5 Hal yang Harus Kamu Perhatikan Setelah Gajian

Sumber: cloudfront.net

Mendapatkan gaji bulanan tentu menyenangkan. Tapi, jangan sampai gaji yang sudah susah payah kamu dapatkan selama satu bulan tersebut habis tidak bersisa sebelum waktunya. Nah, coba perhatikan 5 hal ini setelah mendapat gaji bulanan supaya gajimu tidak numpang lewat saja.

Segera bayar kewajibanmu

Sumber: amazonaws.com

Kewajiban bulanan ini merupakan pengeluaran rutin yang apabila tidak dibayar justru akan berantakan. Misalnya, membayar sewa rumah, membeli pulsa, bayar tagihan listrik, dan sebagainya.

Sisihkan untuk menabung

Sumber: tstatic.net

Setelah selesai membayar kewajiban, kamu harus menyisihkan sekitar 20% dari gaji untuk menabung. Inspirator bisa menabung di celengan ataupun di rekening bank tertentu. Kalau sewaktu-waktu butuh “dana darurat”, uang tabungan ini akan sangat membantu.

“Sembunyikan” 50% sisa gajimu

Sumber: businessinsider.com

Terlalu bernafsu menghabiskan uangmu karena ada diskonan sampai membuatmu koma? Duh, jangan sampai ya, Inspirator. Apabila masih ada sisa uang dari gajimu, sembunyikan sebagiannya untuk disimpan apabila ada keperluan mendadak lain.

Jangan sampai lupa diri

Sumber: peluangusaharumahan.info

Kamu harus punya “rem” supaya kamu tidak terlalu konsumtif. Meskipun ada diskon dari toko online atau toko langgananmu, kamu harus berpikir ulang apakah barang tersebut benar-benar kamu butuhkan atau tidak? Untuk Inspirator yang ingin berbelanja tapi tetap hemat, simak tipsnya di sini.

Bayar secara tunai

Sumber: uangindonesia.com

Kehadiran kartu debit atau kartu kredit (alias kartu sakti), membuat Inspirator bisa belanja tanpa harus menggunakan uang tunai. Namun, kalau tidak bijak menggunakannya, Inspirator bisa saja jadi terlalu nafsu untuk berbelanja. Jadi, ada kalanya untuk tetap menggunakan uang tunai sebagai pembayaran utama.

Nah, coba terapkan 5 hal ini setelah mendapatkan gaji supaya uang bulananmu tidak habis begitu saja. Tetap semangat dan sebarkan tulisan ini ke orang-orang yang kamu sayang ya, Inspirator.

(Sumber: WomanTalk)

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here