5 Cara Menghasilkan Uang dari Hobi Fotografi

fotografi
Tak cuma sebagai hobi, fotografi juga bisa menghasilkan uang tambahan | Source: pinterest.com

Halo Inspirator! Sekarang ini banyak sekali hobi yang bisa menghasilkan uang. Hal-hal yang pada awalnya kita lakukan untuk menyalurkan minat, dapat juga membawa dampak finansial yang bagus buat Inspirator. Salah satu hal yang lagi trend saat ini yaitu fotografi. Berikut cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk memperoleh uang tambahan dari hobi fotografi.

1.  Food photography

Sumber: damazine.com
Sumber: damazine.com

Buat Inspirator yang sering kongkow di restoran atau kafe bareng teman-teman, pastinya enggak asing dengan berbagai foto menu yang ada. Pernah mikir enggak, kalau foto makanan dan minuman di menu bisa menggugah selera pengunjung? Nah, di sini food photography dibutuhkan. Inspirator bisa dapat uang tambahan dengan menawarkan jasa food photography, terutama bisa untuk restoran atau kafe yang masih baru. Jangan lupa untuk meningkatkan referensimu dalam food photography agar kualitas karyamu bisa berkembang dengan baik.

2. Tawarkan jasa fotografi untuk buku tahunan sekolah

Sumber: i.ytimg.com
Sumber: i.ytimg.com

Masa-masa di sekolah adalah masa yang paling indah, begitu katanya. Di sini, Inspirator yang hobi fotografi bisa memanfaatkan momen kelulusan dari teman-teman atau adik kelas Inspirator yang masih duduk di bangku sekolah untuk dijadikan buku tahunan. Mereka pastinya mau dong agar foto-fotonya bisa dituangkan di dalam buku tahunan agar bisa indah dan bisa dikenang layaknya mantan. Ups.

3. Jadikan stock photo, upload dan dapat komisi!

Sumber: publicdomainpictures.net
Sumber: publicdomainpictures.net

Pernah enggak Inspirator nemuin foto resolusi tinggi di internet, tapi ada watermark-nya? Nah, itu yang namanya stock photo. Biasanya ada watermark atau tanda kepemilikan dari website yang memiliki stock photo itu. Kalau mau download versi ‘bersih’ tanpa watermark, harus beli dulu. Inspirator bisa dapatkan uang tambahan hanya dengan upload gambar hasil jepretan fotografi kamu ke situs-situs stock photo seperti shutterstock.com, 123rf.com dan lain-lain. Setiap foto yang didownload bisa dapat royalti, mantap kan?

4. Mini photoshoot, sedikit lama-lama jadi bukit

Sumber: i.ytimg.com
Sumber: i.ytimg.com

Kalau teman Inspirator ngadain acara seperti pesta, Inspirator bisa hadir untuk abadikan momen indahnya. Termasuk juga sesi mini-photoshoot buat foto-foto momen spesial seperti wisuda ataupun perayaan ulang tahun. Mungkin enggak terlalu besar sih fee-nya, tapi karena sifatnya yang ‘mini’, jadi enggak begitu repot dan bisa menghasilkan lumayan banyak uang kalau banyak pesanan yang didapat.

5. Jual beli kamera dan parts-nya juga bisa menguntungkan

Sumber: livemint.com
Sumber: livemint.com

Kalau Inspirator sudah paham juga dengan parts dari kamera, bisa juga untuk jual beli parts-nya lho. Pasar untuk jual beli kamera bekas beserta parts-nya juga potensial. Karena, enggak semua orang yang hobi fotografi bisa punya kamera dengan spesifikasi tinggi yang mahal. So, Inspirator bisa ambil kesempatan ini untuk jual beli parts ataupun kamera bekas yang harganya lebih murah dan masih berkualitas.

Itulah beberapa cara menghasilkan uang tambahan dari hobi fotografi. Inspirator pilih cara yang mana? Atau, ada ide lain untuk memanfaatkan hobi fotografi ini? Silahkan tulis di kolom komentar ya.

Inspirator Freak

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Penulis : Agung Tyanto
Editor   : Dylan Aprialdo Rachman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here