Akhir-akhir ini banyak berita palsu yang sering dibagikan di dunia maya oleh orang-orang tidak bertanggung jawab. Berita seperti ini sering disebut “hoax“. Banyak dampak negatif yang ditimbulkan berita hoax, yaitu kebencian, perpecahan, kekerasan, dan masih banyak lagi. Berikut kiat tangkal berita hoax:

1. Jangan mudah terpancing judul yang provokatif

Sumber : http://www.bbc.com

Membuat judul sensasional dan provokatif menjadi cara jitu bagi oknum-oknum tidak bertanggung jawab untuk melancarkan aksinya. Kebanyakan dari kita hanya terfokus pada judul bacaan dan bukan pada isi bacaan. Hal inilah yang membuat penyebar berita hoax semakin gencar membuat judul-judul yang bersifat sensitif sesuai dengan keinginan dan kepentingannya.

2. Perhatikan dengan cermat alamat situs

Sumber : http://techzoner.com

Jika kamu menerima informasi dari sebuah website, coba teliti alamat situs tersebut. Jika situs itu belum terverifikasi sebagai institusi pers resmi (contoh: menggunakan domain blog), kamu tidak perlu terlalu memercayai berita itu karena bukan sumber atau lembaga resmi yang membagikan informasinya.

3. Cari tahu kebenaran berita

Sumber : www.openschoolofjournalism.com

Benar atau tidaknya sebuah berita dapat dilihat dari fakta-fakta yang dicantumkan di dalamnya. Jika di berita itu hanya terdapat kalimat-kalimat berbentuk opini, dan tidak berasal dari sumber tepercaya, kamu juga perlu mempertimbangkan keaslian berita itu, lho.

4. Cek juga keaslian gambar atau video

Sumber : www.universfreebox.com

Zaman sekarang ini teknologi digital berkembang begitu pesat. Manusia bisa dengan mudahnya mengubah gambar atau video tertentu sesuai keinginan mereka. Kamu, Inspirator zaman now, sebagai penerima informasi harus lebih cerdas dalam menyikapi hal ini, ya. Kamu bisa mengecek keaslian gambar antara lain melalui Google.

Berita hoax sepertinya tidak mungkin hilang, karena proses penyebaran beritanya dapat dilakukan di mana saja, kapan saja, oleh siapa saja, dan dalam menyebarkan berita ini pun tidak memerlukan usaha besar. Jadi, kamu sebagai pembaca informasi, dituntut untuk lebih cermat saat membaca berita. Jika pembaca semakin pintar,  berita hoax bukan masalah besar lagi.

Kestabilan Indonesia terletak di tangan kita semua. Mari bergandeng tangan bersama InspiratorFreak untuk memutus dan mencegah penyebaran berita hoax demi Indonesia yang semakin kuat.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY