup, yang menganggap kesenangan dan kenikmatan materi sebagai tujuan utama dalam hidup.

2. Jadilah Versi Terbaik Dirimu Sendiri

Cinta dirimu sendiri. Jangan menjadi kamu versi orang lain.
Cinta dirimu sendiri. Jangan menjadi kamu versi orang lain.

Terlarut untuk selalu melihat hijaunya rumput tetangga, hanya akan membuatmu merasa tidak pernah puas. Cobalah untuk memberi kontrol terhadap diri sendiri, jangan sampai kamu didikte trend yang terus berkembang. Yup! Kendalikan dirimu. Jangan mau diperbudak oleh iklan produk yang membuat khilaf mata, Inspirator.

Penuhi apa yang menjadi kebutuhanmu, bukan apa yang menjadi keinginanmu. Pintarlah menyikapi dirimu berdasarkan apa yang kamu miliki. Suatu ketika ada orang yang menyukaimu, maka ia akan menyukai apa yang sesungguhnya itulah dirimu bukan dirimu yang semu.

3. Memberi

Enggak perlu uang. Cukup ulurkan tanganmu untuk dia yang membutuhkan.
Enggak perlu uang. Cukup ulurkan tanganmu untuk dia yang membutuhkan.

Mencari berkah kehidupan sangatlah berharga bahkan bisa membuatmu menjadi lebih bahagia. Kamu tidak harus memberi uang sebesar Rp90 miliar seperti Leonardo DiCaprio untuk hutan di Sumatera. Berikan apa yang sesuai dengan kemampuanmu, bisa berupa tenaga, ilmu, maupun doa.

Berikan sesuatu dengan ikhlas maka kamu akan mendapatkan balasannya kelak. Mungkin yang merasakannya bukan kamu, bisa saja orang tuamu, kakakmu, adikmu maupun siapa saja orang yang kamu sayangi.

4. Stop Ambisius. Meski Banyak Ladang & Tanah yang Bisa Dicangkul

Setiap orang pasti punya batas dan kamu salah satunya. Jangan forsir dirimu ya !
Setiap orang pasti punya batas dan kamu salah satunya. Jangan forsir dirimu ya !

Memaksa diri untuk selalu memiliki performa kerja yang tinggi akan membuatmu selalu berada dalam tekanan. Setiap orang pasti memiliki batas kemampuannya. Begitu juga kamu dalam membuat rencana, perlu mempertimbangkan segala resikonya.

Terlalu memforsir diri untuk berpacu dengan waktu demi suatu rencana bukanlah hal yang baik, bahkan akan menghasilkan sesuatu yang jauh dari yang kamu harapkan.

5. Hidup Seimbang

Hanya kamu yang bisa memahami siapa dirimu dan apa yang dirimu butuhkan.
Hanya kamu yang bisa memahami siapa dirimu dan apa yang dirimu butuhkan.

Mungkin kamu tidak pernah selesai dengan stress dan tekanan. Kamu bisa mencoba merefleksi dirimu sendiri, tentang apa yang sudah kamu capai dan berikan kepada orang-orang di sekitarmu. Menjadi pribadi yang terlalu konsumtif akan memberikan dampak yang buruk, karena kamu akan terlalu mudah mengeluarkan biaya demi menyokong apa yang menjadi keinginanmu.

Akhirnya, memforsir diri untuk kerja keras dan pengorbanan lebih yang harus kamu lakukan demi hal-hal yang kamu inginkan. Utamakan untuk selalu mensyukuri nikmat dan tekunilah hobimu agar kamu tidak stress.

Penuilis: Yoga Pratama

Editor: Arief Alqori

Inspirator Freak Keep Breathing, Keep Inspiring! Inspirator Freak Twitter: @InspiratorFreak Facebook : facebook.com/InspiratorFreak

LINE : @inspiratorfreak (menggunakan @)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here