5 Daftar Makanan yang Bisa Membuatmu Lebih Bahagia. Mau Coba?

Inspirator pernah merasakan cemas berlebih, depresi, atau suasana hati berubah secara mendadak? Tiga kondisi ini ternyata dapat berpengaruh pada kesehatan mental, lho.

Di Amerika Serikat, penyakit mental seperti di atas umum terjadi dan dialami lebih dari 40 juta orang dewasa. Penderita penyakit mental pun tidak diam saja, mereka mencoba mengobatinya dengan berbagai cara. Nah, sebuah penelitian menyebutkan bahwa makanan yang dimakan juga dapat mengubah suasana hati seseorang dan membawa perubahan positif dalam hidup.

Kalau kamu pernah mengalami hal-hal seperti di atas, jangan dibiarkan, ya Coba perhatikan makanan di bawah ini yang bisa membuatmu lebih bahagia dan senantiasa berpikir positif. Makanan apa saja?

1. Keripik kentang vs pop corn

Photo: brightside

Saat kamu bersantai atau melakukan aktivitas movie marathon, camilan mana yang kamu pilih? Sebaiknya hindari mengonsumsi keripik kentang ya, Inspirator. Memang, camilan dengan rasa gurih ini mudah didapatkan, tapi kandungan lemak di dalamnya tidak baik untuk kesehatanmu. Kalau kamu ingin nyemil, coba pilih pop corn yang kaya karbohidrat dan mampu meningkatkan kadar serotonin–hormon pemberi rasa nyaman.

2. Milk Chocolate vs Dark Chocolate

Photo: brightside

Cokelat dianggap dapat membuat mood seseorang lebih baik. Mulai sekarang, pilih dark chocolate karena punya kandungan anandamide–senyawa untuk membuat perasaan lebih rileks. Selain itu, kandungan kakao dalam dark chocolate lebih dari 72 persen dan rendah gula dibandingkan milk chocolate.

3. Yogurt kedelai vs bayam

Photo: brightside

Yogurt kedelai baik untuk sistem pencernaan, tetapi asam lemak omega 6 yang terkandung di dalamnya justru dapat menghalangi mood-mu. Sedangkan bayam kaya omega 3 yang dapat meningkatkan kadar hormon bahagia dalam tubuh.

4. Gula vs madu

Photo: brightside

Mengonsumsi makanan manis yang mengandung gula memang enak. Tetapi, terlalu sering mengonsumsi gula berdampak buruk bagi kesehatan. Gula dapat meningkatkan hormon bahagia, sayangnya hanya untuk jangka pendek. Bila kadar gula dalam darahmu berkurang, kamu justru akan merasa cemas, bahkan depresi. Lebih baik menggantinya dengan madu yang memiliki kandungan kaempferol dan quercetin yang dapat mencegah depresi dengan mengurangi peradangan di otak.

5. Kacang asin vs buah ceri

Photo: brightside

Ceri bisa menjadi sumber penghasil hormon melatonin–hormon yang memberikan efek tidur nyenyak–yang membuatmu lebih rileks karena punya kualitas tidur yang baik. Alih-alih mengonsumsi kacang kemasan yang sudah dicampur MSG dan natrium–bisa memicu darah tinggi, sakit kepala, dan stres–lebih baik mengonsumsi buah ceri saja. Pastikan buah ceri yang kamu konsumsi sudah benar-benar matang dan segar, ya!

Itulah makanan yang bisa membuatmu lebih bahagia. Kamu sudah konsumsi yang mana saja hari ini?

(Sumber: brightside.me)

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here