Ilustrasi: pendidikan60detik.blogspot.com

Bahasa Indonesia sudah jelas merupakan bahasa resmi negara kita dan kita gunakan dalam percakapan sehari-hari. Meski demikian, mungkin masih ada beberapa fakta yang belum Inspirator ketahui mengenai Bahasa Indonesia itu sendiri. Penasaran apa saja fakta-fakta unik tersebut? Berikut ulasannya:

  1. Bahasa Indonesia dijadikan bahasa resmi kedua di Vietnam

2015421indonesia - vietnam - istimewa - b Ilustrasi | Sumber : 1.bp.blogspot.com Pemerintah Daerah Ho Chi Minh City, Vietnam, mengumumkan Bahasa Indonesia menjadi bahasa kedua Vietnam secara resmi pada bulan Desember 2007. “Bahasa Indonesia sejajar dengan Bahasa Inggris, Prancis, dan Jepang sebagai bahasa kedua yang diprioritaskan,” ungkap Konsul Jenderal RI di Ho Chi Minh City untuk periode 2007-2008, Irdamis Ahmad. Universitas Hong Bang, Universitas Nasional HCMC, dan Universitas Sosial dan Humaniora di Vietnam juga membuka studi Bahasa Indonesia lho Inspirator. “Jumlah mahasiswa yang terdaftar sampai November 2008 sebanyak 63 orang dan menurut universitas-uni­versitas itu, minat untuk mempelajari Bahasa Indonesia cenderung meningkat,” ujar Irdamis.  

  1. Bahasa Indonesia dipelajari lebih dari 45 negara di dunia

Ilustrasi | Sumber : jadiberita.com Tingginya minat orang asing belajar bahasa dan budaya Indonesia harus disambut positif. Kalau perlu Indonesia menambah Pusat Kebudayaan Indonesia di sejumlah negara, guna membangun saling pengertian dan memperbaiki citra. “Saat ini ada 45 negara yang mengajarkan Bahasa Indonesia di sekolah atau universitas, seperti Australia, Amerika, Kanada, Vietnam, dan banyak negara lainnya,” ujar Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Departemen Luar Negeri Andri Hadi. Mengambil contoh Australia, Andri Hadi menjelaskan, di Australia Bahasa Indonesia menjadi bahasa populer keempat. Ada sekitar 500 sekolah mengajarkan Bahasa Indonesia. Bahkan, anak-anak kelas 6 SD disana sudah ada yang bisa berbicara dengan menggunakan Bahasa Indonesia. Wow!  

  1. Wikipedia bahasa Indonesia menduduki peringkat ke-26 dunia dan terbesar ketiga di Asia

Ilustrasi | Sumber : jadiberita.com Menulis ensiklopedia bebas di internet semakin digemari masyarakat Indonesia. Bahkan ensiklopedia bebas berbahasa Indonesia, Wikipedia Indonesia, telah menjadi ensiklopedia elektronik terbesar ketiga setelah Wikipedia berbahasa Jepang dan Mandarin. “Wikipedia Indonesia kini berada di peringkat 26 dari 250 Wikipedia berbahasa asing di dunia. Sementara itu di tingkat Asia kita berada di peringkat tiga, setelah Jepang dan Mandarin,” ujar Ivan Lanin, dosen Information Communication Technology (ICT). “Kontributor semakin bertambah, demikian juga dengan artikelnya. Isinya juga semakin variatif,” lanjutnya.  

  1. Bahasa Indonedia jadi bahasa ketiga yang paling banyak digunakan di wordpress

Ilustrasi | Sumber : wordpress.org Bahasa Indonesia adalah bahasa yang menempati urutan ketiga yang paling banyak digunakan dalam posting-posting­ WordPress setelah bahasa Spanyol. Indonesia juga merupakan negara kedua terbesar di dunia yang pertumbuhannya paling cepat dalam penggunaan engine blog itu. Dalam 6 bulan terakhir, tercatat ada 143.108 pengguna baru WordPress dari Indonesia dan telah ada 117.601.633 kunjungan melalui 40 kota di Indonesia.  

  1. Bahasa dan musik Indonesia dikirim ke luar Angkasa

Ilustrasi | Sumber : static.pulsk.com Satelit Voyager, satelit milik NASA, memiliki bagian dalam berupa piringan emas. Isi dari piringan emas ini dipilih untuk NASA oleh sebuah tim yang diketuai oleh Carl Sagan dari Universitas Cornell. Dr. Sagan dan timnya mengumpulkan 115 gambar berikut sebuah rekaman suara-suara alam, seperti suara ombak, angin, petir, serta suara-suara binatang, termasuk kicauan burung dan suara dari ikan paus. Selain itu, piringan ini juga diisi dengan musik dari berbagai budaya dan era yang berbeda, serta ucapan salam dalam 55 bahasa termasuk diantaranya bahasa Indonesia. Sumber : elshinta.com Keep Breathing Keep Inspiring! Penulis : Taat Kimiwedasy Editor   : Kintan Lestari   Inspirator Freak Twitter: @InspiratorFreak Facebook : facebook.com/InspiratorFreak

LINE : @inspiratorfreak (menggunakan @)

LEAVE A REPLY