Anak Muda, Ini 5 Hal Penting yang Wajib Kamu Ketahui Dalam Berorganisasi!

Organisasi
photo source: http://www.ssimt.edu.in

Apakah kamu anak muda yang senang berorganisasi? Atau baru ingin bergabung dalam sebuah organisasi? Mengikuti organisasi di kampus atau sekolah itu kegiatan yang keren dan bermanfaat, lho! Kita bisa dapat soft skill dan memperluas jejaring kita. Tetapi, ternyata ada hal-hal penting yang harus kita ketahui sebelum dan saat menjadi anggota organisasi. Apa saja? Yuk, simak lima hal penting yang wajib kamu ketahui dalam berorganisasi.

1. Kenali tujuanmu berorganisasi

photo source: https://www.thoughtco.co

Sebelum memutuskan untuk ikut suatu organisasi ada baiknya kita pikirkan dulu apa tujuan kita bergabung. Bagi sebagian anak muda, tujuannya masuk organisasi adalah untuk “mempercantik” CV, padahal bukan hanya itu yang bisa kita dapatkan dari organisasi.

Dengan berorganisasi, kita berkesempatan untuk menyalurkan passion, memiliki wadah untuk pengembangan diri, dan menjadi anak muda yang bermanfaat bagi sesama. Jika kita sudah tahu apa tujuan kita masuk organisasi, nantinya kita dapat menjalankannya dengan senang hati dan lebih bertanggung jawab.

2. Pahami cara kepemimpinan di organisasi

photo source: https://betterthansuccess.com

Setiap organisasi pasti memiliki pemimpin untuk dapat menciptakan integrasi yang baik dalam menjalankan visi dan misi. Tetapi, tidak semua organisasi memiliki cara kepemimpinan yang sama, lho.

Perlu diketahui, ada beberapa hal yang sudah menjadi budaya suatu organisasi, salah satunya dalam hal kepemimpinan. Jika sebelumnya kamu merupakan bagian dari organisasi lalu pindah ke organisasi yang lain, kamu harus paham dan beradaptasi dengan cara kepemimpinan organisasi barumu tersebut.

Jika kamu kurang suka atau merasa cara kepemimpinannya kurang baik, berilah saran dengan cara yang baik pula dan jangan memaksakan. Bagaimana pun, suatu organisasi akan berjalan dengan baik jika seluruh anggota dapat menerima satu sama lain.

 

3. Tanggung jawab dan komitmen

photo source: http://cpes-avignon.fr

Dalam suatu organisasi mungkin ada saja anggota yang sering mengabaikan tanggung jawabnya atau melupakan komitmennya. Jangan menjadi anak muda yang seperti itu ya, Inspirator! Ketika kita memutuskan untuk ikut suatu organisasi itu berarti kita sudah menyetujui untuk bertanggung jawab dalam job desk kita dan siap berkomitmen.

Komitmen merupakan hal yang penting dalam organisasi. Orang yang berkomitmen kuat dan menjalani tanggung jawabnya dengan baik akan lebih dihargai serta dibutuhkan, dari pada mereka yang pandai namun mengabaikan nilai-nilai tersebut.

 

4. Ungkapkan pendapatmu!

photo source: https://www.youworkforthem.com

Ketika kita berada dalam suatu organisasi kita akan bertemu orang-orang yang lihai berpendapat dan berkomunikasi. Terkadang hal tersebut bisa membuat kita ‘minder’, tapi jangan sampai kita jadi pasif dan malah takut memberi pendapat ya, Inspirator!

Beranikanlah dirimu untuk mengutarakan pendapat dalam hal apapun di organisasimu, dengan cara penyampaian yang baik tentunya. Memberi pendapat tak hanya bermanfaat untuk mengimprovisasi soft skill kita saja, tapi juga berguna untuk kemajuan organisasi tersebut. Ketika kita telah menjadi anggota, yakinlah bahwa organisasimu membutuhkan ide dan saranmu!

 

5. Konflik itu biasa, tapi harus profesional!

photo source: https://www.thegazette.co.uk

Berbeda pendapat dengan sesama anggota organisasi? Timbul konflik dalam mengerjakan jobdesk organisasi? Itu biasa, kok! Hal-hal tersebut pasti akan terjadi dalam sebuah organisasi. Tetapi, Inspirator harus ingat bahwa jangan sampai konflik kerja dalam organisasi terbawa ke luar hingga dapat merusak pertemanan, begitu juga sebaliknya.

Selesaikanlah konflik dalam organisasi itu dengan baik dan kepala dingin, serta jaga sikap profesional kita agar tidak menghancurkan pertemanan. Sebaliknya, jika kita ada konflik pribadi di luar urusan organisasi dengan sesama anggota, jangan sampai hal tersebut menghambat kinerja kita di organisasi. Keep it cool and professional!

Jadi itu dia lima hal penting yang harus kamu ketahui dalam berorganisasi. Semoga setelah ini kamu menjadi salah satu anak muda yang terinspirasi untuk menjalani organisasi dengan baik ya, Inspirator!

Keep breathing, keep inspiring!

@inspiratorfreak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here